Kumpulan 15 Puisi Lucu Berantai Bikin Ngakak

Hiburan bisa didapatkan dengan beragam cara sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara yang terbilang unik adalah dengan menggunakan puisi berantai. Mungkin banyak orang yang belum mengerti makna dari puisi berantai sendiri, karena memang penggunanya masih tergolong langka dan belum meluas dalam kehidupan sehari-hari.

Puisi berantai merupakan hasil penggabungan berbagai macam puisi yang dibacakan oleh beberapa orang sekaligus. Tentunya isi puisi yang dibacakan juga akan berbeda tiap orang. Namun, isinya tetap saling terhubung dan menyambung layaknya percakapan meskipun artinya tak bisa dikaitkan satu sama lain.

Puisi memiliki fungsi yang beragam mulai dari menyalurkan pikiran, pendapat yang sering tertutup rapat, hingga puisi spesial untuk orang tersayang. Namun, kini ada juga jenis puisi lucu yang bisa dijadikan hiburan dalam kehidupan. Mengingat aktivitas yang padat terkadang membuat orang penat dan stress.

Puisi berantai lucu hanya digunakan untuk keperluan hiburan dan candaan saja. Penggunaan puisi ini juga bisa digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir karena terkadang isinya sulit dinalar. Contohnya saja hubungan seorang koruptor dengan pedagang dan anak kecil yang jelas membuat siapa saja yang melihat bertanya-tanya apa maknanya.

Puisi berantai yang awalnya membingungkan ketika diresapi akan memberikan makna yang dalam. Bahkan tak jarang orang yang kemudian terpingkal-pingkal karena sambungan satu sama lain yang justru tak ada kaitannya sama sekali. Sehingga, membuat tertawa geli namun kembali mempertanyakan apa kaitan antara puisi yang telah dibacakan tadi.

Puisi berantai bisa dibacakan mulai dari dua hingga tiga orang atau bahkan lebih. Pembacaan puisi berantai bisa dengan teknik yang begitu beragam sesuai keperluan penggunaan. Selain berisikan lucu-lucuan, puisi ini juga bisa berisi perintah, nasihat, atau beberapa hal yang sarat makna dan tak bisa diabaikan begitu saja.

Kecanggihan teknologi saat ini bisa membuat kamu dengan mudah menemukan inspirasi puisi berantai lucu sebagai hiburan. Sembari mengisi waktu luang, kamu bisa mencari puisi ini sebagai hiburan saat berada dirumah. Beberapa kumpulan puisi lucu berantai yang siap menemanimu yaitu sebagai berikut ini.

Puisi Lucu Berantai Menghiburmu Di Masa Pandemi

Puisi adalah salah satu karya sastra yang mungkin sekarang sudah banyak dilupakan. Apalagi untuk anak zaman now, bisa dibilang puisi kadang terlalu sulit dipahami. Maklum biasanya puisi ditulis dengan kosa kata yang sulit, puitis dan butuh pemaknaan yang dalam. Padahal sebenarnya puisi juga bisa dibikin seru lo. Di masa pandemi seperti saat ini, bermain-main dengan puisi bisa menjadi hiburan tersendiri. Kita bisa bermain puisi lucu berantai untuk mengisi waktu selama di rumah saja.

Salah satu puisi lucu berantai yang bisa menghiburmu saat di rumah saja adalah puisi berjudul Corona, Ayo Kita Lawan di bawah ini:

Covid-19 datang mendekati kota
Obat tak ada, bingung harus apa
Rasanya ingin kusembunyi saja
Oh kuharap ia tak bisa menemukanku
Nah lo semakin banyak yang diterkamnya
Aku pun semakin takut dan bersembunyi di rumah saja

Ada yang mengetuk pintu berulangkali
Ya tentu saja tak akan kubuka
Oh sungguh tak mau jika ada covid-19 yang ikut serta

Keadaan semakin genting
Ibu pun makin panik berkali-kali
Terlihat dari omelannya yang semakin panjang
Antara titik dan koma saja diterjang

Lalu apa yang harus dikerjakan?
Ah sudah jangan berkeliaran
Waktunya rebahan sambil nonton film kesukaan
Ayo jangan sering-sering jalan
Nanti kalau Covid-19 datang baru deh kamu ketakutan

Seru nggak puisinya? Apakah menurutmu puisi tersebut sudah selesai? Ternyata puisi di atas belum selesai. Pembuatnya pun membebaskan siapa saja untuk meneruskan karyanya tersebut. Nah, kira-kira kamu bisa meneruskan puisi di atas nggak? Ayo, teruskan puisi di atas dengan kreasimu sendiri. Buat agar semakin lucu dan menarik.

Untuk melanjutkan puisi lucu berantai, kamu nggak perlu kok memilih kosa kata yang terlalu susah. Pakai saja kosa kata yang sering dipakai dalam keseharian. Semakin mudah dimengerti, semakin seru puisi tersebut. Asyiknya, tak hanya untuk bersenang-senang, dengan melanjutkan puisi di atas, kamu juga bisa ikut serta dalam aksi nyata melawan Covid-19.

Jadi, siap berpuisi bersama nih?

Puisi Lucu Bikin Ngakak, Dijamin Menghibur!

Tertawa Bersama

Puisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Meski pada perkembangannya, tak semua puisi memiliki rima dan irama. Puisi jenis ini disebut dengan puisi bebas. Layaknya lukisan, ada lukisan yang disebut dengan lukisan abstrak. Begitu juga dengan puisi bebas di mana tak ada ketentuan tertentu di dalamnya. Selain untuk mengungkapkan perasaan dan ide yang ada. Salah satu puisi bebas adalah bentuk puisi lucu bikin ngakak.

Di awal-awal kemunculannya puisi memang terkesan serius dan memiliki makna yang puitis. Namun dalam perjalanannya, puisi berkembang menjadi aneka ragam jenisnya. Ada yang berisi pesan-pesan sarkas, ada pula yang berisi pesan-pesan lucu yang ringan dan bahkan bisa jadi pembacanya ngakak tak tertahankan.

