Kumpulan 15 Puisi Lucu Pendek dan Gokil

Karya sastra bisa menjadi salah satu inovasi di kala waktu senggang. Penggunaannya tak hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Namun, bisa mengasah otak, kreativitas, hingga mengemukakan pikiran secara bebas. Penggunaannya juga sangat luas mulai dari puisi, pantun, cerpen, hingga beragam karya lain yang sarat akan makna di dalamnya.

Salah satu jenis karya sastra yang banyak digeluti orang adalah puisi. Jenis ini mudah ditemukan dalam mulai dari pembahasan nasihat hidup, perumpamaan, hingga hal lain yang terkadang sulit dipahami. Saat ini, karya sastra tak diisi dengan hal yang berat saja karena telah hadir puisi ringan yang sifatnya menghibur kamu semua.

Puisi lucu bisa menjadi salah satu jenis karya sastra yang ringan, tak selalu mengusung konsep berat yang membutuhkan proses analisa mendalam. Puisi lucu digunakan untuk keperluan hiburan dari pekerjaan yang menjemukan dan aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Sehingga kehadirannya menjadi pelipur kegundahan semua orang.

Melalui puisi lucu, setiap orang yang membacanya akan terpingkal-pingkal sembari mengeluarkan ekspresi mimik pembacaan puisi terbaik. Hal tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan mental pribadi seseorang. Sehingga tak heran jika kehadiran puisi ini tak bisa dilupakan dari semua masalah yang menimpa.

Tema yang dibawakan dari puisi juga begitu beragam mulai dari puisi cinta hingga puisi lucu ungkapan anak kedokteran. Puisi cinta menjadi jenis yang paling disukai karena sangat relevan dengan kehidupan sesorang. Ada banyak penggambaran puisi lucu tentang cinta, mulai dari saat jatuh cinta hingga saat patah hati itu tiba.

Puisi lucu juga biasanya akan menggambarkan hal-hal secara unik dan menarik seperti curahan hati anak kampus yang kewalahan akan tugas yang menumpuk. Biasanya setiap bagiannya akan menggelitik orang yang membaca, karena merasa sesuai dengan apa yang sedang dialami. Puisi lucu juga menggunakan prinsip analisa yang ringan dan mudah dicerna.

Penggunaan puisi lucu bisa menjadi sarana hiburan yang mudah didapatkan. Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan hal-hal seru seperti membaca puisi. Selain itu, kamu juga bisa membuat puisi sendiri karena kini telah banyak media penyaluran aspirasi yang bisa digunakan. Berikut beberapa kumpulan puisi lucu yang siap menemani harimu.

Puisi Lucu Pendek

Menyesal

Puisi merupakan media yang digunakan untuk menerangkan isi hati. Terkadang pada beberapa puisi dibuat memang menggambarkan suasana tertentu. Mulai dari jenaka hingga serius. Namun, saat ini puisi yang memiliki sifat jenaka lebih disenangi. Karena dinilai lebih mampu dipahami oleh kalangan awam. Berikut ini merupakan beberapa puisi lucu pendek yang tentunya akan mengocok perut kamu, namun memiliki makna.

Judul: Meratapi Bayangan

Saat aku terpejam
Aku menengok keluar jendela
Aku tak bisa tidur mengingat berbagai hal yang menusuk pikiranku
Mulai senja hingga malam menjelang
Terdapat bayangan hitam mengikutiku tanpa henti
Dia berwujud sama sepertiku dan bergerak sama sepertiku
Payah… ternyata dia bayanganku sendiri

Puisi tersebut merupakan puisi jenaka dengan lirik yang rapi. Kesan lucu akan didapatkan setelah selesai membaca keseluruhan puisi. Terdapat seseorang yang tidak bisa tidur dikarenakan ia merasa di ikuti. Ternyata setelah dipikirkan, bayangannya sendiri. Puisi ini menyajikan unsur lucu, dimana si tokoh terlalu berburuk sangka dan tidak menyadari bayangannya sendiri.

Judul: Menyesali Pandangan

Pagi itu aku pergi keluar
Memandang keindahan langit yang membuat mata tertunduk
Kulihat seorang rupawan menggerai rambut lurus sebahu
Kulit seputih susu kambing baru dengan tinggi semampai
Ku bilang dalam hati, bahwa gadis itu sempurna
Ku dapati di depannya lalu ku tengok penuh harap
Saat aku melirik, ternyata dia waria yang menjelma wanita
Aku terjatuh tergeletak tak sadarkan diri

Dalam puisi tersebut jjuga menyimpan unsur lucu yang tentunya menggelitik. Berceritakan seorang anak muda yang berjalan pagi dan bertemu dengan gadis cantik. Namun, betapa kagetnya dia ternyata gadis tersebut separuh pria.

