Burung Cendrawasih

Pantun Lucu Ceramah

Pantun lucu ceramah bisa dijadikan sebagai pembuka maupun penutup pidato agar lebih menarik dan bersemarak. Dalam sebuah ceramah atau dakwah, pantun rupanya menempati posisi tersendiri. Ini berfungsi sebagai sebuah hiburan atau pun nasihat yang langsung mengena di hati orang-orang yang hadir dalam ceramah tersebut.

Tidak hanya dijadikan sebagai sebuah nasihat maupun guyonan, namun pantun juga bisa dijadikan sebagai karya seni nan indah. Puisi lama dengan ciri khas sajak A-B-A-B dan terdiri dari 4 baris ini bisa menghibur banyak orang pada waktu dakwah atau pengajian berlangsung.

Pantun Lucu Ceramah Sebagai Penutup

Mengakhiri sebuah ceramah ataupun pidato tidak selalu harus menggunakan kata-kata biasa. Itu bahkan akan terdengar monoton dan membosankan. Pembicara bisa menggunakan pantun yang lucu agar membuat suasana menjadi lebih bersemarak. Audience pun akan menjadi lebih tertarik untuk menantikan ceramah lagi di lain kesempatan.

Kamu pun bisa mencoba meletakkan beberapa pantun ketika berceramah di depan umum. Dijamin orang yang mendengarkanmu akan lebih fokus dan tertarik dengan apa yang Kamu sampaikan. Pelajari beberapa pantun lucu ceramah berikut ini untuk membuat ceramah makin berkesan.

Berlayar ke tepian di atas kapal
Jangan lupa mampir ke Jambi
Kami ucapkan selamat tinggal
Terimakasih sudah hadir di sini

Emak gemar menanak nasi
Padinya tumbuh di hamparan sawah
Sudah cukup sampai di sini
Terimakasih dan mohon maaf kalau ada salah

Ada semut jatuh ke kali
Ditolong burung dara sampai ke tepian
Cukup sekian sampai di sini
Terimakasih telah mendengarkan

Kolam ikan kok banyak buayanya
Tak ada yang berani masuk ke dalamnya
Jangan malu silahkan bertanya
Sebelum saya menutup ini acara

Pergi ke pasar beli buku tulis
Jangan lupa membeli rautan
Tak terasa waktu sudah habis
Saatnya saya untuk berpamitan

Masak bubur pakai santan
Jangan lupa dikasih ragi
Mohon maaf atas banyak kesalahan
Semoga kita bisa bertemu lagi

Burung cendrawasih burung dara
Dicarinya di kota Papua
Cukup sekian pidato saya
Semoga bermanfaat untuk semua

Pantun-pantun di atas bisa dikreasikan untuk membuat penutup ceramah yang benar-benar sempurna dan berkesan. Dengan pantun, menutup ceramah pun akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jangan lupa, pakailah pantun lucu ceramah untuk menutup setiap kali Kamu melakukan ceramah.