Berikut ini adalah beberapa contoh puisi lucu bikin ngakak.

Judul: Hajatan

Plang pling plong
Plong pleng plung
Plung plang pling
Pling plong pleng
Pleng plung plang
Ssst… minggir pelan-pelan
Kali sudah dikuasai
Saatnya kamu cari lahan sendiri
Dan nikmati hajat yang kau miliki

Hayo, kira-kira tentang apakah puisi ini? Kalau zaman sekarang masih ada nggak ya yang begini?

Judul: Habis Nafas

Nafasku habis
Setelah pertarungan panjang
Antara hidup dan mati
Seplastik es teh menjadi penolong
Saat nafas sudah kembang kempis

Begitu es teh habis
Kudengar suara melolong
Yang baru saja membuatku ndepipis
Kutengok ke belakang
Eladalah seringai giginya nampak manis
Duh, bikin aku semakin kebelet pipis
Tapi mana sempat…
Karena aku harus segera lariii
Kalau nggak mau meringis

Kalau puisi ini pasti banyak yang bisa menebak bercerita tentang apa kan? Dikejar anjing memang bisa jadi momok tersendiri buat sebagian besar orang.

Puisi lucu bikin ngakak adalah sebuah karya yang patut diapresiasi. Kreativitas dalam mengolah kata untuk menceritakan hal sederhana, namun penuh kesan, bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika dibalut dengan humor yang bisa membuat kita tertawa terbahak, bahkan bisa jadi berguling-guling saking tak tahan dengan kelucuannya.

Puisi Lucu Banget Bikin Ngakak Beserta Contohnya

Ijab Kabul Raditya Dika

Banyak orang bisa membuat prosa atau cerita berupa narasi. Namun membuat puisi biasanya memerlukan keahlian tersendiri. Terdengar dan terlihat susah, puisi biasanya disusun dengan kata-kata yang tak biasa dan memiliki iramanya tersendiri. Maka tak heran orang yang bisa membuat puisi sering disebut dengan sastrawan sejati. Namun semakin modern, puisi tak melulu puitis. Ada beberapa puisi lucu banget bikin ngakak. Bahkan kita yang membacanya kadang tak sadar bahwa itu adalah puisi.

Yang dikatakan sebagai puisi adalah sebuah karya kreatif di mana penulisannya membutuhkan bait dan baris. Ada rima yang nantinya membentuk irama. Namun untuk menyusun puisi lucu banget bikin ngakak, aturan-aturan tersebut bisa dikesampingkan. Meski tak menutup kemungkinan, rima yang dipertahankan bisa jadi menghasilkan humor yang tak terelakkan.

Nah, biar lebih terbayang seperti apakah puisi lucu yang bisa bikin ngakak, ini dia satu contohnya yang bisa kamu sisipkan di dalam kado saat kondangan ke nikahan teman:

Judul: Ijab Kabul

Melilit tak bisa lagi kutahan
Tes tes tes panas dingin seluruh badan
Kuremas ujung kemeja
Kalau bisa, mau kulari saja
Sayang penghulu sudah di depan mata
Catatan ijab qobul lecek tiada terkira
Bahkan sudah tak terbaca
Sementara wanita yang beberapa menit lagi menjadi isteri
Tersenyum dengan begitu manisnya
Tapi mengerikan
Bisa kubayangkan kalau aku lupa lafaznya
Habis aku dibuatnya
Baru awal saja sudah menakutkan
Apalagi hari-hari berikutnya
Mungkin lebih baik kalau aku… Kabuur!
Lhoh, kok tak bisa?
Wanita itu tengil tersenyum
Ternyata tali sepatuku terikat pada kaki meja
“Selamat datang di hari-hari penuh ikatan!”

Masih kurang lucu? Saatnya kamu yang membuat puisi lucu banget bikin ngakak versimu sendiri! Selamat mencoba!

Puisi Lucu Singkat, Yakin Kamu Nggak Ngakak?

Ijab Kabul Raditya Dika

Puisi tak harus selalu terdiri berbaris-baris. Bahkan satu baris saja sudah cukup. Beberapa puisi di bawah ini adalah contoh dari puisi lucu singkat, yang tak membutuhkan banyak olah kata dan baris demi baris, namun bisa membuat garis bibirmu tertarik ke kanan dan ke kiri.

Mau tahu seperti apakah puisi lucu singkat yang semakin hari semakin banyak ditemukan di era kekinian? Cekidoot!

Judul: Buka Puasa

Slurp..
Slurp..
Ces..
Ces..
Sebatang es krim di tangan adik
Terlihat menggoda
Ingin hati ku ikut mencicipinya
Apa daya azan maghrib masih lama

Sepertinya ini suara hati kaum milennial saat bulan ramadhan diminta ibu menemani adik main. Hayoo, jangan sampai tergoda lo ya!

Judul: Matematika

Jika ada makhluk paling kejam di dunia
Maka kuyakin itu kau
Tak punya hati tak punya rasa
Selalu berhasil bikin anak takut pulang ke rumah orang tua
MATEMATIKA,
Tak bisakah kau enyah saja?

Wah, kalau ini sepertinya curhatan dari kaum millenial yang takut pulang rumah karena nilai matematikanya merah nih.

Judul: Efek Liburan

Anak muda jenggotan
Anak bayi brengosan
Efek lama-lama liburan
Oh Tuhan,
Kapan Corona pulang ke Wuhan?
Aku kangen ngapel kesayangan

Ada yang lagi kangen berat sepertinya sampai membuat puisi model begini. Buat yang sedang dilanda rindu tapi bingung menyatakannya, boleh nih puisinya dikirimkan pada yang tersayang.

Judul: Kentut

Bruuuuuuuuuut…
Tiuuuuuuuuut…

Itulah suara kentut!

Apakah ini bisa disebut puisi? Terserah yang buat saja sih, kalau memang dinilai sebagai puisi ya nggak apa-apa. Ini negara demokrasi kok, harus menghargai pendapat orang lain. Kalau menurut kalian sendiri ini puisi atau, bukan?

