Tanah Abang

Humor Gus Dur 6

Siapa yang belum mengenal sosok yang sering disebut dengan nama Gus Dur? Kebanyakan masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di Tanah Air tersebut. Sosok yang memiliki nama lengkap Abdurrahman Wahid tersebut adalah salah satu tokoh Muslim Indonesia sekaligus pemimpin politik yang pernah menjabat sebagai Presiden di tahun 1999 sampai tahun 2001.

Kiprahnya di dunia politik membuat Gus Dur tak hanya sering memiliki urusan di berbagai kota yang ada di Indonesia tetapi juga hingga luar negeri. Tepatnya bersama presiden-presiden berbagai negara yang ada di dunia.

Seorang Gus Dur ini sendiri tentu sudah sering merasakan yang namanya berkeliling dunia menggunakan pesawat untuk berbagai keperluan.  Ia bahkan pernah mengundang Presiden Prancis dan Presiden AS untuk terbang bersama mengelilingi dunia. Seperti biasanya, seorang yang menjabat sebagai presiden tentu menginginkan untuk memamerkan apa saja yang menjadi kebanggaan dari negeri mereka sendiri.

Setelah beberapa saat ketika pesawat sudah terbang, Presiden dari Amerika pun mengeluarkan tangannya kemudian berkata, “Wah, Kita sudah berada di atas Kota New York!”. Gus Dur pun dengan herannya menjawab perkataan tersebut, “Lho, kok Anda bisa mengetahuinya sih?”. Presiden Amerika pun dengan bangga memberikan jawabannya, “Itu terlihat patung Liberty di sana”.

Tak mau kalah dari percakapan tersebut Presiden Negara Prancis pun ikut mengeluarkan tangannya sambil berkata, “Tahu tidak, Kita saat ini sudah berada di atas Kota Paris”. Dengan nada yang sombong presiden tersebut berucap. Gus Dur pun langsung menjawabnya dengan keheranan, “Wah, kok Anda juga bisa tahu?”. Presiden Prancis pun menjawab “Itu menara Eiffel sudah terlihat”.

Kini saatnya Gus Dur yang mengeluarkan tangannya, “Wah ternyata Kita sudah berada di atas Tanah Abang” ucap Gus Dur. Kedua presiden yang ada di pesawat tersebut pun heran, “Lho kok Anda bisa mengetahuinya sih?”. Dengan spontan Gus Dur pun menjawab pertanyaan yang dilontarkan tersebut “Ini, jam tangan saya sudah hilang”.