Kumpulan 20 Pantun Lucu Terbaru Tahun Ini   

Pantun termasuk ke dalam jenis karya sastra yang ada di Indonesia. Setiap siswa di sekolah pastinya pernah mendapatkan pelajaran tentang pantun. Atau bahkan diberi tugas untuk membuat pantun dengan kreasi masing-masing. Nama lain dari pantun yaitu karya puisi lama. Pantun sudah ditulis oleh pujangga sejak zaman dulu.

Pantun adalah karya yang terdiri dari empat baris dalam tiap bait. Menurut aturan, setiap baris dalam pantun berisi 8-12 suku kata. Baris pertama dan kedua dikenal dengan istilah sampiran. Sementara baris ketiga dan keempat dinamakan isi pantun. Jenis pantun juga bermacam-macam. Ada pantun nasehat, pantun agama, hingga pantun jenaka.

Pada zaman dulu, pantun banyak digunakan dalam acara adat maupun untuk kepentingan tulisan. Tetapi sekarang pantun yang lebih populer adalah pantun jenaka. Pantun jenaka adalah pantun yang berisi kata-kata lucu dengan tujuan untuk menghibur orang lain. Para komedian atau pelawak kekinian banyak menggunakan pantun komedi.

Pelawak masa kini banyak melemparkan guyonannya dengan cara berpantun. Cara ini sangat efektif untuk mengajak penonton tertawa. Seiring bertambahnya popularitas pantun, aturan seperti jumlah suku kata tidak harus selalu dipenuhi. Hal yang terpenting yaitu suku kata di akhir baris berbunyi sama antara sampiran dan isi.

Saking populernya, pantun tak hanya jadi senjata ampuh untuk melucu bagi pelawak saja. Orang-orang dengan daya kreativitas tinggi yang cenderung suka melawak juga banyak membuat pantun saat berkumpul dengan orang banyak. Cara ini terbukti ampuh untuk meramaikan suasana dan membuat semua orang tertawa senang.

Semua orang bisa membuat pantun yang lucu. Hanya dibutuhkan ketangkasan dalam berpikir dan menemukan kata-kata dengan akhiran bunyi yang pas. Di awal pantun, penonton akan dibuat penasaran. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah isi pantun. Semakin lucu pantunnya maka suasana pun akan semakin pecah.

Jadi, pantun sebenarnya adalah karya sastra lama. Tetapi dengan kreativitas masyarakat, pantun justru semakin populer di lingkungan masyarakat modern. Pemilihan kata yang tepat dan lucu sangat penting. Hal ini supaya pantun dapat tersampaikan dengan baik dan tujuan akhirnya yaitu untuk menghibur semua pembaca atau pendengarnya.

Pantun Lucu Terbaru

Bayi Ketawa

Pantun memiliki bahasa yang unik namun memiliki makna. Bukan hanya makna secara denotasi, tetapi makna secara konotasi juga terdapat di dalamnya. Mengungkapkan suatu ilustrasi menggunakan pantun, membutuhkan pemikiran tingkat. Karena setiap pantun memiliki prosedur penyusunan yang telah ditentukan. Agar lebih mengetahui, berikut ini merupakan kumpulan pantun lucu terbaru yang bisa kamu jadikan referensi.

Pantun Lucu Terbaru Tentang Mantan

Memiliki mantan tidak seharusnya memiliki penyesalan. Mantan adalah orang yang ada di masa lalu dan tidak memiliki pengaruh untuk masa kini. Maka dari itu, dari pada memikirkan mantan yang tidak tahu ke mana, lebih baik membuat pantun lucu yang bertemakan mantan.

Pagi pagi benerin genteng
Kaki tergelincir kena paku
Eh… mantan, kamu jangan sok ganteng
Mana ada yang mau selain aku

Beli Mawar di Temanggung
Mawar dilihat tertancap duri
Ku tengok ada lalat di punggung
Taunya kamu belum mandi

Kedua pantun tersebut menggambarkan bahwa seorang mantan bukanlah orang yang harus dijauhi. Namun, sebaiknya menjadi hubungan baik dengan mantan adalah contoh sikap dewasa. Menuangkan perasaan humor dalam bentuk pantun lucu terbaru tersebut adalah salah satu tanda bahwa setiap masa lalu bisa dijadikan teman untuk masa kini.

Pantun Lucu Terbaru Tentang Hutang

Ke Jakarta beli duren
Duren jatuh bukan kepalan
Kamu jangan sok keren
Cepet bayar utang jangan sok ngilang

Bawa kelapa sama ampas
Memeras santan untuk meramu
Ku bawakan Bunga dan kertas
Ku harap kau lunasi hutangmu

Kedua pantun tersebut sebenarnya merupakan bentuk sindiran yang ditujukan pada orang yang sering hutang tetapi tidak dibayar. Agar tidak terlalu tegang, maka dituangkan dalam bentuk pantun yang lucu.

Setiap pantun lucu terbaru memang memiliki makna dan selera humor. Apabila kamu ingin membuat suatu karya berupa pantun, maka terlebih dahulu bisa membuat isi yang akan dimasukkan dalam pantun.

Pantun Lucu Gombal

Makan Es krim

Gombal adalah bentuk rayuan. Rayuan sendiri merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk mengambil hati seseorang yang dianggap memikat hati. Rayuan akan nampak lebih istimewa jika diungkapkan dalam bentuk karya sastra seperti pantun. Berikut ini merupakan contoh dari penyajian yang diungkapkan dengan pantun lucu gombal.

Pantun Lucu Gombal Untuk Gebetan

Apabila masih dalam tahap pendekatan atau PDKT, biasanya akan terjadi ucapan saling gombal. Hal itu, adalah sesuatu yang wajar. Namun, akan lebih menarik  jika gombalan diungkapkan dalam bentuk pantun yang memiliki selera humor.

Beli Duku di Pasar Mayang
Manis rasanya bikin tersenyum
Du aduh aku terbayang
Lesung pipitmu saat tersenyum

Singgah sejenak di ruang tamu
Memandangi foto penuh debu
Sungguh terbuai aku melirikmu
Senyummu manis bagaikan madu

Kedua pantun tersebut memang memberikan gambaran bahwa jatuh cinta membuat setiap perasaan menjadi indah. Bahkan lesung pipit dan senyuman mampu membuat hati bergetar. Pengungkapan perasaan dengan pantun lucu gombal adalah cara yang tepat. Sehingga mengurangi ketegangan pada saat berbicara.

Pantun Lucu Gombal Untuk Kekasih

Memiliki kekasih merupakan hal yang paling membahagiakan. Terlebih lagi jika mampu memberikan dorongan dan motivasi di setiap kegiatan. Berikut ini adalah bentuk rayuan yang ditunjukkan pada seorang kekasih.

