Kembang Desa

Pantun lucu bahasa Jawa ini mungkin sudah tidak asing bagi Kamu karena banyak komedian dari Jawa yang sering membawakannya di TV. Pantun sudah seperti budaya di Indonesia karena setiap daerah mengenal yang namanya pantun dengan bahasanya masing-masing.

Dalam pendidikan Sekolah Dasar, Kamu juga diajarkan materi tentang pantun dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tentu Kamu sudah familiar dengan aturan yang sering digunakan dalam membuat pantun, misalnya rima, jatuhnya kata di akhir, hingga jumlah suku kata.

Aturan ini tidak hanya diterapkan dalam pembuatan pantun berbahasa Indonesia, tapi juga bahasa daerah, termasuk Pantun lucu bahasa Jawa. Jadi, jika Kamu ingin membuat pantun berbahasa Jawa, wajib juga untuk memahami aturan ini.

Contoh Pantun Lucu Berbahasa Jawa

Membuat pantun lucu tidak semudah yang dibayangkan karena bisa saja menurut Kamu lucu, tapi menurut orang lain tidak lucu. Itulah mengapa penting untuk memahami selera humor orang lain atau orang yang diajak berbicara.

Ada banyak cara untuk membuat Kamu bisa menghasilkan pantun yang bisa mengocok perut orang yang menikmatinya. Menggunakan bahasa daerah menjadi salah satu cara untuk membuat pantun semakin lucu karena mudah dipahami, dan berikut contoh pantun lucu bahasa Jawa.

Isuk-isuk golek banyu
Golek banyu tekan Jerman
Ora mesti kudu ayu
Sing penting atiku nyaman

Banyu panas banyu adem
Banyune diwadai cingker
Kangen iki nganti mendem
Seng dikangeni ra miker

Mangan bakwan iseh anget
Dipangan karo lombok ijo
Awan-awan adus keringet
Luwih penak diadusi kembang deso

Klambi abang katok biru
Bar dijait bolong lengene
Wengi iki aku raisoh turu
Plonga plongo eling kowe

Danau jeruk laut yo jeru
Pesti akeh iwak lele
Awak kuru kurang turu
Tibae mikerne kowe

Pasar wage pasar legi
Akeh wong bakol kaen
Sugeh riyadi Idul Fitri
Lepate nipon laer lan baten

Kamu juga bisa membuat sendiri pantun lucu dengan bahasa Jawa atau bahasa daerah lainnya. Semakin sering Kamu melihat atau mendengar pantun bahasa Jawa, maka tidak sulit lagi untuk Kamu membuat pantun lucu bahasa Jawa yang menarik.