Dua puisi diatas merupakan puisi lucu pendek yang bisa kamu nikmati. Saat membacanya tentunya akan membuat tertawa seharian. Pemilihan bahasa memang disesuaikan dengan bahasa anak muda. Jadi, akan sangat mudah dimengerti.

Puisi lucu pendek tersebut bisa dijadikan pula sebagai referensi apabila kamu ingin membuat model puisi lucu. Salah satu yang menjadi ciri khas dari puisi lucu adalah makna jenaka yang terkandung di dalamnya.

Puisi Lucu Dan Gokil

Puisi lucu dan gokil memang selalu menarik perhatian. Puisi dengan isi jenaka memang memiliki kebahasaan yang unik bahkan kadang absurd. Tetapi juga isi yang diberikan mampu menjadi penghilang stres paling ampuh. Kelucuan yang dipadukan dengan puisi memang memiliki tingkat yang berbeda. Lebih berkualitas namun tetap memiliki kesan lucu. Kesan lucu bisa bervariasi. Bisa pada pertengahan. Bisa juga pada akhir puisi. Berikut ini beberapa puisi yang lucu dan juga gokil.

Judul: Merasakan Kehangatanmu

Pusing bukan kepalang rasanya kepalaku
Aku pun berjalan tanpa alas kaki menuju ujung jalanan sempit
Kulihat terdapat bangunan terbuat dari kayu terlihat baru namun kotor
Bangunan dihuni hewan ternak dengan suarra menggelegar
Aku tetap berjalan kemudian kumerasakan kehangatan
Berada di bawah telapak kaki besarku
Kulihat terdapat benda lunak dengan warna dominan hitam
Ternyata itu kotoran sapi

Puisi tersebut menggambar seorang tokoh yang pusing dan linglung, namun seketika ia dikejutkan dengan kotoran sapi yang diinjak. Suasana tegang berubah menjadi jenaka dalam seketika. Apabila dilihat lebih lanjut, sebenrnya puisi tersebut memiliki arti yang lucu dari awal.

Mulai dari berjalan tanpa alas kaki, kemudian menemui bangunan yang dihuni hewan ternak dengan suara besar. Tentu bagi para pembaca akan langsung merasakan kelucuan dari bait tersebut.

Judul: Terpeleset

Unik memang rasanya
Ketika kau terjatuh namun mereka semua menertawakanmu
Bukan lagi rasa malu, rasa pipi memerah pun ikut malu
Aku tak berhati-hati
Hanya memandang ke sekelilingku
Tanpa kusadari dibalik kelengahanku
Aku menginjak kulit pisang dan terpeleset
Bukan sedih tapi lucu ketika mengingatnya

Peristiwa yang dialami sang tokoh bisa dibilang sangat lucu yang terdapat pada puisi lucu dan gokil tersebut. Ketika dia hanya berfokus pada keadaan sekitar, namun tidak memperhatikan sesuatu yang ada di bawah kakinya. Dia menginjak kulit pisang dan terpeleset. Bukan hanya sakit tapi malu yang dirasakan.

Puisi lucu dan gokil umumnya memiliki tatanan perisiwa yang absurd. Kadang pada beberapa bagian, pembaca harus menuntaskan bacaan hingga akhir jika ingin memahami lebih lanjut terkait dengan puisi.

Puisi Lucu Malam Minggu

Malam Minggu Pacaran

Malam minggu memang selalu menjadi malam favorit bagi para kekasih. Malam minggu merupakan malam perjumpaan setelah sekian lama harus menanggung rindu. Pada malam inilah umumnya para remaja meluapkan rasa rindunya. Mulai dari nonton bioskop dan hal yang lainnya. Terdapat pula puisi lucu malam minggu yang tentunya akan membuat kamu semakin merindukan malam minggu di tiap pekan. Berikut ini puisinya ya.

Judul: Lupa Tak Punya Pacar

Malam minggu ini diguyur hujan deras
Terlanjur ku tenggelam dalam rutinitasku
Membawa bunga, membeli cokelat
Ku kenakan mantel hijau dibalut renda hitam
Ku lajukan kendaraanku dan ku parkir tepat di depan gerbangnya
ku ketuk ucapkan salam dan pintu terbuka
Saat ku melihatnya, aku lupa kalau kemarin kami sudah putus

Jika diperhatikan dari judulnya saja sudah mengandung unsur lucu yaitu lupa tak punya pacar. Sang tokoh lupa kalau dia sudah putus dengan kekasihnya. Karena setiap malam minggu selalu melakukan rutinitas yang sama, sehingga dia melakukannya kembali dan mengunjungi rumah pacarnya.

