Semak Belukar

Pantun lucu tentang pendidikan sangat tepat untuk Kamu buat guna menyambut hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Selain itu, pantun tersebut juga bisa menjadi motivasi untuk para pelajar dan juga para guru agar terus belajar guna memajukan pendidikan di Indonesia.

Pantun untuk hari pendidikan juga bisa Kamu tampilkan pada acara sekolah, setelah upacara peringatan. Kamu bisa membacakannya dilapangan usai upacara atau pidato selesai. Pasti pantun yang Kamu buat akan mendapatkan apresiasi yang cukup besar dari seluruh warga sekolah yang mendengar dan menyaksikan pantun yang Kamu bacakan.

Contoh Pantun Lucu Tentang Pendidikan

Sebagai inspirasi untuk menulis pantun pendidikan maka Kamu bisa mencontoh dari beberapa pantun berikut ini. Gunakan pantun ini sebagai ide juga jika Kamu berniat ingin membuat pantun sendiri yang didedikasikan kepada pendidikan di Indonesia.

Pantun 1

Pisau dapur memang harus diasah
Supaya daging mentah bisa dicacah
Murid belajar tanpa kenal lelah
Niscaya masa depan dapat faedah

Pantun 2

Diantara rimbunnya semak belukar
Rupanya ada ular juga mangsanya
Jika para siswa rajin belajar
Maka jadilah pintar dan bijaksana

Pantun 3

Kain dijahit maka jadilah baju
Bukan dijadikan sebagai nisan jenazah
Pergi sekolah untuk menuntut ilmu
Bukan hanya sekadar dapat ijazah

Pantun 4

Anak kucing sedang mengejar tikus
Tikusnya takut terbirit-birit
Jika siswa belajar tidak serius
Meraih pintar pun akan sulit

Pantun 5

Air tidak hanya berada di gelas
Di teko juga ada air selalu
Guru bukan hanya ada di kelas
Pengalaman juga jadi pengajarmu

Pantun lucu tentang pendidikan yang disusun oleh seorang guru ataupun orang tua bisa menjadi motivasi untuk para anak didik atau siswa. Sehingga mereka akan semangat untuk belajar dan terus mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Selain itu, Kamu bisa menggunakan pantun untuk berterima kasih pada gurumu.

Pantun juga termasuk pada seni bahasa. Kamu bisa menyampaikan suatu hal dengan lebih apik dan menarik dengan cara membuat pantun. Pilihlah bahasa yang sopan, menarik dan lugas agar pantun lucu tentang pendidikan dibaca oleh banyak orang.