Ayam Kaki Seribu

Tebak-tebakan lucu dalam bahasa Sunda bisa membuat orang tertawa ngakak. Karena tebakan yang dilontarkan dengan jawaban yang diberikan terdapat kesinambungan secara tidak langsung. Meskipun hanya berupa tebakan lucu Bahasa Sunda, namun dalam menjawabnya tidak bisa asal dan membutuhkan pemikiran. Agar lebih tahu, berikut ini merupakan tebakan lucu yang diungkapkan dalam Bahasa Sunda.

  1. Tebakan Lucu Toge

Ari make baju nu bodas, tapi lain dokter, make topi hejo, tapi lain tentara (toge).

Tebakan dalam Bahasa Sunda tersebut jika diterjemahkan maka berarti, “apa yang memiliki ciri-ciri warna putih seperti dokter, tetapi memiliki topi yang berwarna hijau seperti tentara”. Jawabannya adalah toge. Pasti sekilas melihat pertanyaannya, kamu akan merasa kebingungan.

  1. Tebakan Lucu Ayam

Hayam naon cik nu sukuna aya sarebu? (hayam keur parawey).

Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yang sangat lucu. “ayam apa yang memiliki kaki berjumlah seribu” jawabannya adalah ayam yang ikut pawai. Benar saja, apabila ayam ikut pawai, maka jumlahnya banyak dan bisa dikalikan dengan kaki setiap ayam.

  1. Tebakan Lucu Bengkoang
Baca Juga:  Bunga Teratai

Bangku, bangku naon nu bisa didahar? (bangkuang).

Tebakan dalam Bahasan Sunda yang satu ini, juga tidak kalah lucu. “Bangku apa yang bisa dimakan” jawabannya bangkuang. Pada saat mendengar pertanyaan ini, banyak orang yang berpikir. Karena bangku tidak bisa dimakan. Sesuatu yang bisa dimakan hanya berupa makanan. Ternyata jawabannya adalah kepanjangan dari bangku yaitu bangkuang.

  1. Tebakan Lucu Piringatan

Coba piring naon nu pangramena di Indonesia? (piringatan 17 Agustus lah)

Tebakan lucu Bahasa Sunda tersebut juga tidak kalah menarik. “Piring apa yang selalu rame di Indonesia”. jawabannya adalah piringatan 17 Agustus. Tentu saja yang dinamakan peringatan pasti memuat banyak orang dan ramai.

  1. Tebakan Lucu Tukang Becak
Baca Juga:  Mikirin Kamu

Pribumi aya di luar, tai ari semah na aya di jero. Naon cik? (tukang beca nu keur mawa penumpang).

Tebakan tersebut apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, “pemilik ada di luar rumah sedangkan orang asing ada di dalam rumah”, jawabannya adalah tukang becak yang membawa seorang penumpang.

Membaca tebakan lucu Bahasa Sunda memang terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan stres. Tebakan tersebut menuntun setiap orang untuk tetap berpikir secara kritis. Terkadang ada tebakan yang dinilai nyeleneh dan memiliki jawaban yang gokil. Meskipun diartikan dalam Bahasa Indonesia, tetapi tetap memiliki makna yang lucu dan selalu bikin ngakak.