Tanam Benalu

Pantun lucu bahasa melayu cukup terkenal di Indonesia. Populernya pantun melayu merupakan hal wajar mengingat pusat bahasa melayu yaitu Malaysia lokasinya terbilang dekat. Selain itu, beberapa wilayah di Indonesia bagian utara terutama yang berada di provinsi Kalimantan Utara menggunakan bahasa ini.

Untuk memahami pantun bahasa melayu pun tidaklah begitu sulit. Jika melihat karakteristiknya, bahasa melayu dan Indonesia cukup mirip. Faktor kemiripan ini pun menjadi salah satu alasan kepopulerannya.

Jenis Pantun Lucu Melayu yang Paling Sering Dipakai di Indonesia

Walaupun fungsi pantun bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan, pantun lucu bahasa melayu biasa digunakan untuk menggoda lawan jenis. Bahasanya yang terkesan unik memang contoh untuk kebutuhan tersebut. Berikut contohnya jika menginginkan pantun melayu sejenis.

Baca Juga:  Ikan Tongkol

Selepas sehari bertani
Hingga rumah makan kari
Gembiranya hati ini
Melihat istri pandai menari

Jangan engkau tanam benalu
Tidak elok dipandang mata
Pengantin itu kelihatan malu
Selepas datang sang abang cinta

Kemana letak masjid kiranya
Di samping rumah bang Sholeh
Semakin abang panjang hidungnya
Hati adik semakin meleleh

Lihat pasar pakai mata
Tapi mata sering memperdaya
Kalau yang lain perlu permata
Abang perlu adik bahagia

Pulang ke bilik lewati jalan
Selepas itu bertemu Tara
Orang memuja elok rembulan
Bagi abang senyum adik juara

Dari pantun-pantun di atas, kesulitan memahaminya berbeda dengan bahasa lain seperti bahasa Inggris dan bahasa spanyol. Aplikasi translate jelas tidak dibutuhkan untuk memahami bahasa melayu. Terdapat beberapa kata mirip yang penggunaannya sama dengan yang digunakan dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Bunga Bakung

Dengan kemiripan bahasa ini, pembuatan pantun bahasa melayu pun cukup mudah. Hanya dengan sedikit memahami bahasanya, pantun ini pun bisa dibuat jika contoh yang diberikan di atas dirasa kurang lengkap. Tentu, pembuatan itu pun menjadikan kumpulan pantun lucu bahasa melayu semakin beragam.