Judul: Hari kedua puluh lima

Aku ikuti himbauan pemerintah
Sungguh hatiku rupa-rupa warnanya
Saat angka di timbangan
Nganan lima angka setiap harinya
Kujadi ingin teriak…
AAAAAAAAAAAAAAA!

Sepertinya ini jadi masalah bagi cewek-cewek dan ibu-ibu muda setelah sebulan lebih di rumah. Rebahan memang asyik, tapi sempatkan sedikit bergerak biar timbangan nggak terus ke kanan ya!

Semoga puisi lucu singkat di atas bisa sedikit memberimu hiburan di saat pandemik seperti ini! Sampai jumpa!

Puisi Lucu Panjang Yang Bakal Bikin Kamu Terhibur

Corona Virus

Kira-kira di zaman teknologi super maju seperti sekarang masih ada nggak ya yang suka bermain-main dengan puisi? Wah, ternyata banyak juga! Baiklah untuk menghibur kalian yang dilanda kebosanan karena sekolah di rumah masih akan terus diperpanjang, sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan. Kami persembahkan sebuah puisi lucu panjang yang mungkin adalah jeritan hati kalian! Selamat membaca!

Judul: Sebulan Sudah

Hari ini tepat sebulan
Corona bikin anak muda jadi orang rumahan
Mana berani kami kelayapan
Lebih baik ketemu bapak ibu seharian
Daripada lihat dokter bawa suntikan

Hari ini tepat sebulan
Corona bikin anak sekolah jadi lumutan
Baru kali ini kami sadar guru di sekolah memang jempolan
Meski nggak jarang kami kena semprotan
Tapi lebih mending daripada denger ibu ngomel seharian
Bukan salah kami lo padahal,
Ibu sendiri yang nggak mudengan
Cara pakai teknologi kekinian

Hari ini tepat sebulan
Corona bikin bapak-bapak jadi dasteran
Dikira mudah momong anak-anak millenial
Biasanya cuma bisa bilang sabar
Saat para ibu sambatan
Sekarang setelah saban hari di rumah seharian
Barulah ngerti kenapa ibu-ibu nggak sempat skincare-an
Baguslah ada hikmahnya
Bapak-bapak jadi mikir ulang buat cari gebetan
Kalau masih sempat ngechat gacoan
Berarti memang kudu disunat ulang

Hari ini tepat sebulan
Kakak-kakak mulai histeris tiada terkira
Ibu-ibu muda tak kalah hebohnya
Melihat angka di timbangan
Bergerak cepat ke kanan setiap harinya
Komat-kamit berdoa
Berharap ini hanyalah mimpi belaka
Sayangnya ini fakta!

Hari ini tepat sebulan
Ujian memang ditiadakan
Tapi tugas tidak bisa dihindarkan
Mana sekarang pak menteri bikin tugas suruh nonton TVRI
Duh Tuhan,
Kenapa nggak disuruh nonton Netflix aja sih?

Hari ini tepat sebulan
Anak muda mulai jenggotan
Adik bayi sudah brengosan
Efek lama-lama liburan
Oh Tuhan,
Kapan corona pulang ke Wuhan?
Aku kangen ngapel kesayangan
Jangan-jangan saat nanti corona sudah hilang
Si dia sudah jadi nenek-nenek peyot keriputan
Oh tidaaaaak!

Corona oh corona
Sungguh kau mimpi buruk terlama yang pernah ada…

Punya puisi lucu panjang tentang corona versimu sendiri? Mau dong dikasih lihat!

Puisi Lucu Tentang Cinta Buatan Mahasiswa Aneka Jurusan

Mahasiswa Di Kampus

Cinta itu memang berjuta rasanya. Ada banyak cara untuk mengungkapkannya. Salah satunya lewat puisi. Bukan berarti hanya anak-anak sastra yang bisa membuatnya. Ternyata banyak anak-anak yang sekolah di jurusan lain jago juga membuat puisi lucu tentang cinta.

Nggak percaya? Tengok saja tiga puisi lucu tentang cinta di bawah ini! Dijamin kamu akan klepek-klepek mabuk kepayang. Bukan karena cinta. Tapi karena puisi-puisi ini lucunya anti mainstream. Yuk, dibaca!

  1. Puisi Cinta Ala Anak Jurusan Matematika

Cintaku bukan empat kali empat sama dengan enambelas
Cintaku juga bukan lima kali lima sama dengan dua puluh lima
Cintaku tiada duanya
Cintaku tak terhingga
Tapi jangan nilai cintaku dengan angka
Karena kepalaku saja sudah botak karena angka-angka
Bersamamu aku ingin santai saja
Menikmati pantai dan matahari di ujung senja
Tanpa hitungan tambah dan perkalian
Jadi tolong,
Tagihan sea food malam ini
Kau yang bayar ya, Sayang..
Aku sudah tak sanggup menghitung
Berapa biji kepiting yang sudah kau masukkan ke lambung
Mungkin karena aku terlalu dimabuk cinta olehmu
Tapi aku tak mau dompetku mabuk juga karenamu
Tahu sendirilah pacarmu ini hanya anak kos-kosan
Dan ini baru tengah bulan…

  1. Puisi Cinta Ala Anak Jurusan Kedokteran

Saat aku belajar tentang intubasi
Deg-degan rasanya setengah mati
Ternyata ada hari yang bikinku lebih ngeri
Saat paras cantikmu menyeringai setiap hari
Meminta jatah jajan tanpa henti
Katamu, anak kedokteran kan banyak duit
Duh Tuhan, salah apa ketemu perempuan matre
Untung cantik, jadi aku ikhlas ngeluarin duit
Meski harus cek tensi setiap detik

  1. Puisi Cinta Ala Anak Jurusan Pertanian

Cintaku ini embrionik
Meski kau cutting puluhan kali
Cucu cabangnya terus tumbuh tiada henti
Herannya, kau masih saja tak menanggapi
Bahkan kau serupa alelopati
Mungkin buatmu ku tak lebih dari gulma
Atau hama
Namun bukan aku jika tak pandai aklimatisasi
Kemampuan cytokinins-ku sudah dapat gelar Phd
Caraku menghasilkan ethylene sudah pada tahap mahir
Maka jangan terlampau extreme shock
Saat gelcin-ku padamu terlampau menggebu
Akan kusemai bencimu dengan cintaku
Hingga hatimu bermutasi
Bagai tanaman transgenik
Dan aku siap memanen hasilnya
Meski entah kapan…

Ketiga puisi lucu tentang cinta di atas adakah yang mewakilimu? Kalau tidak, saatnya kamu membuat puisi cintamu sendiri! Selamat mencoba!

