Dikejar Kelinci

Membuat pantun lucu untuk anak-anak SD bukanlah hal yang mudah, banyak dari mereka kesulitan dalam menyampaikannya. Namun, pantun yang di dalamnya bersajak a-b-a-b terkadang bisa keluar sendiri saat anak-anak bercanda ria dengan teman-temannya di luar jam sekolah.

Anak-anak membutuhkan contoh yang nyata saat mempelajari pantun, jika seorang guru memberikan contoh yang tepat maka anak-anak akan langsung mengikutinya dengan benar. Dengan kemampuan membuat pantun yang lucu, mereka bisa saling berbalas pantun dengan temannya saat bermain bersama.

Contoh Pantun yang Lucu untuk Anak-anak

Pantun memang merupakan pelajaran mendasar pada saat SD sampai SMA. Selain pantun lucu atau pantun jenaka, ada juga pantun jenis lainnya yang sering diajarkan kepada anak-anak di sekolah. Pantun-pantun tersebut meliputi pantun nasehat, pantun agama, pantun teka-teki dan lain sebagainya. Berikut contoh pantun lucu untuk anak-anak serta pantun nasehat, yang di dalamnya memiliki pesan nasehat yang sangat penting.

Baca Juga:  Pisang Muda

Ada nasi di atas nampan
lauknya ayam enak sekali
Jangan kencing sembarangan
Nanti Kamu dikejar kelinci

Hati-hati tidak ada keset
Jalannya pelan-pelan saja
Kalau kamu terpeleset
Baru deh tahu rasa

Ikan lele ikan tongkol
Buah durian buah kedondong
Gara-gara makan jengkol
Masih kecil giginya ompong

Pak yusuf jualan nanas
Anaknya bernama Lulu
Jika kamu ingin juara kelas
Jangan hanya mengkhayal melulu

Beli baju berwarna merah
Sungguh cantik dipandang mata
Jika bermain jangan mudah marah
Bahagialah dengan bersuka cita

Buah apel buah rambutan
Buah kenari buah pisang
Bermainlah kejar-kejaran
Tubuh sehat hati senang

Pantun lucu memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak-anak, selain digunakan sebagai media penghibur juga berfungsi sebagai alat pemelihara bahasa, melatih anak-anak untuk bisa berpikir dahulu tentang makna sebuah kata di dalamnya, sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan menunjukkan kecepatan seorang anak dalam berpikir.

Baca Juga:  Kain Satin

Pantun lucu dan nasehat di atas bisa dijadikan sebagai patokan untuk anak-anak yang membutuhkan contoh pantun. Jika ingin membuat sendiri bisa mengambil bahan-bahannya dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Pantun lucu untuk anak-anak di atas sangat menghibur dan memberi pelajaran yang sangat besar.