Nonton Wayang

Pantun lucu malaysia banyak digunakan di Indonesia. Temanya sendiri berbagai macam mulai dari pendidikan hingga politik. Karena bahasanya yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia, pantun malaysia terkesan cukup unik. Mungkin keunikan inilah yang menyebabkan orang Indonesia cukup tertarik dengan jenis pantun ini.

Walaupun pantun memiliki berbagai macam tema, kegunaan utamanya tidak pernah berubah. Pantun berfungsi untuk memberikan pesan kepada orang yang mendengarkan. Tentu, pesan moral dan pesan membangun sejenisnya merupakan jenis yang terbaik. Jika dilihat, jenis pesan tersebut akan banyak ditemukan pada tema kekeluargaan dan persahabatan.

Pantun Bertema Kekeluargaan dan Persahabatan Memiliki Pesan Moral Tinggi

Ada banyak pantun lucu malaysia dengan tema kekeluargaan dan persahabatan. Walaupun peminatnya tidak sebanyak pantun dengan tema percintaan, pantun sejenis ini perlu dilestarikan. Tentu, generasi penerus pun harus mencintai pantun sejenis ini karena pesan moralnya tersebut. Berikut contoh pantunnya :

Baca Juga:  Rumah Atap Jerami

Menuju sungai di negeri cina
Di negeri cina tertusuk paku
Kau memang tak sempurna
Tapi kau betul sahabatku

Libur ini bertemu paman
Liburan kemarin bertemu camat
Adik cinta telah jadi mantan
Tapi tak ada mantan sahabat

Selepas bermain di dekat semak
Pergi ke pasar membeli sikat
Kawan ku memang banyak
Tapi hanya kau yang jadi sahabat

Bilik sebelah ada buaya
Buaya lepas di hari rabu
Ingin hidup rasa bahagia
Kasihi bapak sayangi ibu

Jangan abang bersifat tega
Jadi manusia butuh setia
Saling menolong sesama keluarga
Itu rahasia hidup bahagia

Pulang ke bilik hatiku resah
Takut tak sempat menonton wayang
Kalau abah nampak marah
Itu tanda ia sayang

Baca Juga:  Gandum Sekarung

Contoh pantun di atas memang memperlihatkan berbagai macam pesan. Pesannya sendiri untuk memberi semangat persahabatan dan menjunjung cinta sesama keluarga. Namun, ada beberapa pantun yang berisi kata-kata persahabatan tetapi tidak memiliki pesan moral di dalamnya dan lebih bersifat lucu.

Walaupun memiliki kata-kata persahabatan, pantun sejenis itu lebih masuk ke tema komedi. Itu karena, pesan moral yang membangun adalah ciri wajib dari pantun bertema kekeluargaan dan persahabatan. Untuk itu, pastikan menambahkan pesan moral ini saat membuat pantun lucu malaysia dengan tema ini.