Puisi Lucu Tentang Sahabat; Kreatif Sekaligus Ngeselin!

Honda C70 Antik

Persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Bukan, itu bukan puisi lucu tentang sahabat yang akan dibagikan. Itu adalah penggalan sebuah lirik lagu yang pernah tenar pada zamannya. Ngobrolin tentang persahabatan memang nggak akan pernah ada habisnya. Sebagai makhluk sosial, mau diakui atau tidak, kita pasti membutuhkan sahabat. Untuk mengagungkan indahnya persahabatan, banyak orang menyusun kata menjadi bait, dan bait menjadi baris, dalam sebuah puisi.

Puisi tentang persahabatan tak melulu selalu puitis dan romantis. Dua puisi lucu tentang sahabat di bawah ini adalah contoh bahwa persahabatan bisa terlihat lebih sederhana, namun juga tak kalah bermakna. Sudah tak sabar ingin membacanya?

Judul: Si Biru, Sahabatku

Kau selalu mengikuti dengan setia
Ke mana saja, kau ikuti langkahku tanpa banyak tanya
Kau simpan semua cerita
Hanya padamu kubisa percaya
Orang lain hanya bisa menduga-duga
Tapi kau paling tahu semuanya
Kau paham tak perlu banyak bicara
Diam adalah bentuk dukungan terbaik yang kuperlukan
Kau menyimpan setiap rahasia besar dalam hidupku
Mencatat setiap tempat yang pernah kudatangi
Sayang kini kuharus merelakanmu pergi
Ketika lubang besar menganga di tubuhmu
Sudah kulakukan segala cara untuk menutupnya
Tapi lubang itu terus membesar
Hingga kau pun pasti merasa kesakitan
Bukan maksud hati ingin membuangmu
Tapi kata ibu, sudah waktunya kupunya sepatu baru
Maaf sahabat, sepatu berwarna biru kesayanganku
Kini kau tak lagi bisa menemani hari-hariku
Kau akan selamanya di hatiku

Judul: Sahabat Setiaku

Si merah, aku menyebutnya
Karenanya aku sering ditertawakan
Mereka bilang aku ketinggalan zaman
Namun aku senyumin aja
Biar kuno, tapi dia setia
Menemaniku dari zaman belum punya istri
Sampai kini sudah punya anak tiga
Si merah, jasanya tiada tara
Meski aku bisa saja beli tunggangan baru
Si merah tetap paling nyaman di hatiku
Kuda besi kesayangan, warisan bapakku

Sepertinya 2 puisi lucu tentang sahabat di atas nggak ada lucu-lucunya ya, malah jadi bikin mellow begini. Namun dari puisi di atas kita jadi sadar kalau ternyata sahabat itu nggak hanya manusia. Kalau kalian punya sahabat spesial nggak nih? Ayo buat puisi untuk sahabatmu!

Puisi Lucu Tentang Kentut Semarakkan Ruang-ruang Chatmu

Kentut Tidak Bau

Jika kita menengok salah satu arti puisi di web KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) maka akan ditemukan pengertian di bawah ini;

Sebuah kreativitas di dalam karya sastra dan bahasa. Biasanya bentuknya berupa bait dan baris, serta ditata dengan sedemikian rupa. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran orang terhadap pengalaman tertentu, serta menimbulkan respon berbeda dari bunyi, makna serta irama yang dihasilkan.

Terkesan sulit dan rumit ya? Namun sepertinya pengertian puisi untuk anak milenial sudah mulai bergeser. Puisi bisa menjelma sebuah jalinan kata yang mampu membuat semua orang terbahak, seperti 3 puisi lucu tentang kentut berikut ini.

  1. Siapa Kamu?

Aku merasakan kedatanganmu
Tapi tak bisa melihatmu
Aku merasakan kehadiranmu
Tapi tak tahu seperti apa penampakanmu
Yang kutahu sesekali ada bunyi khas yang menyertaimu
Terkadang pret
Terkadang tiit
Terkadang tiuuuut
Lalu disertai dengan aroma yang tak pernah kurindu
Aah, siapa kamu
Kenapa harus ada di saat ku sedang berdua
Dengannya
Aah, siapa kamu
Kenapa harus mengganggu kencan pertamaku
Aah, siapa kamu
Yang telah menggagalkan misi penting dalam hidupku

  1. Suara Misterius

Preeet
Tiuuuut
Brooot
Suara-suara itu menggelegar satu per satu
Memenuhi ruang kelas siang itu
Disusul aroma khas memenuhi rongga hidung
Tak ada satu pun yang berani berkomentar
Guru killer sedang menjelaskan rumus fisika
Jangankan suara, satu gerakan saja bisa jadi malapetaka
Namun tiba-tiba,
“Kita akhiri dulu kelas siang ini. Bapak ada rapat bersama kepala sekolah.”
Sontak setelah sang guru killer tak nampak punggungnya
Kami bersorak-sorai, merayakan kemenangan
Terima kasih suara misterius,
Meski aromamu bikin hidung setengah mampus
Tapi karenamu kami bebas dari fisika siang ini

  1. Puisi Tentang Kentut

Ini puisi tentang kentut
Jadi jangan harap ada kata-kata puitis nan membius
Namanya juga puisi tentang kentut
Pasti yang ada hanyalah dut dit dat det dot dut
Kamu tahu kan kentut?
Tak berbentuk tapi terasa
Tak berbentuk tapi terdengar
Tak berbentuk tapi bau!
Mungkin seperti itu aku di hatimu
Eh, tapi ini puisi tentang kentut
Bukan tentangku, apalagi tentangmu
Jadi lupakanlah saja kita
Yang seperti kentut
Dari aku yang tak pernah nampak di matamu…

Dari ketiga puisi lucu tentang kentut di atas mana nih yang jadi favoritmu? Atau kamu punya puisi kentut versimu sendiri?

