5 Kali Sehari

Cerpen lucu Idul Adha yang bercerita seputar hewan kurban memang banyak ditemukan, apalagi menjelang hari raya tersebut. Begitu juga dengan cerpen ini yang bercerita mengenai seorang Kyai Muda dan istrinya yang sedang mencari kambing.

Sore sebelum Idul Adha, seorang Kyai Muda beserta istrinya Bu Nyai pergi berkunjung ke peternakan milik mantan santrinya yang bernama Paryo. Paryo sukses menjadi bandar kambing yang cukup tersohor di kampung ia tinggal.

Sesampainya di peternakan itu, baik Kyai Muda dan Bu Nyai sama-sama melihat pemandangan yang biasa terjadi di sebuah peternakan kambing. Tampaklah di sana seekor kambing jantan tengah asyik mengawini kambing betina. Melihatnya, Bu Nyai kemudian bertanya pada sang pemilik peternakan.

“Paryo, memangnya dalam sehari, kambingmu ini bisa berapa kali kawin?”

Baca Juga:  Bowo

“Yang itu, Nyai? Itu namanya Freddy. Dia salah satu kambing jantan yang super di peternakan ini. Dalam sehari, dia bisa kawin 5 kali.”

Mendengar hal ini, Bu Nyai yang masih berusia kepala tiga itu kemudian berbisik kepada suaminya tanpa terdengar Paryo.

“Lihat tuh, si Freddy aja mampu 5 kali dalam sehari,” bisik Bu Nyai, menyindir.

Mereka kemudian melanjutkan berkeliling peternakan. Saat itu Kyai Muda bertanya kepada si Paryo.

“Paryo, apa kambingmu itu kawin 5 kali sehari dengan betina yang sama saja atau berbeda-beda?”

“Jelas tidak, Kyai,” jawab Paryo.”Si Freddy bisa kawin 5 kali tidak hanya dengan satu betina saja, tapi berbeda-beda. Lihat, saat ini dia sedang mengawini betina yang lain. Biasanya, kambing yang ia pilih adalah yang muda dan segar.” Paryo benar, nampaknya kambing jantan itu sudah berganti mengawini kambing betina yang lain lagi.

Baca Juga:  Harakiri Anggota DPR

“Tuh, Bu, liat, Freddy itu tidak hanya mengawini satu kambing betina saja, dia juga mengawini kambing betina yang muda dan segar lainnya,” balas Kyai Muda.

Jawaban dari Kyai Muda itu membuat istrinya si Bu Nyai cemberut sepanjang perjalanan mereka pulang meskipun Paryo si bandar kambing telah memberi mereka hadiah seekor kambing.

Tentu saja, manusia tidak bisa dibandingkan dengan kambing seperti yang dilakukan pasangan suami istri pada cerpen lucu Idul Adha ini.