Cut Nyak Dhien

Pantun lucu 17 Agustus haruslah terus diperbanyak. Itu karena, pantun jenis ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seorang warga negara. Jika melihat ke kondisi sekarang, para pemuda memang kurang memiliki rasa nasionalisme. Sangat miris jika ini dibandingkan dengan perjuangan pejuang yang sampai berdarah-darah.

Tentu, ini bisa berakibat buruk bagi negara. Dengan rasa nasionalisme yang tinggi, akan muncul rasa peduli terhadap negara. Kepedulian inilah yang sebenarnya berguna untuk mempertahankan kedaulatan. Walaupun terkesan sepele, pantun 17 agustus memiliki fungsi besar jika dilihat pada sudut pandang ini.

Kumpulan Pantun 17 Agustus yang Lucu dan Bisa Dijadikan Pelajaran untuk Pemuda

Jika melihat temanya, pantun lucu 17 Agustus perlu memiliki pesan yang berhubungan dengan perjuangan dan kemerdekaan. Untuk itu, ungkapan yang berhubungan dengan kedua hal itu perlu ditambahkan. Selain itu, bisa juga membahas cerita hidup dari para pahlawan yang sebelumnya berjuang.

Baca Juga:  Jogetan

Beban hidup memang lah berat
Tahan lah iman agar tak roboh
Sebagai wanita jadi lah kuat
Jadikan Cut Nyak Dhien sebagai contoh

Indahnya cinta bukan lah beban
Itu karena perasaan sayang
Merah putih adalah warisan
Dari mereka yang dulu berjuang

Memasak bumbu memakai wajan
Jangan lupa tambahkan bawang
Mari pertahankan kemerdekaan
Buat negara semakin berkembang

Setelah hidup pasti lah mati
Sebelum titik pasti lah koma
Cinta negara di dalam hati
Kita buktikan bersama-sama

Halaman depan terasa lebar
Itu karena dipenuhi taman
Indonesia negara besar
Mari buat dunia segan

Teman Krisna bernama Rama
Teman api bernama bara
Kita hidup sudah lama
Apa jasa untuk negara?

Baca Juga:  Telur Kecoa

Masih banyak ungkapan lain yang bisa memunculkan rasa nasionalisme di dalam jiwa seseorang. Mengingat fungsinya yang besar, pantun-pantun sejenis ini sangat perlu untuk dilestarikan. Akan sangat baik jika banyak orang memahami bahwa pesan moral di dalam pantun pun adalah hal penting.

Hal ini jelas berbeda dengan kondisi sekarang dimana kebanyakan orang hanya menganggap pantun sebagai hal lucu yang menghibur. Untuk itu, merupakan hal baik jika mempunyai niat untuk membuat pantun sejenis ini. Dengan itu, jumlah pantun lucu 17 Agustus pun bisa terus bertambah.