Presiden Gila

Humor Gus Dur 21

Siapa yang berani untuk mengucapkan kalimat tersebut diatas? Tentu yang berani mengucapkannya adalah presiden Indonesia sendiri.  Tidak mungkin ada menteri atau anggota DPR yang mengungkapkannya. Dan pastinya hanya Gus Dur yang bisa bercanda dengan gaya jokes seperti itu.

Gus Dur sempat mengungkapkan bahwa semua presiden Indonesia itu gila. Ucapan ini ia lontarkan saat ia sedang bersama-sama dengan Fidel Castro. Gurauan ini bukan sekedar basa basi. Ia mengatakan hal ini dengan beberapa alasan yang bisa dianggap masuk akal. Meski demikian, memang ungkapannya adalah sekedar gurauan.

Suatu hari, Gus Dur sedang berbincang akrab dengan Fidel Castro. Saat mereka berdua sudah menyelesaikan urusan yang penting, mereka menyempatkan diri untuk bersenda gurau. Seperti biasa, gurauan Gus Dur yang paling kocak adalah tentang karakter negarawan, khususnya di Indonesia.

Apa yang dimaksud Gus Dur bahwa semua presiden Indonesia itu gila? Gus Dur menjelaskan satu persatu dari presiden yang sudah pernah menjabat, termasuk dirinya.

Baca Juga : Humor Gus Dur Tergokil

“Presiden pertama, Ir Soekarno itu gila. Dia gila wanita,” jelas sang presiden keempat itu. Fidel Castro pun menanggapi dengan tersenyum, karena dirinya memang sangat dekat dengan presiden RI yang pertama itu. Castro pun hanya manggut-manggut dan meneruskan pembicaraan dengan Gus Dur. Pun Castro tetap penasaran bagaimana dengan presiden berikutnya.

“Bagaimana dengan presiden kedua?” begitu tanya Castro kepada Gus Dur. Gus Dur pun menjawab tanpa ada beban.  “Kalau presiden kedua itu juga gila, tetapi ini gila harta,” jelas Gus Dur sambil tertawa-tawa. Mendengar hal ini, tentu Fidel Castro semakin penasaran dengan kelanjutan humor khas Gus Dur ini. Castro pun kembali bertanya tentang presiden ketiga.

“Presiden yang ketiga apakah gila juga?” tanya Castro penasaran. Ternyata jawaban Gus Dur pun tetap yaitu presiden ketiga juga gila. “Kalau yang satu ini memang gila ilmu dan teknologi.”

Pertanyaan berikutnya tentu adalah presiden keempat dimana yang bersangkutan adalah Gus Dur sendiri. Castro pun semakin penasaran bagaimana dengan kegilaan presiden keempat ini. Jawaban Gus Dur pun tak terduga. “Berarti ini kan saya. Saya itu memang gila, wong yang memilih saya gila semua!”

Gus Dur justru ikut bertanya kepada Castro, “Nah, anda termasuk yang mana?” Jawaban Castro pun tak kalah kocak, dimana ia menggolongkan dirinya seperti golongan presiden ketiga dan keempat Indonesia.