Puisi Lucu Sunda

Rombongan Orang Sunda

Belajar bahasa itu mengasyikkan. Secara nggak langsung saat kita belajar bahasa suatu daerah, kita pun mempelajari budaya dan kesenian yang ada di dalamnya. Belajar bahasa juga nggak harus selalu belajar bahasa luar negeri lo, di Indonesia saja ada banyak bahasa daerah yang bisa kita pelajari. Salah satu bahasa daerah yang menarik untuk dipelajari yaitu bahasa Sunda.

Nah, buat kalian yang tertarik belajar bahasa Sunda, yuk belajar kosa kata-kosa kata baru lewat puisi lucu Sunda berikut ini.

Judul: Saha Anjeun

Abdi resep kentut pikeun anjeun
Sora meureun
Panginten bau
Meureun ogé karasaeun
Tapi henteu pernah katempo
Henteu aya urusan kumaha cobian kuring
Kuring tetep henteu katingali di panon anjeun
Nalika kuring masihan diri salam
Anjeun naros, “saha anjeun?”
Aduh, anjeun leres henteu gaduh manah
Tingali, suku anjeun aya di suku kuring
Éta nyeri!

Ada yang paham nggak puisi lucu Sunda di atas menceritakan tentang apa?

Judul: Babaturan Babaturanut

Anjeun datang nalika anjeun butuh pisan
Teras nyungkeun hampura dibantosan
Jangji kurang ti tilu bulan pinuh bakal mayar pinuh
Ayeuna éta nomer sawelas lengkep
Tapi anjeun ngiles tanpa sora
Dinten ayeuna pendak
Kuring salam ka anjeun bageur
Teu hartosna pikeun ngumpulkeun janji anu anjeun hilap
Mung salam janten réréncangan
Tapi naon anu kuring kéngingkeun?
Anjeun komo nganiaya kuring ku kutukan
Ucapkeun kuring teu sabar
Saha anu ngahutang, anu bakal ambek
Ah, anjeun mangrupikeun babaturan anu dipikaresep
Bentukna henteu jelas,
mung tinggaleun bau
mung maledog ka laut

Seru kan belajar bahasa Sunda dari 2 puisi lucu Sunda di atas? Yuk belajar bahasa-bahasa lainnya lewat puisi-puisi lucu yang lain!

Puisi Lucu Romantis, Cara Cepat Menaklukkan Hati Si Dia

Romantis Di Pantai

Menaklukkan hati gebetan memang gampang-gampang susah. Namun hampir nggak ada perempuan yang menolak saat dikirimi puisi. Meski di mulut mereka bilang “Ah, nge gombal!” Sebenarnya jauh di lubuk hatinya, mereka tersipu-sipu malu dan berharap kita akan mengirimi puisi-puisi berikutnya. Buat kalian yang mulai kehabisan ide puisi lucu romantis buat si dia, nih ada 5 inspirasi.

  1. Jam

Jika kamu adalah jam
Maka aku adalah jarumnya
Yang akan selalu mengitarimu setiap saat
Sedetik pun tak pernah terlambat
Seperti kamu yang sungguh tepat waktu
Menusukku dengan cintamu

  1. Laptop

Jika kau adalah laptop,
Maka izinkan aku menjadi harddisknya
Yang akan menjadi ruang kenangan segala cerita
Atau boleh juga aku menjadi prosesornya
Yang akan menjadi penggerak saat kau mulai lelah
Atau mungkin menjadi VGAnya
Yang akan memberi tampilan menarik saat kau menikmati drakor kesukaan
Aku rela jadi apapun..
Asal jangan kau pencet Ctrl + ALT + DEL
Lalu kau pilih end task
Karena aku tak akan pernah rela mengakhiri ceritaku denganmu

  1. Magic Jar

Tahukah kau apa perbedaanmu dengan magic jar?
Magic jar mampu menghasilkan nasi hangat
Yang mengisi lambung laparku
Sementara kamu mampu menghasilkan cinta
Mengisi relung-relung hatiku
Yang rindu akan sosok perempuan sepertimu
Terima kasih untuk setiap kehangatan
Yang kau beri setiap detiknya,
Wahai pujaanku..

  1. Kipas Angin

Melihatmu aku jadi teringat kipas angin di kamarku
Yang selalu berputar-putar menyebarkan kesegaran
Di seluruh ruangan
Hingga aku tak lagi merasa kepanasan
Pun begitu dirimu di kepalaku
Berputar-putar tanpa bosan
Memenuhi imajiku
Hingga aku terlampau rindu
Lalu mabuk karena senyumanmu

  1. AC

Hari ini aku merenungi arti hadirmu dalam hidupku
Ternyata kau mirip seperti AC di dalam kamarku
Jikalau AC mampu menyejukkan ruanganku
Kau senantiasa membawa kesejukan di hatiku
Jikalau AC mati, aku hampir mati kepanasan
Tanpamu, aku pasti mati karena rindu yang terlalu dalam

Sudah dicoba mengirimkan puisi lucu romantis di atas ke gebetan? Kalau misal akhirnya kena timpuk, tolong dipahami bahwa kesalahan bukan pada isi puisi. Namun kesalahan jelas ada di diri kamu yang mungkin kurang tepat memilih timing.

Puisi lucu romantis harus dikirimkan dengan timing yang pas agar langsung mengena di hatinya. Jangan patah semangat ya kalau belum mendapat hasil yang memuaskan!