Pergi ke salon meluruskan rambut
Tak lupa juga perawatan kuku
Janganlah kau cemberut
Sungguh hanya kau yang ada di hatiku

Kelapa di belah hilangkan cangkang
Dibuat es degan untuk sepupu
Bahkan jika langit terbelah bumi bergoncang
Kau tetap akan jadi kekasihku

Pada saat masih pacaran, memang paling sering melemparkan gombalan dan rayuan. Bukan hanya sekedar menghibur tetapi ingin menciptakan suasana nyaman bersama. Hal tersebut terdapat pada kedua pantun diatas.

Mengungkapkan gombalan melalui pantun merupakan bentuk pemanfaatan cara berpikir yang unik. Gombalan akan menjadi lebih berkelas dan memiliki kesan yang lebih tinggi. Pantun lucu gombal memang digunakan untuk menyajikan suatu perasaan sayang, rayuan antar kekasih dengan disertai selera humor yang tinggi. Sehingga pembicaraan menjadi lebih santai.

Pantun Lucu Banget

Tersenyum Lebar

Mengungkapkan suatu ilustrasi atau peristiwa tertentu menggunakan pantun merupakan bentuk penggunaan karya sastra pantun dalam kehidupan keseharian. Terdapat berbagai jenis pantun yang bisa digunakan. Namun, akan lebih menarik jika suatu peristiwa diungkapkan dalam bentuk pantun yang memiliki selera humor tinggi. Berikut ini merupakan contoh pantun lucu banget yang bisa kamu jadikan referensi.

Pantun Lucu Tentang Mantan

Sebenarnya mengungkapkan kekecewaan pada mantan merupakan hal yang diperbolehkan. Asalkan tetap melalui cara yang bagus dan bermartabat seperti halnya dengan menggunakan sarana pantun untuk mengungkapkan sindiran.

Beli nasi gak pakek sayur
Lontong balap asli Surabaya
Hey kamu ingat umur
Belum menikah tapi jadi buaya

Mencari jarum dalam jerami tua
Seribu abad gak mungkin ketemu
Kamu pergi karena si dia
Padahal masih gantengan aku

Kedua pantun tersebut merupakan bentuk kekcewaan namun dibalut dengan selera humor. Sehingga tidak menimbulkan rasa permusuhan, tetapi malah menimbulkan kesan yang lucu. Kedua karya tersebut merupakan bentuk pantun lucu banget yang unik.

Pantun Lucu Tentang Ujian

Setiap menjalani ujian, ada saja tingkah kelucuan setiap siswa dalam menghadapi ujian. Tingkah tersebut sering membuat guru merasa pusing namun disisi lain sangat terhibur. Berikut ini merupakan contoh pantun tentang siswa saat ujian

Saat menangis kesulitan berkata
Ibu marah karena mengotori baju
Kesulitanku saat matematika
Akan teratasi dengan kancing baju

Belok kanan di perempatan jalan
Mencari alamat dengan tanda palang
Tengok kanan kiri cari jawaban
Ternyata guru di belakang

Kedua pantun tersebut bisa dibilang unik. Menggambarkan suasana kelas ketika siswa sedang ujian. Kesulitan mengerjakan matematika hingga mencontek dan ketahuan guru. Masa sekolah jika diceritakan tidak akan ada habisnya.

Kumpulan pantun lucu banget tersebut sebenarnya dibuat sebagai salah satu cara untuk mengenang peristiwa pada saat sekolah. Menjadi anak sekolahan merupakan hal yang paling berharga. Bisa berkumpul, bermain, dan beraktivitas dengan teman. Pengutaraan dalam bentuk pantun memiliki kesan yang unik. Kamu bisa mencoba mulai sekarang untuk menafsirkan segala peristiwa dengan pantun.

Pantun Lucu Ngakak

Salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan rasa penat dan stress adalah dengan tertawa. Pantun merupakan karya sastra yang banyak digunakan. Memiliki penggunaan bahasa dan struktur yang unik, membuat pantun sangat cocok apabila disajikan untuk berbagai kalangan. Pantun yang paling banyak dinikmati adalah yang memiliki selera humor. Berikut ini adalah contoh pantun lucu ngakak yang bisa memperbaiki dan memecahkan selera humor kamu.

Pantun Lucu Penjual Dan Pembeli

Saat berniaga, biasanya akan sangat melelahkan jika tidak diselingi guyonan atau humor. Terdapat banyak sekali peristiwa yang bisa diungkapkan dalam bentuk pantun. Kegiatan akan terasa asyik jika selalu diselingi dengan rasa humor. Jadi, menghindari rasa tegang yang berlebihan. Berikut adalah obrolan humor antara penjual dan pembeli yang di utarakan dalam bentuk pantun lucu ngakak.

Pergi ke supermarket beli roti tawar
Roti tawar rasa cery warna merah
Harga ku tawar
Kau malah marah-marah

Lari pagi sejauh 1 kilo
Berhenti sejenak benahi tali
Beli ayam 1 kilo
Minta bonus rempela hati

Kedua pantun tersebut merupakan gambaran dari peristiwa yang sering terjadi antara penjual dan pembeli. Seperti adanya penawaran barang-barang hingga pembeli yang minta bonus di setiap pembelian. Jika diungkapkan dalam bentuk pantun lucu, maka akan menghilangkan rasa tegang.

Pantun Lucu Keluarga

Setiap keluarga biasanya memiliki selera humor dalam mengungkapkan setiap peristiwa yang terjadi. Dalam sebuah keluarga terkadang terdapat berbagai hal lucu seperti tingkah anak, saudara. Berikut ini adalah pantun lucu untuk keluarga.

Pergi ke toko beli bola
Memilih warna dengan skema acak
Ayah tersenyum ibu tertawa
Melihat adik bertingkah kocak

Pergi ke sawah mencari katak
Melihat banyak katak bertengger
Ayah bahagia melihat aku dan kakak
Akur tidak pernah bertengkar

Kedua pantun tersebut merupakan contoh ungkapan terhadap berbagai peristiwa yang terdapat dalam keluarga. Seperti pertengkaran adik dan kakak, kemudian tingkah adik yang lucu dan sebagainya.

Pantun lucu ngakak akan sangat cocok untuk menghibur dari rasa lelah dan penat. Tentunya jika pantun tersebut disusun secara benar sesuai dengan kaidah. Maka akan menimbulkan kesan yang lucu.

Pantun Lucu Sindiran

Sindiran merupakan bentuk ungkapan untuk menyinggung seseorang. Sindiran terdapat banyak jenis. Mulai dari sindiran halus hingga sindiran kasar. Namun, akan berbeda jika suatu sindiran di tuangkan dalam bentuk pantun. Pantun lucu sindiran memiliki makna yang dalam namun tetap mengandung unsur humor. Berikut contoh sindiran dengan menggunakan pantun.

