Kucingku

Puisi Lucu Anak SD

Puisi lucu anak SD bisa menjadi sebuah humor yang cukup menghibur. Puisi yang ditulis oleh anak SD juga bisa menjadi wujud ekspresi perasaan yang dirasakannya. Atau bisa jadi puisi tersebut merupakan suatu keinginan yang terpendam dan belum sempat untuk disampaikan kepada orang tua, keluarga, atau temannya.

Puisi anak SD biasanya sangat mudah untuk dipahami, baik dari segi isi maupun maknanya. Mengingat penggunaan kata pada puisi tersebut merupakan kata-kata ringan sehari-hari sehingga sangat mudah untuk dipahami. Seperti yang diketahui, kata anak SD masih terbatas sehingga terkesan sederhana.

Selain itu, kemampuan menulis anak SD juga belum berkembang dengan sempurna. Mereka masih akan terpengaruh dengan kebiasaan ataupun kesukaannya. Sebagai contoh jika anak-anak menyukai tanaman, pasti mereka akan menuliskan puisi dengan tema tanaman, jika menyukai tentang hewan peliharaan maka mereka akan cenderung menuliskan tentang kucing atau burung.

Contoh Puisi Lucu Anak SD

Berikut ini salah satu contoh puisi lucu yang bisa kamu jadikan referensi sehingga kamu bisa dengan mudah membuat puisi karya kamu sendiri atau mengajari adik kamu untuk membuatnya. Contoh tersebut yaitu sebagai berikut.

Judul: Kucingku

Oh kucingku
Bulumu begitu halus dan lembut
Ekormu panjang menjulang
Hingga membuatku senang untuk mengelusmu sepanjang hari
Saat akan berangkat sekolah, aku mengelusmu
Saat pulang sekolah, aku kembali mengelusmu
Saat siang hari, sore hari hingga malam hari aku selalu mengelusmu
Hingga ibu ku berteriak
Jangan elus kucing terus
Sana kerjakan PR mu

Contoh puisi anak cenderung lebih simple, kata-kata yang digunakan juga akrab digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Tema yang diambil bisa apa saja dan berdasarkan pengalamankan ataupun apa pun yang mereka rasakan dan senangi. Bisa disimpulkan bahwa untuk menentukan tema puisi anak SD mencakup seluruh aspek kehidupan anak-anak.

Menulis puisi yang dimulai sejak dini atau sejak anak duduk dibangku SD dapat mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan motoriknya terlebih motorik halus. Di mana anak akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam dunia sastra dengan menulis puisi lucu anak SD tersebut.