Jaga Tumbuhan

Pantun lucu untuk anak SD sangat mudah sekali untuk Kamu buat. Anak SD merupakan masa di mana perbedaharaan bahasa mereka berkembang dengan pesat. Oleh sebab itu, ciri khas dari pantun tersebut yaitu biasanya menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Untuk temanya sendiri, cukup bervariasi bisa dari hal-hal yang mereka jumpai hingga curhatan kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa jika Kamu SD, membuat pantun tidak akan jauh dari seputar kehidupannya. Seperti menyatakan kelucuan teman ataupun mengungkapkan perasaan yang dirasakannya.

Penggunaan bahasa untuk pantun mereka buat juga masih terbatas, namun justru hal inilah yang menjadi ciri khas dari hasil karya anak-anak SD. Kamu yang membacanya tentu akan tersenyum karena isi pantun yang masih murni dari pemikiran anak kecil.

Baca Juga:  Perut Berbunyi

Contoh Pantun Lucu untuk Anak SD

Berikut ini merupakan contoh pantun yang dibuat oleh anak SD terkesan lucu dan menggelitik. Untuk Kamu yang ingin membuat pantun, kembangkan ide yang ada dari lingkungan sekitar dan perbanyak membaca contoh pantun yang bagus.

Pantun 1

Jalan-jalan ke dekat kuburan
Melihat pocong menyeramkan
Marilah kita jaga tumbuhan
Karena mereka sumber kehidupan

Pantun 2

Harimau kini makin sombong
Suka mencela yang jelek-jelek
Kecil-kecil sudah ompong
Mirip seperti nenek-nenek

Pantun 3

Jalan-jalan ke bidara cina
Janganlah lupa membawa kunci
Hei kawan yang ada di sana
Ayo kita bermain dan bernyanyi

Pantun 4

Burung kenari burung perkutut
Hilang dicuri dari kandang
Eh ternyata Kamu yang kentut
Diam saja tak bilang-bilang

Pantun 5

Buah kedondong buah tomat
Disimpan dalam lumbung peti
Pantas ada bau menyengat
Ternyata Kamu belum mandi

Baca Juga:  Orang Papua Makan Sagu

Membuat pantun lucu untuk anak SD bisa berupa pantun humor yang lucu. Selain itu juga bisa pantun berupa nasihat. Pedoman utama dalam pembuatan pantun tersebut ialah mengerti jenis pantun yang akan dibuat. Jika berisi pantun lucu maka tema yang diangkat haruslah lucu atau jenaka sehingga membuat orang-orang terhibur.

Akan tetapi jika membuat pantun nasihat maka pantun tersebut bisa berisi nasihat atau pesan baik untuk anak-anak SD. Pemilihan kata yang digunakan sebaiknya jangan bertele-tele dan tidak menyulitkan. Lebih diutamakan menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga pantun lucu untuk anak SD mudah untuk dipahami.