Pantun Lucu Menyindir Mantan

Banyak sekali yang ingin melemparkan sindiran pada mantan. Salah satu cara agar tidak timbul ketegangan adalah dengan menggunakan karya sastra. Menggunakan pantun lucu sindiran merupakan cara yang tepat untuk mengungkapkan suasana hati yang dirasakan pada mantan.

Mencari bunga di taman pura
Dapat satu dibawa ke Bali
Dulu kau pergi karena dia
Sekarang sakit baru kau kembali

Pergi pelesir bawa burung pelican
Dibawa pulang jumlahnya dua
Bukannya aku tak mau balikan
Tapi aku takut sama buaya

Kedua pantun tersebut memiliki makna yang sama. Menyindir seorang mantan yang pernah pergi berkhianat. Sindiran tersebut jika diungkapkan secara langsung akan memiliki kesan yang kasar dan menyinggung. Namun, karena di uraikan dalam bentuk pantun, sehingga kesan kasar akan bercampur dengan kesan lucu. Sehingga tidak menyinggung.

Pantun Lucu Menyindir Teman

Pasti akan sangat kecewa jika memiliki teman yang ternyata tidak mendukung dan malah melakukan fitnah. Namun jika kekecewaan diungkapkan secara langsung, bisa-bisa malah terjadi pertengkaran antar teman. maka dari itu, mengungkapkan dalam bentuk sindiran adalah hal yang tepat.

Paman pulang membawa paku
Paku tertancap luka dibasuh
Katanya kamu temanku
Kok di belakang jadi musuh

Makan malam lauk tahu
Tahu digoreng dicampur sambal
Aku diam bukan aku tak tahu
Tapi aku tahu kamu teman gombal

Kedua pantun tersebut merupakan suatu ungkapan hati kekecewaan pada teman yang hanya menampilkan hal baik saja. Tetapi nyatanya di belakang malah menjadi musuh. Pengungkapan melalui pantun sangat cocok dan terlihat lebih berkelas.

Pantun lucu sindiran sebenarnya paling banyak dibuat. Karena dengan mengungkapkan sindiran tanpa memulai pertengkaran, adalah hal yang tepat. Jadi pesan yang ingin disampaikan akan tetap tersampaikan.

Pantun Lucu Cinta

Cinta merupakan suatu anugerah yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Tanpa cinta segala sendiri kehidupan akan menjadi kaku dan terlalu memperhitungkan antara untung dan rugi. Cinta diperlukan agar kehidupan menjadi lebih menarik. Salah satu cara yang paling bagus adalah dengan memasukkan unsur humor. Kemudian bisa dibuat sebuah pantun lucu cinta yang memiliki kesan kombinasi romantis dan lucu.

Pantun Lucu Antar Kekasih

Salah satu cara unik yang bisa digunakan untuk mengungkapkan perasan cinta adalah dengan cara memuji pasangan. Pujian yang diungkapkan secara langsung biasanya akan mengurangi rasa romantis. Oleh karena itu, apabila diungkapkan dalam bentuk pantun lucu cinta, maka akan memiliki kesan yang lebih romantis dan ditambah dengan selera humor.

Pergi ke kota bawa banyak barang
Tidak lupa sebelumnya sarapan telur dadar
Meski saat ini badanmu hitam seperti arang
Tapi rasa cintaku tidak akan pernah pudar

Pagi-pagi keluar lari pagi
Tak terasa telah sampai siang hari
Aku tahu kamu tidak pernah mandi
Tapi bagiku baumu tetap harum sepanjang hari

Kedua pantun tersebut memang memiliki kesan yang lucu. Karena hal lucu tersebut menjadikan suasana romantis terasa sangat unik. Pastinya jika mengungkapkan hal tersebut pada kekasih, maka akan memiliki kesan yang lucu dan malah menambah rasa kemesraan.

Pantun Lucu Melamar Kekasih

Setiap orang yang sedang berhubungan pastinya menginginkan untuk menapaki masa yang lebih serius. Namun, hal tersebut akan lebih unik jika diungkapkan dengan cara menggunakan pantun lucu. Karena kombinasi lucu dengan romantis akan membuat suasana menjadi tidak tegang.

Pergi ke stadion dengan kamu
Mencari duduk yang berjejer
Meski aku lebih tua darimu
Tapi perasaan kita sejajar

Pantai prigi sejuk mendayung
Apabila dinikmati berdua denganmu
Pergi sejenak membeli payung
Untuk menampung rasa cintaku padamu

Kedua pantun tersebut sangat romantis digunakan untuk melamar kekasih. Dengan selingan humor, akan memberikan suasana yang lebih menarik.

Pantun lucu cinta merupakan salah satu karya yang paling sering dibuat. Salah satu cara untuk menunjukkan perasaan kasih pada orang yang disukai. Tapi pembuatan pantun hendaknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pantun Lucu Romantis

Pantun merupakan suatu karya sastra yang bisa diterima di banyak kalangan masyarakat. Dengan tata bahasa yang tidak berbeli-belit, menjadikan pantun lebih mudah untuk dinikmati. Salah satu contoh pantun yang paling sering digunakan adalah pantun lucu romantis. Pantun dengan kombinasi suasana lucu serta romantis memang sangat unik. Terlebih lagi mampu memberikan kesan romantis. Berikut merupakan contoh pantun tersebut.

Pantun Lucu Dengan Tema Kekasih Simpanan

Memiliki kekasih simpanan merupakan hal yang saat ini banyak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mengabaikan kekasih dan mengutamakan simpanannya merupakan hal yang sungguh buruk dan tidak diperbolehkan dilakukan. Meskipun demikian, berikut ini adalah contoh pantun lucu romantis untuk kekasih simpanan.

Melihat hantu lidah menjadi kaku
Berlari menjauh bersembunyi dibawah bangku
Tak perlu kau ragu akan diriku
Meskipun kau simpanan ku tetap mengutamakanmu

Berjalan pelan menghindari lipan
Lipan besar di bawah pohon jambu
Meskipun kau hanya simpanan
Kau tak perlu ragu karena cintaku bukan dirimu

Kedua pantun tersebut memang memiliki kesan untuk merayu kekasih simpanan. Namun, jika dicermati, sebenarnya isi kedua pantun tersebut lebih menunjukkan makna bahwa simpanan tidak penting dan bisa saja di tinggalkan secara sepihak. Jadi, sebagai pembaca bisa membaca berulang kali sebelum salah paham terkait maknanya.

