Cabe Ini Ga Bisa Dimakan

Jangan kebanyakan makan cabe, nanti perut mules. Tapi tahu nggak sih ada cabe lainnya yang nggak bisa dimakan, tapi sama-sama bikin perut mules? Kalau nggak tahu, kamu perlu baca materi stand up comedy tentang cabe-cabean nih. Biar bisa merasakan semules apa menghadapi cabe-cabean.

Ini malam yang sangat luar biasa sekali, karena pertama kalinya aku tampil dalam mall sebesar ini. FX Senayan ini ramai banget. Karena barang-barangnya komplit, dari makanan sampai cabe-cabean… lengkap!

Cabenya seger-seger nih. Cabe bangkok pun ada. Gede banget.

Tapi aku penasaran nih, istilah cabe-cabean itu asal-muasalnya gimana sih? Dulu aku bingung, pernah kan malam minggu ngajak temanku keluar jalan-jalan. Eh dia jawab begini, “Ogah ah, malam minggu banyak cabe-cabean.”

Nah, bingung kan denger jawabannya? Memang ada gitu tukang sayur keluarnya malam?

Perkembangan bahasa sekarang ini memang luar biasa ya. Dulu kan istilahnya kimchil, eh kok sekarang bisa merambah ke bumbu dapur. Takutnya lama-lama bakalan ada bawang-bawangan, lengkuas-lengkuasan. Lalu dicampur semua bumbu itu, jadi deh nasi goreng kimchil.

Selain cabe-cabean berwujud manusia, hati-hati lo kalau kebanyakan denger lagu cabe-cabean. Sama kaya nasi goreng kimchil buatan warung sebelah yang bisa bikin ketagihan. Lagu cabe-cabean dengan mudahnya merasuk ke alam bawah sadar. Meski kita sebenarnya ogah mendengarkan, tapi nggak tahu gimana nada dan liriknya kok bisa kita hafal di luar kepala.

Yang lebih ngeri, ketika kita tersadar kok tiba-tiba bergumam lirik lagu cabe-cabean, eh emak kita juga nyanyiin lagu itu. Sengeri itu cabe-cabean!

Itu baru lagunya, apalagi kalau cabe-cabean beneran. Meski awalnya nggak pengen, sekali kita merasakan kita jadi ketagihan. Huh hah, huh hah…

Iya, sama kaya kita lagi makan sambel gitu. Makan sambel bareng nasi panas, cuma pakai lauk tempe aja udah bikin kita semangat makan, nggak bisa berhenti. Begitu nasinya habis, nambah sambel lagi. Begitu sambelnya habis, nambah nasi lagi. Gitu terus, sampai perut buncit maju lima senti nggak sadar diri.

Begitu juga kalau kita udah terperangkap cabe-cabean. Awalnya nyobain dikit, eh lama-lama nggak bisa tahan diri. Makanya jangan deh sekali-kali nyoba, pedasnya tak tertahankan. Kalau udah kadung nyoba sekali? Ya, resiko tanggung sendiri. Jangan lupa selalu pakai alat proteksi!

Masih berani main cabe-cabean? Jangan lah. Kalau mau manggung pakai materi stand up comedy tentang cabe-cabean di atas, boleh lah. Punya materi lain yang lebih oke? Boleh lo bagi-bagi!