Gandum Sekarung

Pantun lucu Malaysia memang sudah tidak asing di telinga kita, apalagi dengan tokoh kartun terkenal yang sering melontarkan pantun-pantun lucu dan menggelitik di setiap kesempatan. Tidak sedikit anak-anak yang justru hafal dengan pantun berbahasa Melayu dari Malaysia tersebut karena memang lucu dan mudah diingat. Tokoh kartun yang membawakannya pun juga lucu, yaitu bernama Jarjit di Upin Ipin.

Dalam tayangan kartun tersebut, kamu akan sering mendengar pantun-pantun lucu yang sukses membuat siapa saja tertawa terbahak-bahak. Bagi kamu yang tidak menguasai bahasa Malaysia pun tidak akan kesulitan memahami pantun tersebut karena pada dasarnya kita masih dalam satu rumpun, yaitu berbahasa Melayu. Dengan begitu, bersiaplah untuk tertawa saat membaca kumpulan pantun Melayu yang akan kita bahas kali ini.

Baca Juga:  Jalan Jalan Ke Macau

Kumpulan Pantun Lucu dari Malaysia

Pantun menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan sejak kita di Sekolah Dasar. Ternyata, bukan hanya Indonesia yang mempelajari pantun, tapi juga negara tetangga, yaitu Malaysia. Bahasa yang hampir sama membuat kita bisa memahami pantun-pantun dari Malaysia. Begitu juga dengan selera humor yang hampir sama membuat kita akan tertawa ngakak saat membaca pantun lucu Malaysia berikut ini.

Membawa padi dan gandum sekarung
Bawanya sambil batuk-batuk
Pergi ke surau memakai sarung
Sarung kebesaran warisan datuk

Budak kepanasan hingga mimisan
Kenapa pula berpanas-panasan
Sungguh senang pakai peci kebesaran
Warisan datuk tersayang rupanya

Berjalan kaki menuju Jimbaran
Cuaca hujan membuatnya murung
Alangkah senangnya menyambut lebaran
Keluarga besar datang berkunjung

Baca Juga:  Peyek Bayam

Mengait benang ke peniti mini
Buat pakaian yang mewah
Gembiranya perasaan hati ini
Lihat anak cucu datang ke rumah

Pasang mata bulat terbelalak
Memanggang roti di atas kawat berduri
Riuh tertawa terbahak-bahak
Menertawakan keburukan rupa sendiri

Selain pantun-pantun di atas, kamu masih bisa menemukan contoh pantun lainnya di internet atau buku. Beberapa dari kita mungkin tidak mengerti maksud atau arti dari kata yang digunakan, tapi jika kita membacanya secara menyeluruh maka akan lebih mudah memahaminya. Jika kamu ingin membuat pantun lucu Malaysia, maka penting untuk menambah kosakata bahasa Malaysia.