Pantun Lucu Tema Menikah

Pada saat seseorang hendak menikah, maka akan terdapat ungkapan-ungkapan yang dikhususkan untuk mempercantik suasana. Jika dimasukkan selera humor dalam ungkapan tersebut, maka sudah pasti akan menimbulkan suasana yang menarik.

Pergi ke pasar membeli jambu
Ambil yang muda buang yang tua
Aku akan menikahimu
Meski kau terlihat nampak tua

Membakar kayu dengan arang
Kayu terbakar karena terlalu tua
Ayo kita menikah sekarang
Hidup bersama hingga kau tua

Menggunakan pantun lucu romantis, sebagai salah satu cara mengungkapkan perasaan adalah hal yang tepat. Karena unsur romantis yang dibalut dengan hal lucu akan memberikan kesan yang berbeda. Saat ini pantun yang disusun dengan bahasa yang tepat ternyata lebih mampu menunjukkan makna yang mendalam.

Pantun Lucu Buat Pacar

Menulis pantun untuk orang yang istimewa akan memiliki kesan yang unik. Terlebih lagi jika pantun lucu buat pacar. Biasanya akan menggunakan pantun yang memiliki makna romantis. Namun, dengan menggunakan pantun yang lucu akan membuat hubungan menjadi lebih menarik dan lebih hangat. Berikut adalah contoh pantun lucu yang bisa ditunjukkan untuk sang pacar.

Pantun Lucu Kelaparan

Pantun ini merupakan bentuk ungkapan bahwa sang pacar menyatakan mampu mengenal kekasihnya dengan baik. Sehingga mengerti kebiasaan sang kekasih ketika merasa lapar. Pantun ini memang lucu tetapi memiliki kesan yang romantis. Karena pantun lucu buat pacar ini menunjukkan bahwa diantara keduanya memiliki chemistry yang kuat.

Membeli baju dan juga batik
Mencari diseluruh pasar
Aku tahu kau cemberut makin cantik
Tapi bila kau marah katanya lapar

Membantu ibu pergi ke pasar
Membeli buah jambu batu
Aku sudah tahu sifatmu saat lapar
Karena aku yang menemanimu setiap waktu

Pantun Lucu Menghibur Pacar

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghibur pacar yang sedang sedih atau sedang marah adalah dengan memberikan ungkapan dalam bentuk pantun lucu. Tentu saja pantun yang memiliki kesan lucu akan membuat pacar menjadi lebih terhibur. Berikut ini adalah contoh pantun lucu buat pacar yang bisa digunakan untuk menghibur.

Pergi jalan-jalan ke pantai merah
Pulang-pulang membawa hasil ikan
Jika kamu saat ini marah
Bukan hanya makanan tetapi bintang pun akan ku bawakan

Membawa pisau dengan paku
Digunakan memasang genteng dengan batu
Janganlah kau sedih kekasihku
Kau tahu indahnya lautan, masih indah tatapanmu padaku

Kedua pantun tersebut sangat unik dan sangat menarik untuk menghibur sang pacar. Terlebih lagi perempuan yang mudah luluh dengan kata-kata yang indah. Maka dari itu, menggunakan pantun merupakan hal yang tepat untuk membuat suasana menjadi mendukung dan menghilangkan rasa kesal yang dimiliki pacar.

Pantun lucu buat pacar akan memiliki makna yang baik apabila benar-benar disusun dengan penyusunan yang tepat. Mulai dari baris pertama hingga terakhir memiliki penggunaan kata yang tepat.

Pantun Lucu Buat Teman

Teman merupakan orang yang bersedia menemani baik dalam keadaan bahagia atau sebaliknya. Ungkapan hati untuk seorang teman akan lebih unik dan menarik jika diungkapkan dalam bentuk pantun. Pantun lucu buat teman bisa berisi ungkapan terima kasih, ungkapan kesetiaan antar teman, dan masih banyak lagi. berikut adalah contoh pantun yang ditunjukkan untuk teman.

Pantun Lucu Teman Berharga

Setiap orang pasti memiliki minimal satu teman yang paling berharga dalam hidupnya. Teman yang berharga adalah mereka yang bersedia melakukan kritik, melakukan arahan pada kita. Berikut adalah contoh pantun untuk teman yang berharga.

Malam nonton Cinderella
Tepat jam dua belas pulang ke kota
Kau tahu tingginya harga gula?
Lebih tinggi harga pertemanan kita

Sore-sore minum soda
Soda diminum hingga terbuai
Nilai maksimum tidak pernah ada
Karena dirimu teman tak ternilai

Kedua pantun tersebut memiliki makna bahwa seorang teman yang berharga memiliki hubungan yang tidak ternilai. Pengungkapan perasaan kagum pada teman yang berharga jika diungkapkan melalui pantun lucu buat teman, tentu akan lebih mudah dalam menyampaikan makna atau isi dari pantun.

Pantun Lucu Teman Masa Kecil

Melihat lukisan seperti seni
Sini dipahat menjadi bentuk kecil
Nyatanya ketemu kami di sini
Teman sedari aku kecil

Pergi ke pasar membeli gula
Lupa jalan pulang lihat peta
Kau tahu rasanya gula
Manis seperti persahabatan kita

Kedua pantun tersebut memiliki artian bahwa pertemanan sedari kecil merupakan hal yang sayang untuk dilupakan. Teman masa kecil memiliki arti tersendiri. Sehingga akan lebih berkesan jika dibuat karya seperti pantun. Tentunya merupakan hal yang paling berharga ketika seorang teman selalu menghargai pertemanannya.

Pantun lucu buat teman merupakan salah satu bentuk pengungkapan emosi dan perasaan yang dinyatakan dengan balutan karya. Setiap penulisan pantun akan menjadi menarik jika disertai perasaan mendalam dan selalu mengikuti setiap prosedur penulisan yang berlaku. Isi pantun selalu berkaitan dengan kehidupan keseharian. Penggunaan pantun bisa digunakan untuk memperhalus kata-kata dan menjadi lebih berkesan.

Pantun Lucu Buat Pacar Ketawa

Pantun merupakan sarana berkomunikasi dengan memasukkan nilai keindahan. Dibalut dengan kata-kata yang bernilai seni, pantun mampu memperhalus suatu makna dan kata-kata yang hendak diungkapkan. Misalkan saja, seseorang memiliki pacar atau kekasih yang bersedih, maka menggunakan pantun merupakan salah satu cara yang unik untuk menghibur. Contoh pantun berikut ini merupakan jenis jenaka yaitu pantun lucu buat pacar ketawa.