Puisi Lucu Buat Pacar, Cara Asyik Bikin Si Dia Tersenyum Lebar

Pasangan Serasi

Puisi atau sajak sudah menjadi hal umum untuk mengutarakan perasaan, khususnya rasa rindu dan cinta. Dari zaman Chairil Anwar, Rangganya AADC sampai eranya Dilan, telah terbukti bahwa puisi menjadi sarana paling tepat untuk menyampaikan rasa. Puisi romantis sudah nggak zaman sekarang ini. Perempuan millenial terbukti kurang suka gombalan menye-menye, yang ada kita bakal kena timpuk sandal jepit 12 biji. Biar nggak terlihat terlalu gombal, mending kita kirimkan saja puisi lucu buat pacar.

Nggak bisa bikinnya? Tenang, sudah disiapkan 4 puisi lucu buat pacar yang tinggal dikirim ke si dia. Atau mungkin membantumu mendapat inspirasi dari puisi-puisi ini. Yuk silakan ditengok dulu.

  1. Judul: Sandal

Kamu dan aku seperti sandal
Kanan dan kiri saling melengkapi
Tidak ada sandal yang kanan saja
Tidak ada pula yang kiri saja
Seperti kamu dan aku,
Kita berbeda, namun tetap satu jua
Menuju tujuan yang sama

  1. Judul: Kamu

Kamu itu tak seperti bunga
Ya karena kamu memang bukan bunga
Lagi pula puisi ini memang tentang kamu
Jadi ya semuanya harus tentang kamu
Tak perlu ada bunga, lebah ataupun madu
Seperti yang kubilang puisi ini tentang kamu
Sebagaimana di hatiku yang isinya penuh dengan kamu
Tapi kabarmu hari ini saja aku belum tahu
Duh, jadi rindu…

  1. Judul: Bumi

Bumi itu tak bulat menurutku
Juga tak datar
Karena bumiku itu kamu
Bukankah kamu memang tak bulat
Memangnya tahu bulat?
Kamu pun tak datar
Memangnya jalan depan rumah?
Kamu ya kamu
Yang paling smart mencuri hatiku
Yang paling cerdas masuk ke mimpi-mimpiku

  1. Judul: Tamu Tak Diundang

Tanpa ketok pintu
Tiba-tiba kamu sudah ada di sana
Duduk tenang sambil tersenyum manis
Aku tengok kanan-kiri
Siapa yang sedang kau beri senyuman itu
Aah, untukku kah?
Ku balas senyum itu
Kau tersenyum lebih lebar
Lalu pelan-pelan melangkah
Aku deg-degan…
Sembari bersiap mendapat kecupan
“Maliih, bangun!”
Tiba-tiba suara ibu menggelegar
Belum juga kelar..
Byuuur…
Ternyata cuma mimpi…

Empat puisi lucu buat pacar di atas mungkin bukan yang terbaik, bukan juga yang terlucu. Namun bisa memberikanmu contoh kalau dalam humor juga bisa tersimpan ketulusan cinta yang dalam. Ayo, buat sendiri puisi lucumu untuk si dia!

Puisi Lucu Untuk Sahabat, Kado Terindah Di Hari Persahabatan

Kado Untuk Sahabat

Saling memberi hadiah untuk sahabat memang tak harus menunggu hari persahabatan. Namun ada kalanya hari-hari peringatan tersebut bisa menguatkan bonding antara kita dan sahabat. Kado untuk sahabat pun tak harus selalu berupa benda dengan harga mahal. Sesuatu yang kita buat sendiri bisa jauh lebih berkesan. Salah satunya memberikan puisi lucu untuk sahabat, yang mungkin akan membuatnya tersipu atau malah terpingkal-pingkal.

Buat kamu yang ingin membuat puisi lucu untuk sahabat, tapi bingung harus mulai dari mana. Mungkin 3 inspirasi di bawah ini bisa membantu menyusun puisimu sendiri.

  1. Sahabatku, Cenayangku

Sahabatku,
Aku bahagia dan merasa beruntung
Karena kamu selalu hadir di setiap hari-hari penting dalam hidupku
Entah itu saat aku berduka, atau bahagia
Kau selalu ada
Sahabatku,
Saat malam tiba-tiba terlihat mencekam, sosokmu pun tiba-tiba datang untuk menenangkan
Saat hariku terasa buruk, kau seakan tahu dan tiba-tiba hadir dalam mimpiku
Tak hanya itu…
Saat aku merasa sendiri dan tiba-tiba menggigil ketakutan
Kau pun mendadak ada dalam ingatan
Aku jadi bertanya-tanya
Sebenarnya kamu siapa sih?
Sahabat atau Cenayang?

  1. Doa Sahabat Jomblo

Ya Tuhan…
Sejujurnya aku bahagia melihat sahabatku bersama gebetannya
Tapi Tuhan…
Jika boleh aku memohon,
Jangan dekatkan dia dengan gebetannya…
Kalau sudah kadung dia jalan dengan gebetannya…
Tolong putuskan ya Tuhan
Aku nggak ikhlas dia pacaran
Sementara aku masih sendirian…
Tapi kalau gebetannya naksir sama aku,
Aku sih ikhlas ya Tuhan

Wah, kalau puisinya begini kayanya persahabatan bakal retak ya? Aneh-aneh saja nih yang bikin.

  1. Sahabat Sejati

Sahabat sejatiku
Hilangkah dari ingatanmu…
Stop!
Itu lagu Sheila on 7 kesukaanmu, bukan puisiku untukmu
Aku cuma mau kasih tahu
Buatku kamulah sahabat terbaik
Kau selalu menyediakan waktu dan pelukmu untukku
Saat ku menangis, kau pun menangis
Begitu juga aku,
Saat kau bahagia, aku pun turut bahagia
Ya, meski kadang iri sedikit sih, sedikit aja…

Kita sahabat sejati yang tiada terganti
Saat kau meluncur ke jurang,
Tentu saja…
Aku hanya bisa mendoakan semoga kau baik-baik saja
Sambil teriak dengan nada 7 oktaf,
“Jangan mati, broooo!”

