Rumput Teki

Pantun biasanya mengambil nama buah-buahan untuk sampiran, contohnya pantun lucu tentang durian. Buah-buahan memang sangat populer dijadikan sampiran pada pantun karena lebih sederhana untuk menyampaikan pesan. Karena itulah kamu pasti sering mendengar berbagai nama buah-buahan ketika berpantun.

Karena pantun berisi dua sampiran dan dua isi, maka biasanya banyak pantun yang dibuat untuk menyampaikan sesuatu. Tema yang dijadikan juga beragam, mulai dari pantun bijak, pantun lucu, pantun cinta, pantun agama dan lain jenisnya.

Sedangkan untuk prinsipnya, baris pertama dan ketiga harus memiliki akhiran suara yang sama. Sedangkan baris kedua dan keempat juga demikian. Pantun seperti ini adalah pantun dengan rima a-b-a-b. Sedangkan pantun dengan rima a-a-a-a memiliki akhiran vokal yang sama di 4 barisnya.

Baca Juga:  Penjual Buku

Pantun yang Lucu Tentang Durian

Ada banyak sekali contoh pantun lucu tentang durian yang bisa dipakai. Saking banyaknya, kamu bisa mencarinya sendiri di internet. Disana kamu bisa menemukan ribuan pantun yang siap pakai dengan berbagai tema unik dan menarik. Bahkan ada beberapa pantun istimewa juga yang tersedia.

Karena nama buah sering muncul di beberapa sampiran, maka kamu pasti tidak asing dengan buah durian. Ya benar, durian menjadi nama buah yang sangat sering muncul di pantun. Hal ini karena durian sudah banyak dikenal sebagai raja buah. Berikut beberapa contoh pantun tentang durian.

Buah durian buah manggis
Tidak lupa untuk dimakan
Wahai gadis manis
Bolehkah aku berkenalan?

Ada satu ada dua
Ada tujuh ada delapan
Hay yang ada disana
Bolehkan aku minta durian?

Baca Juga:  Buah Nangka

Buah durian pohonnya tinggi
Rumput teki merambat dibawahnya
Aku sangat penasaran sekali
Siapakah wanita disana?

Pantun bisa digunakan untuk perkenalan atau untuk sapaan. Selain itu tidak jarang pula pantun digunakan untuk menyindir sesorang. Menggunakan pantun ketika menyindir akan mengurangi rasa sakit hati yang disindir karena cara menyindirnya menggunakan media yang lucu.

Tentu saja pantun sudah sangat akrab bagi banyak orang. Salah satu materi wajib pelajaran Bahasa Indonesia ketika belajar dari SD hingga SMA ini memang sangat menarik. Ada banyak tema unik, misalnya pantun lucu tentang durian tersebut.