Pantun Lucu Tahi Lalat Dan Lesung Pipit

Mengiris bawang membuat mata pedih
Mata di usap perih membesar
Tahukah kau saat kau bersedih
Tahi lalat di dahimu akan membesar

Beli beras lupa dibawa
Beras dimasak dengan ikan amis
Tahukan kau bahwa lesung pipitmu istimewa
Dia tidak pernah lelah mencekung meski kau menangis

Kedua pantun tersebut dapat dilihat sisi lucunya dari sampiran yang dimiliki pantun. Kedua sampiran memiliki peristiwa lucu yang sering terjadi dalam sehari-hari. Kemudian pada bagian isi baru disebutkan atau diungkapkan tentang hal-hal yang mampu membuat pacar merasa berharga dan penuh sayang. Sebenarnya membuat pantun lucu buat pacar ketawa bukanlah hal yang sulit.

Pantun Lucu Beli Piala Dan Bunga

Pergi kelapangan bermain bola
Bola di sepak mengenai kepalaku
Hari ini ku belikan kamu piala
Karena kamu bersedia tertawa untukku

Buka puasa dengan jus jambu
Tidak lupa dicampur dengan gula
Sulit ku belikan bunga untukmu
Karena kau lebih cantik dari pada bunga

Kedua pantun tersebut memang menggambarkan suatu pasangan yang ingin membahagiakan pacarnya yang sedang bersedih. Salah satu caranya ialah memuji pasangan dengan gombalan yang lucu dan diungkapkan langsung melalui pantun. Cara tersebut merupakan hal unik yang akan membuat pacar menjadi tertawa dan juga terhibur.

Pantun lucu buat pacar ketawa memang mengandung banyak selera humor. Namun, humor tersebut tetap bercampur dengan unsur romantis. Kemudian yang menjadikan pantun lebih baik dan lebih menarik jika pemilihan kata yang digunakan tepat dan memiliki ketersambungan. Apabila hanya menyelaraskan bagian akhir saja, dan mengabaikan keterkaitan antar kata, maka pantun akan menjadi kurang menarik.

Pantun Lucu Bikin Ngakak

Pantun merupakan karya sastra yang paling banyak diminati. Pantun sendiri memiliki banyak jenis. Mulai dari pantun nasihat, pantun jenaka dan sebagainya. Pantun jenaka adalah jenis pantun yang paling banyak dibuat. Karena memiliki kesan ringan dibaca dan mudah dipahami. Seperti pantun lucu bikin ngakak bisa dibilang masih tergolong kategori pantun jenaka. Berikut adalah contoh dari pantun lucu yang bisa membuat tertawa hingga ngakak.

Pantun Lucu Tentang Gebetan

Pergi bekerja membawa paku
Paku jatuh kaget melihat lipan
Waktu kamu menembakku
Aku bilang tidak mempan

Ikut ayah ke pantai prigi
Pulangnya mampir ke taman
Kamu dulu pergi
Lihat sekarang jadi jerawatan

Kedua pantun tersebut memiliki makna yang unik namun disajikan dalam bentuk tatanan bahasa yang lucu. Ungkapan kata menolak perasaan seseorang namun disertai dengan rasa humor. Akan menghilangkan ketegangan. Sehingga tidak ada rasa tersinggung antar keduanya. Pantun lucu bikin ngakak bisa disajikan dengan tema apa saja. Namun tetap tidak menghilangkan rasa humor dan juga inti yang hendak disampaikan.

Pergi ke sekolah di waktu yang tepat
Kaget melihat ada jejeran siput
Bau apa ini kok menyengat
Eh… ternyata kamu yang kentut

Beli ikan hias ikan lohan
Ikan hilang kepala pening
Janganlah kamu sok tampan
Tuh gigimu kelihatan kuning

Kedua pantun tersebut tidak memiliki niat untuk mengejek orang lain. Tetapi hanya untuk menjadikan suasana lebih seru saja. Dalam artian tidak tegang. Pantun tersebut sangat cocok untuk menghidupkan suasana atau untuk menghibur seorang yang teman tengah merasakan kesedihan. Dijamin pasti tertawa setelah membaca pantun tersebut.

Pantun lucu bikin ngakak merupakan salah satu contoh dari penerapan pantun jenaka. Meskipun didalamnya terkandung bahan guyonan, namun tetap tidak mengesampingkan prosedur pembuatan pantun yang telah ditetapkan. Sehingga lelucon yang diberikan akan menjadi sangat berkelas. Dengan demikian, bagi Anda yang ingin membuat teman tertawa atau menghidupkan suasana dapat menggunakan contoh pantun tersebut sebagai referensi dalam pembuatan pantun yang lucu.

Pantun Lucu Gombalan

Remaja saat ini tidak kehabisan akal untuk membuat rayuan atau gombalan. Bukan hanya melalui pengungkapan kata saja tetapi juga dibalut dengan karya sastra. Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan gombalan agar lebih menarik adalah dengan menggunakan pantun. Mengingat pantun lucu gombalan merupakan suatu karya yang paling mudah dalam proses pembuatannya. Namun dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Pantun Lucu Gombalan Maut

Pergi ke pasar dengan pak cagup
Membeli mutiara dan jajanan intan
Jika kau mau bulan aku tak sanggup
Jika kau mau hatiku ku serahkan

Kamu bilang macan itu jahat
Nyatanya masih jahatan harga mahal eceran
Tiap hari kau jadikan aku temen curhat
Terus kapan kita jadian dan pacaran

Kedua pantun tersebut sebenarnya lucu namun apabila ditunjukkan untuk mengenai hati seseorang sangat tepat. Kesan humor yang dimiliki pantun lucu gombalan mampu memperbaiki suasana yang tegang. Jadi, apabila mengungkapkan rayuan atau gombalan memakai pantun, memiliki kesan yang berbeda dari pada hanya sebatas kata-kata saja. Selain itu, juga akan terlihat lebih unik dan berkelas.

Pantun Lucu Menarik Hati

Pergi ke Bali naik pesawat
Tiket hilang pergi pun susah
Pandangan pertama langsung melekat
Siang dan malam tidur pun susah

Pergi traveling ke Sumatera
Lama tak pulang dijemput mama
Mari habiskan sisa umur berdua
Saling memberikan perasaan seirama

Kedua pantun tersebut sebenarnya romantis namun terdapat selera humor yang lebih ditaruh pada bagian sampiran dari pantun. Setiap sampiran mengandung peristiwa yang unik dan lucu, namun pada bagian isi terdapat tatanan kata yang romantis. Terlebih lagi jika ditunjukkan pada pasangan.

Pembuatan pantun lucu gombalan memiliki teknik yang mudah. Jika kamu mengerti prosedur pembuatan pantun yang benar. Mulai dari pemilihan kata sebagai sampiran dan isi harus tepat. Salah satu yang diperhatikan adalah bunyi suara pada akhir kalimat pantun harus sama namun bersilangan. Jika kata yang dimasukkan tidak tepat atau tidak sama, maka pantun akan terlihat aneh dan hanya menjadi sebatas kata-kata.