Iya, seberapapun sulitnya hidup kita
Ayo berjuang bersama-sama
Jangan menyerah
Karena kau bukan sandal yang bisa diganti sepatu
Bukan juga topi yang bisa diganti kupluk
Apalagi kayu yang bisa diganti bambu
Kamu perlu tahu,
Kalau nggak ada satu pun yang bisa
menggantikan kamu jadi sahabatku di dunia
Yaa, kalau di akhirat sih beda lagi,
Aku maunya bersahabat sama bidadari…
Bosen jugalah kalau ketemunya kamu lagi, kamu lagi…
Iya kan?

Dari 3 puisi lucu untuk sahabat di atas, mana nih yang jadi favoritmu?

Puisi Lucu Anak SD, Dijamin Bikin Perut Kram Karena Terpingkal-Pingkal

Siapa yang waktu SD suka bikin puisi? Wah, berarti nggak kalah dong dengan anak SD zaman now yang juga senang bikin puisi. Dijamin kamu bakal tertawa terbahak-bahak saat membaca deretan puisi lucu anak SD berikut ini. Hiburan banget deh saat harus di rumah aja seperti sekarang.

Karya anak-anak SD terkadang bersifat spontan, jujur dan tulus. Justru di situlah letak kemenarikannya. Anak-anak SD tidak menggunakan bahasa yang rumit, namun bisa menyampaikan maksudnya dengan baik. Jika kamu sedang suntuk, lelah dan mengalami hari yang buruk, membaca puisi lucu anak SD bisa menjadi hiburan tersendiri.

Judul: Bingung 7 Keliling

Kutatap kertas yang diberikan ibu guru
Putih bersih sepertiku
Kan kata orang-orang anak kecil masih unyu
Tidak ada dosa yang melekat di diriku
Aku pun tak tahu benarkah itu
Namun jika memang belum ada dosa padaku
Mengapa ibu selalu mengomel dan mecucu
Bahkan tak jarang berkata, “Dasar anak kepala batu”
“Nakalnya minta ampun. Susah sekali diberitahu!”
Hampir setiap hari kumendengar teriakan ibu
Aku jadi merasa berdosa karena itu
Padahal kan aku masih anak-anak yang unyu
Seharusnya belum boleh aku merasa berdosa begitu
Ah aku jadi bingung,
Jadi sebenarnya aku sudah berdosa atau belum?

Judul: Lompat Tali

Ana dan Ani main lompat tali
Bahagia sekali
Tertawa riang penuh suka hati
Aku yang melihat dari kejauhan
Jadi tertarik ingin ikutan
Salahkah jika aku ingin ikut merasakan kebahagiaan?
Lalu ku mendekat
Meminta izin main bersama
Geleng-geleng jawabannya
Aku terus mendesak
Meyakinkan bahwa aku tak akan nakal
Namun Ana Ani justru lari menjerit
Pulang ke rumah bapak ibunya
Sambil berkata,
“Tolong Pak… tukang bakso pengkolan maksa ikut main lompat tali bersama kami.”

Judul: Pemuja Rahasia

Akulah pengagum rahasiamu
Dari jauh kuamati dirimu
Menahan nafas melihat segala gerak-gerikmu
Kamu sungguh lucu
Bikin aku senyum-senyum sendiri di bangkuku
Akulah pengagum rahasiamu
Diam-diam aku tahu yang kau tak tahu
Kuamati segala hal di balik punggungmu
Lama-lama aku merasa
Sudah saatnya kau harus tahu
Akulah pengagum rahasiamu
Yang sepertinya sebentar lagi harus tutup buku
Kuberanikan diri mencolek pundakmu
Lalu kuberbisik perlahan,
“Ada kutu di rambutmu.”

Masih baik-baik saja kan perutnya setelah membaca 3 puisi lucu anak SD di atas? Semoga sih aman terkendali ya biar bisa baca puisi-puisi lucu lainnya lagi. Ciaao!

Puisi Lucu Malam Jumat, Usir Aura Angker Sampai Susah Tahan Tawa

Ketika mendengar frasa “malam Jumat”, apa sih yang terlintas di pikiranmu? Frasa populer tersebut memang memiliki dualisme makna yang sangat berbeda. Dari 3 puisi lucu malam Jumat yang ada di bawah ini, dua makna tersebut juga tergambar dengan baik. Makna pertama bisa berarti dengan suasana horor dan mencekam, karena konon saat malam Jumat, apalagi Jumat Kliwon banyak hantu-hantu berkeliaran.

Sementara makna yang kedua bisa berarti agak jorok bagi sebagian orang. Yaitu berhubungan dengan kegiatan orang dewasa yang sering juga disebut dengan “sunah rosul.” Apaan itu? Silakan dipikir sendiri deh. Atau mungkin 3 puisi lucu malam jumat di bawah ini bisa memberimu bayangan apa makna dari frasa populer tersebut dengan lebih ciamik. Mau tahu?

  1. Kisah Sedih Di Malam Jumat

Keringat membasahi pelipis
Badan pegal linu bikin senewen
Seorang teman menepuk pundak sambil berbisik
‘Semangat bro, waktunya sunah Rosul nih, yang kita tunggu tiap saat…”
“Malam ini malam Jumat.”
Mendadak pegal-pegal di badan pun langsung minggat
Terbayang sambutan istri pakai daster you can see warna cokelat
Sampai di rumah, senyum maksimal kupasang di bibir
Berharap istri bakal kasih respon yang bikin hebring
Sayangnya kenyataan tak sejalan dengan imajinasi
Istri mecucu melihat cuan yang kubawa tak cukup buat beli nasi
Kuhibur dia sembari berbisik,
“Malam ini malam Jumat, jangan mecucu dong sayang.”
Eh, istri malah semakin kesetanan,
“Sayang, sayang, kepala lu peyang.”
“Terus kalau malam jumat, aku harus bilang WOW?”
Duh, pegel linu yang tadi sudah hilang
Mendadak perlahan kembali datang
Begitulah keadaan kuli panggul setiap malam
Ada uang abang disayang,
Nggak ada uang abang ditendang
Karena panas dingin udah kadung menyerang
Nyari ganti saja lah di ujung jalan
Ketemu Bang Rojak yang bisa kasih cadangan
Minta satu yang asyik dibuka-buka, bikin melayang
Rambut tipisnya bikin meradang
Biji-bijinya hot semakin mabuk kepayang
Baru asyik-asyiknya terbang,
Eh ditimpuk sandal jepit warna abang,
“Ini jagung rebus nggak pakai utang”
Sungguh nasibku di malam jumat sedemikian malang

