Selalu Ingin Jahili Amien Rais

Humor Gus Dur 1

Sudah menjadi rahasia umum apabila Gus Dur dan Amien Rais memang tidak pernah “akur”. Uniknya hubungan di antara mereka berdua membuat salah satu sahabat Gus Dur yang juga seorang budayawan yaitu Jaya Suprana, mengatakan bahwa hubungan antara Gus Dur dan Amien Rais mirip dengan kartun Tom & Jerry, alias tidak bisa berdamai. Selalu ada saja masalah yang ditimbulkan oleh keduanya setiap mereka bertemu.

Berdasarkan penuturan dari Jaya Suprana, Gus Dur memang selalu ingin menjahili politikus senior Partai Amanat Nasional yang satu itu. Katanya, ada yang kurang dan gatal jika tidak membuat keributan dengan Amien Rais jika mereka bertemu. Amien Rais pun tidak kalah jahil dengan Gus Dur.

“Gus Dur saat itu pernah bilang begini pada saya : Jaya, rasanya kok sudah lama ya tidak membuat ribut sama Amien Rais. Ayo, kita cari masalah sama dia kalau nanti bertemu,” begitu ucap Jaya Suprana sambil menirukan obrolannya dengan Gus Dur kala itu.

Baca Juga : Humor Gus Dur – Ikan Curian Jadi Halal

Jaya Suprana kemudian melanjutkan, ia mengatakan bahwa ia sudah berusaha mencegah Gus Dur agar tidak mencari keributan dengan Amien Rais lagi. “Lho ya jangan Gus, masa ketemu Amien Rais malah cari masalah? Kalau saya bilang begitu Gus Dur pasti menjawab ‘kalau nggak berantem ya nanti nggak ramai,” begitu jawab Jaya, ia tertawa ketika mengingat kata-kata Gus Dur itu.

Meskipun hampir selalu bertikai tiap kali keduanya bertemu, anehnya adalah Gus Dur dan Amien Rais justru saling merindukan satu sama lain jika tidak bertemu. Hal itu tentu menjadi tanda tanya di benak orang-orang. Apakah mereka hanya rindu untuk mencari masalah satu dengan yang lain?

Kalau ditanya orang-orang mengapa bisa ada hubungan yang cukup aneh dan unik seperti itu, maka pemilik museum rekor MURI itu menjawab. “Memang keduanya tidak pernah akur satu dengan yang lain, tapi keduanya juga saling mencari. Jika diibaratkan, mereka itu seperti partner untuk sparring, kalau nggak berantem ya nggak seru.”