Pantun Lucu Buat Sahabat Bikin Ngakak

Kalau ingat pantun, rasanya kangen kembali ke masa masa sekolah ya? Seperti  yang kita tahu bahwa pantun memiliki ciri- ciri khusus yaitu bersajak a-b-a-b. Namun, pantun saat ini bukanlah suatu karya tulisan yang dianggap kuno lagi. Di zaman millenial, pantun digunakan sebagai jembatan bahan lelucon, salah satu contohya adalah pantun lucu buat sahabat bikin ngakak. Pantun-pantun ini bisa menjadi topik yang menarik untuk memulai chatting atau obrolan biasa.

Pantun lucu buat sahabat bikin ngakak ini memiliki kesan lucu yang memang ditujukan untuk sahabat-sahabat kamu, khususnya di sekolah atau di kampus. Dalam menyusun isi, biasanya pantun diambil dari beberapa ide seperti kejadian lucu, nama benda atau makhluk hidup yang ada di sekitar kita. Nah, penasaran kan seberapa gokil pantun yang dibuat oleh beberapa netizen dan penulis gokil. Begini pantun-pantun gokil yang bisa membuatmu tertawa geli.

Ada lalat nempel di jidat
Tepuk saja dengan sendok
Hey sobat jangan suka debat!
Mending ngopi di pojok

Numpang tidur di kamar labirin
Kamarnya jauh temboknya rusak
Teman jatuh diketawain
Baru ditolong kalau sudah teriak

Naik kereta
Sampainya ke bali
Ayo kawan tamasya bersama
Daripada stres sendiri-sendiri

Dari surabaya ke malang
Ujung-ujungnya nyasar ke blitar
Lagaknya ngajak pulang
Ujung-ujungnya mutar-mutar

Dua tambah dua
Sama dengan empat
Kita semua
Memang sahabat

Kambingku ilang
Larinya ke warung
Mari bersenang-senang
Jangan suka murung

Lari ke depan
Beloknya ke belakang
Hey kawan
Jangan suka gibahin orang

Tampilannya gagah
Tapi nyalinya ciut
Sahabat pelipur gundah
Sudah pasti banyak pengikut

Ingin pergi ke pantai
Bawa ember plastik
Enaknya santai
Sama teman yang asyik

Begitulah jurus ampuh untuk mencari banyak teman dan sahabat supaya persahabatnmu semakin akrab. Jangan terlalu serius deh! Dengan jurus-jurus pantun lucu buat sahabat bikin ngakak ini, kamu bisa mengawali sebuah pertemanan yang asyik. Bikin pantun makin gokil dan asyik buat cari teman tanpa harus berpenampilan dan bertingkah alay, iya kan?

Pantun Lucu 2 Baris

Kalian semua pasti pernah merasakan saat guru Bahasa Indonesia memberikan tugas membuat pantun? Rasanya pasti pusing karena mesti harus mencari kata-kata yang tepat. Kamu tidak usah khawatir! Jaman sekarang bikin pantun sangat mudah lho! Kamu nggak perlu lagi susah-susah mencari kata-kata yang panjang karena kamu bisa membuat pantun lucu 2 baris.

Pantun lucu 2 baris berisikan kata-kata lucu dan gokil. Letak perbedaannya ada pada jumlah barisnya. Pantun ini memiliki jumlah baris yang lebih sedikit daripada pantun yang lain, yaitu hanya dua baris. Biasanya, pantun ini dikirim melalui beberapa media komunikasi seperti halnya Whatsapp, Instagram dan status Facebook.

Agar penasaranmu bisa segera terobati, yuk kita intip beberapa contoh pantun dua baris berikut ini.

Bunga Melati Bunga Mawar
Senangnya hati cinta berbinar-binar

Ikan hiu lagi goyang
I love you sayang

Buah manggis, tapi rasanya kecut
Aduh gadis kamu kok imut

Habis tujuh pasti delapan
Hatiku jatuh sama abang tampan

Minum jamu dipinggir tambak
baru aja ketemu kok udah nembak

Makan cincau di pantai selatan
lagi galau nunggu gajian

Naik sampan dayungnya nyangkut
sampai kapan jadi jomblo akut

Pergi ke arab sama Bu Yayuk
Hai gadis berhijab nikah yuk!

Ada paku di belakang kamar
Wahai imamku kapan aku dilamar

Hujan rintik basah semua
Hai cantik, yuk ke KUA

Nasi kuning lauknya udang
Wajahmu bening enak dipandang

Makan lontong dagingnya kebab
Jangan sombong nanti kena azab

Ngiris tahu sama bawang
I miss you abang

Datang tak diundang pulang tak diantar
Ayo sayang kita ke sana bentar

Nah, sudah baca kan beberapa contoh dari pantun lucu 2 baris tadi! Lucu-lucu nggak? Yang pasti di jaman millenial, semua orang bebas berekspresi melalui tulisan dan kata-kata.

Gimana dengan kamu? Berminat menggunakan pantun ini sebagai bahan status?

Pantun Lucu Anak SD

Biasanya anak SD kalau disuruh membuat pantun masih bingung. Mereka membayangkan kalau pantun harus yang indah dan rumit. Padahal, anak-anak pun bisa membuat pantun dengan simple dan sederhana. Yuk, kita coba membuat pantun lucu anak SD sendiri di rumah. Nggak usah bingung ya! Disini kita juga memberikan beberapa contoh pantun gokil untuk anak SD.

Apa sih pantun itu? Pantun pada umumnya memiliki isi yang mengandung sajak a-b-a-b. Dua barisan pertama menampilkan sampiran dan dua baris berikutnya menampilkan isi. Namun, semua kalangan bisa kok membuat pantun lucu bahkan anak SD sekalipun. Biasanya, pantun lucu anak SD berisikan tentang kata-kata jenaka tetapi tetap pada batas usia anak SD seperti yang dicontohkan berikut ini:

Beli baju ke kota Mekkah
Pulang-pulang sudah lebaran
Jangan suka telat sekolah
Nanti ketinggalan pelajaran

Ada monyet lagi jongkok
Jongkoknya di dekat hutan
Masih sekolah jangan suka merokok
Nanti dewasa jadi sakit-sakitan

Tamasya naik delman
Ayo pergi ke sana
Di sekolah jangan tawuran
Nanti besar jadi tak berguna

Beli Nangka dapatnya kedondong
Kedondongnya jatuh ke taman
Jangan menjadi orang sombong
Kalau pingin disayang teman

Makan nasi sama nampan
Lauknya ikan babat
Jadilah anak yang sopan
Biar menjadi orang hebat

Ada jin di bawah lampu pijar
Jinnya jalan-jalan
Siapa yang rajin belajar
Kelak akan menggapai masa depan

Ambil rambutan di dekat goa
Goanya para pemburu
Berbaktilah pada orang tua
Dan hormati guru

Habis gelap teranglah sudah
Matahari terbit di tengah kota
Siapa yang rajin ibadah
Pasti masuk surga

Satu dua tiga
Ayo jalan-jalan ke Malang
Jangan gundah gulana
Ayo bersenang-senang

Dari contoh-contoh pantun lucu anak SD ini, isi pantun menunjukkan bahwa anak-anak tidak hanya diberikan kata-kata yang lucu dan menyenangkan, tetapi juga mendidik, misalnya rajin ibadah,  menghormati guru dan berbakti pada orang tua adalah hal yang perlu diterapkan pada anak usia SD.

