Otak Presiden Indonesia

Almarhum Gus Dur memang paling gemar melontarkan guyonan. Guyonan almarhum terkenal kocak dan cerdas, sehingga membuat semua orang selalu menantikannya. Biasanya guyonan almarhum melibatkan pemimpin negara, agama, dan juga hal-hal yang menonjolkan kearifan lokal. Namun demikian, semua guyonan tersebut tidak menimbulkan gesekan tertentu, karena memang guyonan tersebut selalu ada benarnya.

Salah satunya adalah guyonan tentang otak presiden Indonesia. Beliau sempat berujar tentang bagaimana isi otak dari presiden Indonesia yang pernah menjabat. Tentu, dalam hal ini presiden yang disebutkan almarhum adalah presiden yang sudah menjabat sebelum beliau berpulang.  Gus Dur pernah menyatakan gurauan saat isi otak dari masing-masing presiden tersebut dapat dilihat secara kasat mata.

Presiden pertama, Ir. Soekarno adalah presiden yang pertama kalinya dianalisa oleh Gus Dur. Gus Dur mengatakan bahwa Soekarno adalah pecinta seni. Soekarno juga sangat menyukai keindahan, dimana Soekarno juga senang melihat wanita cantik. Terbukti, semua istri Soekarno adalah wanita-wanita cantik, termasuk istri terakhirnya, Ratna Sari Dewi.

Menurut Gus Dur, hal ini membuktikan bahwa Soekarno memiliki otak kanan yang lebih besar. Memang, otak kanan memiliki pengaruh besar akan kecintaan dan kemampuan seni. “Soekarno itu otak kanannya besar, karena beliau menyukai seni dan segala bentuk keindahan,”  papar Gus Dur.

Baca Juga : Humor Lucu Gus Dur Waktu Nyantri

Gus Dur pun melanjutkan guyonannya tentang Habibie. Habibie adalah Presiden RI ketiga yang menggantikan Soeharto. Tentu, guyonannya ini pasti melibatkan kecerdasan Ir. Habibie yang luar biasa. “Habibie itu seorang teknokrat. Ia juga insinyur. Pastinya, otak kirinya yang besar,”  kelakar Gus Dur lagi. Mendengar hal itu, tentu semua hadirin yang datang setuju dengan pendapat ini.

Tetapi, ada satu hal yang membuat para hadirin penasaran. Mereka pun ingin mengetahui bagaimana isi otak Gus Dur sendiri. Mengingat Gus Dur juga sempat menjadi presiden RI. Terlebih, saat guyonan ini diutarakan, Gus Dur tengah menjabat sebagai Presiden RI.  Hadirin pun bertanya,  “Bagaimana dengan isi otak Gus Dur?” tanya para hadirin yang datang.

Seperti biasa, Gus Dur menjawab dengan menunjukkan ekspresi datar. Dan tentu, jawaban Gus Dur selalu membuat semua penonton terpingkal-pingkal. Ia pun menjawab, “Isi otak Gus Dur sendiri sama-sama besar. Tetapi jarang bisa nyambung,” kelakarnya.