  1. Tipu Muslihat Di Malam Jumat

Teringat masa kecilku
Kau tipu aku selalu
Kau paksa aku tidur lebih dulu
Setiap Kamis malam jam tujuh
Katamu saat itu
“Ini malam Jumat, le…”
“Banyak pocong, genderuwo dan sunderbolong berkeliaran.”
“Kalau nggak segera tidur, nanti mereka gangguin kamu lo.”
Wadidaw, diceritain begitu
Ku segera tarik selimut
Anak kecil unyu pastilah takut
Kalau dibilang ada hantu yang nggak punya mulut
Ternyata oh ternyata
Barulah kutahu setelah dewasa
Itu hanya taktik mereka
Biar anak-anaknya cepat terlelap
Lalu bapak ibu asyik bermain di malam Jumat
Dan sekarang,
Karena aku sudah jadi orangtua
Kulakukan dong hal yang sama
Memang benar kata orang bijak
Buah turun tak jauh dari pohonnya

  1. Sunah Rosul

Seikat kangkung direbus matang
Dicocol sambal terasi
Tempe yang digoreng hangat
Senantiasa setia menemani
Apalagi ditambah segelas kopi
Oh, sungguh yummy
Malam Jumat penuh rezeki
Pengennya deket-deket istri
Baru aja mau nyosor pipi
Eh begini bilangnya si doi,
“Sunah rosulnya malam Jumat itu baca Al Kahfi.”
Tadinya hampir jengkel sih hati ini
Tapi nggak jadi
Berganti bahagia mewarnai diri
Punya istri sholihah begini
Alhamdulillah Ya Robbi.

Semoga puisi lucu malam Jumat di atas bisa menghibur di Kamis malam penuh berkah ini ya. Sampai jumpa!

Puisi Lucu Ketawa Bergenre Makanan, Dijamin Bikin Kamu Kenyang Meski Masih Lapar!

Sebentar lagi mau masuk bulan puasa, mau tahu cara asyik untuk mengisinya? Biasanya di detik-detik menjelang berbuka, perut sudah semakin melilit, otak juga mulai kehilangan konsentrasi. Coba deh baca 3 puisi lucu ketawa di bawah ini, pasti bisa mengalihkan rasa laparmu.

Tiga puisi lucu ketawa ini sepertinya disusun oleh penulisnya memang menjadi hiburan kala rasa lapar menyerang. Tema yang diambil pun tentang makanan. Untungnya karena puisi-puisinya lucu jadi nggak tambah bikin lapar, tapi justru bakal bikin tertawa ngakak.

Judul: Menanti

Menanti…
Itulah yang terjadi
Setiap jam lima sore lebih sedikit
Di depan rumah ku berdiri
Tengok kanan tengok kiri
Mencari bayangmu yang memenuhi hati
Sungguh tak sabar ingin segera bertemu
Menuntaskan rinduku padamu
Oh, siomay kesayanganku
Sungguh tiada tandingan rasanya
Hanya kamu yang akan kusuka selamanya
Meski bunda selalu berkata
Jangan banyak-banyak sambal kacang dan saosnya
Aku sih iyain saja
Tapi diam-diam tetap beli sesuai selera
Ha ha ha ha
Anak bandel sepertiku, jangan ditiru ya!

Judul: Rindu Hangatmu

Hujan turun dengan derasnya
Menggigil ku dibuatnya
Tapi tak pernah aku lupa
Nasihat dari ibunda
Setiap kali hujan datang
Ku akan panjatkan doa,
Allahumma shoyyiban nafiian
Air terus menderas tiada terkira
Selimut pun tak sanggup lagi menghangatkan
Saat dingin seperti ini
Bayangannya melintas berkali-kali
Memenuhi pikiranku
Sungguh hanya dia yang mampu
Menjadi obat untuk rasa dinginku
Hangatnya selalu buat ku merindu
Namun mengapa dia tak tahu
Sungguh aku sangat menginginkannya di hatiku
Oh, wedang ronde…
Begitu kejamnya dirimu
Mengapa kau hanya hadir memenuhi ruang imajiku
Saat aku sungguh membutuhkanmu

Judul: Makanan Anak Zaman Now

Sungguh pusing ku dibuatnya
Tutup mulut selalu jadi andalannya
Saat jam makan tiba
Sudah kulakukan segala cara
Guna membujuknya
Didorong ke sana sini naik kereta
Diajak nonton TV segala acara
Masih tak mempan,
Kubuka saja channel Youtubenya Atta
Tetap saja mulutnya tak mau membuka
Tak tahukah dia
Kaki jadi kepala
Kepala jadi kaki
Hanya untuk menyediakan semangkuk makanan penuh rasa
Juga penuh gizi tiada duanya
Dari salmon, brokoli, hingga buah naga
Tapi dia sungguh tak perasa
Semuanya dilepeh tiada guna
Tapi begitu aku bertanya,
“Mau pizza?”
Eh dia langsung tertawa
Matanya membesar tanda bahagia
Dasar balita zaman now
Tahu aja makanan enak
Tekor deh nak uang belanja emak!

Sudah selesai membaca 3 puisi lucu ketawa di atas? Bikin ngakak kan? Atau malah semakin lapar? Sabar nggak lama lagi sudah bisa makan kok. Semangat ya!