Judulnya Aku

Puisi Lucu Panjang

Puisi lucu bukan hanya berbentuk pendek saja, ada puisi lucu panjang yang bisa membuat kamu terhibur membacanya. Untuk bisa membuat puisi lucu yang panjang, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat puisi lucu yang pendek. Hanya saja kamu perlu memperpanjang sedikit cerita yang ada dalam puisi itu.

Puisi lucu biasanya identik dengan untaian katanya yang lucu. Biasanya diksi kata yang dipilih adalah kata-kata yang mudah dimengerti. Hal ini agar pembaca mengerti apa isinya dan bisa ikut tertawa ketika membacanya. Jika isinya saja tidak mengerti, bagaimana bisa pembaca ikut tertawa.

Jika pembaca tidak bisa ikut tertawa saat membaca puisi lucu yang kamu buat, maka tujuan dari pembuatan puisi lucu ini dengan otomatis belum tercapai dengan baik. Karena tujuan puisi lucu ialah membuat pembacanya tertawa tanpa mengabaikan unsur-unsur kaidah puisi di dalamnya.

Baca Juga:  Bertepuk Sebelah Tangan

Untuk itu, ketika membuat puisi lucu panjang kamu harus berhati-hati dalam pemilihan kata yang digunakan. Karena tidak semua orang yang membaca puisi jenaka merupakan penggemar sastra asli. Ada yang hanya untuk mencari hiburan semata. Sebagai contoh, kamu bisa melihat beberapa puisi jenaka yang akan kami berikan.

Contoh Puisi Jenaka Panjang

Judul: Aku

Akulah karyawan yang paling rajin sejagat raya
Tetap bekerja tak menonton sepak bola
Meski hati sendu tapi tetap berdedikasi
Meski hari sabtu aku tetap berdasi

Aku
Karyawan terdepan mengisi absen
Hingga jadi sasaran teman untuk tipsen

Datang ke kantor jam 8
Lalu beli kopi sambil baca koran
Koruptor banyak bertebaran
Sayangnya gua gak kebagian

Baca Juga:  Anak Sekolah Suka Perhatian

Kini negeri sudah tidak aman
Di dalam mobil pakai handphone digedor begal
Untung aku tidak punya handphone dan mobil jadi aman
Dari para begal yang kriminal

Aku memang karyawan paling setia
Menemani sejak masih penumpukan batu-bata
Hingga sudah ada jaringan komputer, aku adminnya
Hingga kantor meledak, aku biangnya

Dari contoh puisi di atas, dapat disimpulkan jika puisi tersebut berisi tentang seorang karyawan yang begitu setia pada kantornya. Pembuatannya memang sama saja dengan membuat puisi lucu biasanya. Hanya saja jumlah bait dalam puisi tersebut diperbanyak tanpa mengubah isi dari judul puisi lucu panjang tersebut.