Yuk, mulai ajarkan hal yang lucu dan positif pada mereka!

Pantun Lucu Betawi

Lihat istilah pantun, kalian pasti berpikir kalau pantun harus memiliki kalimat-kalimat yang sesuai dengan EYD. Jauh dari luar itu! pantun memiliki aturan yang bebas dalam menulis. Bahkan setiap daerah memiliki bahasa daerah sendiri dalam menulis pantun, salah satu contohnya adalah pantun lucu Betawi yang berisikan tulisan khas kalimat Betawi.

Isi dari pantun lucu Betawi ini adalah kata-kata lucu yang menggunakan bahasa khas Betawi. Bahasa Betawi ini merupakan bahasa asli dari Jakarta. Biasanya pantun ini dilantunkan di pagelaran kesenian tradisional seperti lenong. Nah, kalian pasti penasaran kan gimana lucunya pantun lucu khas Betawi ini, yuk kita simak contoh pantun berikut ini!

Pengen makan roti buaya
Ujung-ujungnya ke taman Ancol
Eh Mpok jangan banyak gaya
Masa maskeran sama odol

Dari ragunan sampai ke Monas
Turunnya ke pasar minggu
Pikiran aye udah panas
Rasanya pingin jitakin elu

Ada ketoprak minumnye Bajigur
Duh enaknye dimakan sama kerupuk
Eh Elu jangan suka ngeluyur
Udah malam aye ngantuk

Ada nasi sama Ikan
Nasinye diputar-putar
Elu yang makan
Gue yang bayar

Makan roti sama es
Apa mau dikate
Kalau elu sukses
Jangan lupe sama kite

Makan getuk di pinggir kali
Getuknye jatuh, orangnye nyebur
Udah lame aye kesini
Tapi elu malah kabur

Ada rempeyek sama udang
Enaknya  makan bareng babe
Jangan sombong jadi orang
Ntar kena batunye

Pinginnya ke Kebayoran
Tapi nyasar ke Taman Mini
Sebelum pergi ke Kondangan
Carikan calon bini

Tidur di angkot
Yang marah sopirnye
Kagak usah pake otot
Pakai pantun aje

Begitulah contoh pantun lucu Betawi yang bisa membuat kalian tertawa. Kalau kalian tirukan pantun-pantun ini, rasanya kayak main lenong Betawi ya! Nah, apa kalian ingin bikin pantun Betawi sendiri di rumah? Ayo coba daripada gabut di rumah aja mending bikin yang lucu-lucu!

Ternyata pantun juga bisa menjadi bagian dari kesenian tradisional ya!

Pantun Lucu Sunda

Pantun jaman sekarang bisa dituliskan dengan beberapa bahasa. Tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja tetapi juga bahasa daerah seperti Sunda. Berikut ini adalah kumpulan pantun lucu Sunda yang bisa kamu gunakan untuk melatih kreatifitas kamu menulis pantun bahasa daerah dalam bahasa Sunda.

Pantun lucu sunda berisi tentang sampiran dan isi yang menggunakan Bahasa Sunda. Pesan yang disampaikan dalam pantun ini memang ditujukan pada masyarakat Sunda. Nah, berikut ini ada beberapa jenis-jenis pantun lucu dari Sunda yang bisa kamu gunakan dalam chatting, pesan singkat atau yang lainnya.

Semangka seeur bijina
Dijual di pasar kemis
Eta saha nu didinya
Meuni seeur nu gareulis

Daun hiris dibeungkeutan
Dibawa ke juru masigit
Anu geulis ngadeukeutan
Hayangeun dibere duit

Salewe dua lima
Hate kodok di colok-colok
Awewe jaman ayeuna
Make anderok pa pondok-pondok

Kini-kini dina galeng
Rek katincak ku tikukur
Nini-ni hulang huleng
Rek diwedak euweuh pupur

Aya lauk disusukan
Di useup na ku mang Ali
Moal weleh digombalkan
Ku anjeun kaum lalaki

Hayam jalak hayam kondang
Pais endog atah keneh
Teu diajak teu diondang
Ka dieu mantog ku maneh

Hanjakal ku handarusa
Buntiris daunna kandel
Hanjakal ku hade rupa
Geulis teu bisa nyambel

Saha we nu bade nyangke
Kamari abdi nu ngajagi
Bebende nu hade hate
Pamatri ati nu sajati

Ke pasar beli sajadah
Nyimpang dulu ka tukang baso urat
Hirup mah kudu getol ibadah
Agar selamet dunya akherat

Ka Cilembu meser ubi
Ubi na karasa madu
Hoyong terang saha nami
Ameh tiasa I love you

Itu tadi contoh unik dari pantun-pantun lucu Sunda yang bisa kamu jadikan sumber untuk menulis pantun yang lebih lucu lagi. Pantun lucu ini biasanya bisa ditemui di beberapa pesan teks, iklan, status atau blog-blog khusus yang menampilkan pantun-pantun lucu.

Bagaimana dengan pantun buatanmu sendiri? Jika kamu berminat membuat pantun, kamu bisa memulainya dai sekarang kok!

Pantun Lucu Minang

Zaman sekarang ini tak ada aturan yang terlalu formal dalam hal membuat pantun. Sebisa mungkin kita bebas berekspresi menuangkan semua kata-kata yang ada di dalam pantun. Boleh dengan kata-kata lucu atau mengambil bahasa daerah. Yuk kita baca kumpulan pantun lucu minang agar tidak merasa bosan di rumah.

Sebenarnya seperti apa ya pantun khas minang itu? Pantun lucu Minang biasanya berisi kata-kata lucu yang menggunakan bahasa Minang. Meskipun bersajak a-b-a-b tetapi bahasa Minang sangat melekat dalam tulisan. Nah, bagi kamu yang tinggal atau merasa sebagai penduduk asli Minang, kamu bisa memakai pantun-pantun ini sebagai obat pelipur rindu saat berada di perantauan.

