Singa dan Kingkong

Ingatkah Kamu dengan pelajaran pantun lucu Sunda yang pernah Kamu dapatkan dulu ketika sekolah? Pada umumnya, pantun menjadi bagian materi dari Bahasa Indonesia dan terkadang juga diajarkan dalam bahasa daerah masing-masing, termasuk bahasa Sunda yang akan kita bahas kali ini.

Bagi Kamu orang Sunda atau sekolah di Jawa Barat, pasti tidak asing dengan pantun ini, bukan? Bukan hanya sebagai materi mata pelajaran, pantun juga sering digunakan dalam sehari-hari, misalnya dalam sketsa komedi, pelaksanaan budaya, atau sekadar dilontarkan saat momen bercanda dengan teman-teman.

Pantun lucu Sunda memang selalu berhasil membuat suasana menjadi lebih seru dan menyenangkan. Apalagi jika pantun lucu tersebut menggunakan bahasa daerah, misalnya bahasa Sunda maka akan lebih mudah dipahami dan tentunya lebih seru.

Contoh Pantun Lucu Bahasa Sunda

Membuat pantun sesuai dengan aturan yang ada mungkin tidak sulit karena kita hanya perlu memperhatikan rima dan jumlah suku kata. Namun, jika membuat orang tertawa dengan pantun yang kita berikan, maka itu membuatnya menjadi lebih sulit.

Kesulitan dalam membuat pantun bergenre komedi adalah bagaimana caranya membuat orang yang membaca atau mendengarnya jadi tertawa. Tidak semua orang bisa membuat pantun menjadi lucu dan memecah suasana. Jika masih bingung, berikut akan ditampilkan contoh pantun lucu Sunda.

Itu Singa, Itu Kingkong
Ayo tingali biji kedondong
Kajeun hitung siga bangkong
Nu penting beuteng molongpong

Mun tukang kakara ngabangun
Opat baris salah nyampung
Omat geulis ulah pandung
Mun akang kapaksa nyandung

Aya kerupuk di masigit
Caangna kamana-mana
Aya suami jangkung alit
Hanyakal geuning waria

Rincik rincang rincik rincang
Saladah gede beungketna
Sidik pisan sidik pisan
Nyiranda gede … (sok jawab)

Kobong saha asa kajeun
Di Malangbong ibak-ibakan
Molongpong soten beuteng anjeun
Ari batur kalabakan

Menggunakan bahasa daerah, termasuk Sunda membuat Kamu lebih bisa memahami makna pantun tersebut. Humor yang disisipkan dalam pantun pun bisa tersampaikan dengan baik, khususnya bagi mereka yang mengerti bahasa Sunda. Dengan begitu, membuat pantun lucu Sunda tidaklah sulit lagi karena sudah ada contoh di atas.