Kehabisan Kue

Puisi Lucu Idul Fitri

Ide cerita untuk puisi lucu Idul Fitri bisa berasal dari peristiwa unik dan lucu saat lebaran bersama keluarga. Saat lebaran tiba, kita biasanya akan berkumpul dengan sanak saudara yang jarang bertemu. Tradisi mudik lebaran menjadi momen berharga untuk kembali berkumpul bersama keluarga di hari yang fitri.

Saat-saat inilah akan ada banyak anggota keluarga yang menceritakan hal-hal unik yang pernah dialami. Bertukar cerita jadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Semua orang bisa tertawa bersama sambil mencicipi makanan khas lebaran setelah sebulan penuh berpuasa. Semua pasti sepakat bahwa inilah waktu yang sangat berharga dan selalu dinanti setiap tahunnya.

Masa-masa lebaran banyak menghadirkan kenangan indah yang bisa dituangkan dalam sebuah puisi. Bahkan, kamu juga bisa menciptakan puisi lucu Idul Fitri untuk mengenang hal-hal lucu yang terjadi saat lebaran. Jika sudah ditulis, puisi lucu itu bisa dibacakan di depan semua keluarga agar mereka terhibur dan suasana jadi makin menyenangkan.

Di bawah ini adalah contoh puisi lucu di hari lebaran untuk sumber ide ketika kamu sedang memulai membuat puisi.

Judul: Kehabisan Kue

Malam lebaran kan segera tiba
Malam yang ditunggu-tunggu umat muslim sedunia
Aku pun tlah menunggu sejak lama
Karena esok akan hadir sanak saudara

Toples lebaran telah berjajar rapi
Ada nastar, putri salju, hingga aneka roti
Toples lebaran akhirnya dikeluarkan
Setelah lama hanya tersimpan

Ibu membuat aneka kue lebaran
Rasanya begitu lezat di lidah
Aku dan adikku tak kuasa menahan
Tak terasa semua kue tandas sudah
Ibu marah
Lalu akhirnya beli kue di pasar
Untuk malam lebaran

Puisi di atas bercerita tentang pengalaman penulis yang cukup unik. Ia dan adiknya tanpa sadar menghabiskan kue buatan ibunya. Padahal seharusnya kue-kue tersebut akan menjadi hidangan di hari lebaran. Tetapi justru kue yang sudah disiapkan malah tak tersisa. Cukup kreatif dan lucu, ya puisinya.

Semua orang belum tentu bisa menulis puisi. Tetapi semua orang bisa menikmati puisi, apalagi jika dibungkus dengan cerita lucu yang mengundang tawa. Namun, dengan berlatih, siapapun bisa menciptakan puisi dengan baik. Pengetahuan akan diksi yang luas jadi kuncinya. Dengan begitu, membuat puisi lucu Idul Fitri bisa dilakukan oleh siapa saja.