Dindin badidin rang bagurau
Nan ketek maelo Kalambu
Si Udin indak kasurau
Itu dek masih manyusu

Takana kana parfum nan rancak
Tagalak ambo diateh oto
Jan ditanyo manga kok galak
Kito sadonyo ko nan lah boco

Juluak jo galah buah kuini
Buah tomaik di ateh lantai
Dimanolah posisi uni kini?
Tulihlah alamaik kiriman patai

Paik lidah makan pario
Manih salak baincek tungga
Mancaliak galamai raso ka iyo
Talamak mangunyah gigi palasu tangga

Tangah malam urang basaluang
Basuluah di ateh rumpuik
Ambiek salimuik lalok bagaluang
Bulieh bakaruah usah takantuik

Dek sero makan jo cancang
Ndak sadar rumah kanai maliang
Mangalah duduak di ateh pancang
Beko sarupo jo ayam guliang

Usahlah sanak ka kandang kudo
Beko kanai sipak duo jo tigo
Kalau sanak indak picayo
Maronggoklah dakek ikua kudo

Rami anak sikolah di nagari pauah
Rami manunggu taufik kiemas
Basaba sanak nan di rantau jauah
Patai nan sadang kito kemas

Kurai Taji Balai Sinayan
Urang tuo manggaleh lado
Capek kaki ringan tangan
Namun salero lapeh juo

Tangkok di tangkok anak lambau
Bungkuih dibao ka sungai dareh
Disangko maracak pungguang kabau
Ruponyo nilva mamaguik karuang bareh

Wah… wah ternyata  Indonesia memang benar-benar kaya bahasa ya! Apalagi dalam membuat pantun lucu Minang! Yuk lestarikan kebudayaan kita mulai dari sekarang.

Pantun Lucu Bahasa Jawa

Di mana-mana kita tahu bahwa pantun memiliki isi dan sampiran yang sama. Karena terpaku pada aturan, terkadang mengalami kendala dalam penyusunannya. Tapi kamu tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana membuat pantun karena semua bisa membuat pantun dalam bahasa apapun dengan menyusun berbagai kata.

Pantun lucu bahasa Jawa adalah kumpulan pantun yang berisikan sampiran dan isi yang menggunakan Bahasa Jawa. Untuk menyusun pantun Bahasa Jawa, kamu perlu melihat contoh-contoh pantun yang menggunakan Bahasa Jawa seperti berikut ini. Yuk, kita simak pantun lucu dengan menggunakan bahasa Jawa.

Mangan rujak cingur
Karo cah ayu
Alon-alon lek mundur
Ojo mlayu-mlayu

Numpak dokar
Menyang ing kali wetan
Wenake mangan telo bakar
Karo ketan

Tumbas klopo
Nang warung cilik
Sing penting urip mulyo
Masio koyo e sitik

Dolan layangan
Karo ngombe es
Dadi wong ojo sambatan
Lek pingin dadi wong sukses

Mulih teko malang
Gowo sendok
Dadi cah lanang
Ojo seneng nglarani wong wedok

Nggawe tahu
Ndek latare cak mat
Sampean ancen nggarai ngguyu
Lek wis kadung kumat

Sambel  terasi
Rasane asin yo
Wis sak sasi
Gak mulih nganti rioyo

Ayo budal
Nang  gunung kawi
Kudu dijajal
Ojo wedi-wedi

Mancal sepeda ontel
Nang bakul asem
Cah wedok endel
Senengane mesem

Mlayu-mlayu
Tumbas jangan seger
Lek seneng cah ayu
Kudu wani nguber

Nah, bagimana menurut kalian? lucu-lucu kan pantun lucu bahasa Jawanya? Kalian bisa kok membuat pantun-pantun dengan bahasamu sendiri apalagi dengan bahasa Jawa. Isi pantun ini memang ditargetkan untuk kalian yang asli Jawa.

Jadi buat kalian yang suka menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi baik melewati sosial media atau Whatsapp, tidak usah sungkan membuat pantun dalam bahasa Jawa karena tidak ada aturan resmi dalam menyusun pantun. Kalian bisa menyusun pantun dengan gaya dan bahasamu sendiri saat menyampaikan sebuah pesan.

Yuk, bikin pantun bersama-sama mulai sekarang!

Pantun Lucu Bahasa Sunda

Seperti biasa pantun merupakan bagian dari sastra Indonesia. Penulisan ini seringkali disebut dengan penulisan kreatif. Kamu harus tahu bahwa pantun lucu bahasa Sunda merupakan bagian dari seni. Sama hal nya dengan pantun biasa, pantun Sunda memiliki bagian, yaitu dua sampiran dan dua isi.

Dalam kesusasteraan Sunda, bentuk pantun lucu bahasa Sunda memiliki perkembangan model yang semula disajikan dalam bentuk dialog dan prolog dalam pagelaran wayang. Zaman sekarang ini pantun Sunda bisa disajikan dalam bentuk pembuka bentuk candaan dalam hal dialog saat chatting, membuat cerita dan lain-lain. Nah, udah nggak sabar kan ingin lihat seperti apa contoh pantun Sunda! yuk kita intip contoh pantun Sunda sama-sama.

Daringding kacang gumanding
Isukan di ka caikeun
Ginding ge da meunang maling
Isukan di kabuikeun

Saha we nu bade nyangke
Kamari abdi nu njagagi
Bebende nu hade late
pamatri ati nu sajati

Ku naon kanyere semplak
Mana semplak ku tiwuan
Ku naon awewe nyentak
Mana nyantak timburuan

Kanyere di pasir pari
Tangkal kujang diamalan
Awewe zaman kiwari
Unggal bujang dilayanan

Abang-abang daun lompong
Daun cabe dikebutkeun
Abong-abong kamu ompong
Datang cape dibaeudan

Daun endag angin malik
Dikebut ku saputangan
Ngudag-ngudag lain milik
Tungtungna era sorangan

Ada hayam hayam kate
Hayam kate dari cihaur
Sia-sia PDKT
Kaboro direbut ku batur

Kembang cula kembang tanjung
Kembang sagala domdoman
Rak sabulan rak sataun
Moal weleh diantosan

Rincik rincang rincik rincang
Aya roda na tanjakan
Sidik pisan sidik pisan
Nyai teh bogoh ka akang

Ka Jampang mawa pakarang
Ajeng pe’rang makalangan
Ke akang naha sa’lempang
Akang sayang ngan ka yayang

Lucu-lucu kan kumpulan pantun lucu bahasa Sundanya? Kamu bisa praktekkan pantun lucu berbahasa Sunda ini ke teman-temanmu mulai saat ini. Tidak hanya di dalam chatting atau status sosial media tetapi juga dalam bahan candaan obrolan.

Ini bukti bahwa Indonesia kaya bahasa ya, guys!