Judul: Menjadi Dungu

Tepat satu minggu aku dengannya
Saling bertukar hati dan saling memandang asmara
Malam ini malam minggu
Layaknya kekasih saling bertemu
Ku bingung membawa bunga apa cokelat atau keduanya
Aku tidak tau apa yang ia kehendaki
Akhirnya aku tak bawa apapun
Saat bertatapan aku hanya menunduk membina kebodohanku
Dan iya saja… aku menjadi dungu saat berhadapan dengannya

Memang apabila hati telah di mabuk asmara, sering kali membuat orang menjadi lupa bahwa dia memiliki banyak sekali kemampuan. Menjadi bodoh di hadapan orang yang dikasihi adalah inti dari puisi tersebut. Meskipun secerdik apapun dia, namun apabila telah di benturkan dengan hati. Maka kecerdikan akan lenyap.

Puisi lucu malam minggu selalu berkaitan dengan suasana hati para pemuda. Banyak yang mengalami hal lucu dan gokil di malam minggu. Oleh karena itu, setiap peristiwa yang terjadi di malam minggu sangat menarik untuk di ulas.

Penuangan puisi lucu malam minggu memang biasanya berkaitan dengan keadaan yang sering terjadi. Puisi tersebut bisa dijadikan referensi bagi setiap orang yang ingin menjadi lebih puitis dalam menyikapi kisah asmara di malam minggu.

Puisi Lucu Anak Sekolah

Anak SMA Hits

Masa sekolah masa dimana kegiatan pembelajaran bersama teman sangat mengasyikkan. Mulai dari belum terpikirkan beban hidup, kemudian selalu bersenang-senang bersama dengan teman. Guru di sekolah juga memberikan dukungan yang membuat sekolah menjadi lebih asyik. Bahkan banyak yang menuangkan berbagai keistimewaan saat di bangku sekolah dengan bentuk puisi lucu anak sekolah.

Penuangan dalam bentuk puisi dinilai mampu memberikan banyak cerita namun dalam bait yang singkat. Berikut ini merupakan beberapa puisi lucu yang menggambarkan anak sekolahan.

Judul: Bertepuk Bahu Selisih

Ku buka lembaran kertas putih berbubuhkan tinta hitam
Ku urutkan setiap jenjang angka
Aku terkejut tak satu pun ku dapati aku mampu
Kupalingkan wajah ku pejamkan mata seketika otakku bekerja
Ku gerakkan tanganku
Ku tepuk selisih bahu temanku
Lalu ku bisikkan… nomor 3 apa jawabannya

Pada puisi tersebut menceritakan seorang anak yang kesulitan pada saat menjawab soal ujian yang diberikan. Sehingga dia berusaha bertanya kepada temannya terkait dengan jawabannya. Tingkah lucu terebut di paparkan dalam bentuk puisi ringan dan unik serta mudah dipahami.

Judul: Lupa PR

Masih ku ingat decak kagum pertandingan semalam
Ku lihat Leonel Messi bintang favoritku
Kembali menjebloskan bola ke gawang musuh
Ku lihat para penonton pendukung berteriak kagum
Bahkan aku mendengar suara mereka meneriakkan namaku
Seketika aku terkaget karena bu guru yang memanggilkan
Bu guru bertanya PR yang aku lupa kerjakan
Aku menunduk dan bu guru memarahiku

Puisi tersebut mengungkapkan hal yang sering terjadi. Dimasa seorang siswa lebih mengutamakan menonton televisi hingga melupakan tugas rumahnya. Kelucuan terletak saat si tokoh melamunkan pertandingan pada malam hari kemudian lamunannya buyar saat guru memanggil.

Sebenarnya banyak sekali peristiwa di bangku sekolah yang menggelitik dan bisa dituangkan dalam bentuk puisi lucu anak sekolah. Mulai dari siswa yang terlambat, lupa PR hingga kesulitan menjawab soal ujian.

Puisi lucu anak sekolah mengingatkan kembali pada masa-masa sekolah. Bergurau dengan teman dan penuh keceriaan. Puisi tersebut dapat digunakan sebagai pengingat kenangan masa di sekolah dan pastinya dapat digunakan sebagai referensi pembuatan puisi.

Puisi Lucu Untuk Anak SD

Anak SD Pulang Sekolah

Masa-masa sekolah di zaman SD memang sangat asyik untuk bermain bersama dengan teman. Peristiwa-peristiwa yang ada pada zaman SD memang sangat menarik jika didokumentasikan dan dikenang. Bentuk dokumentasi bisa dituangkan dalam puisi lucu untuk anak SD. Namun apabila puisi tersebut dikhususkan untuk anak SD maka tata bahasa yang digunakan juga lebih jenaka. Agar bahasa menjadi lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini puisi untuk anak SD.

Judul: Mencium Bau

Permainan sepak bola menjadi primadona sekolah
Tak terasa jika tidak melakukan pertandingan kelas
Selesai… duduk termangu menanggung lelah
Tak sengaja lewat bau tak sedap
Saling toleh menyalahkan
Ternyata bau keringatku sedari siang

Puisi tersebut sangat lucu dan memiliki makna jenaka. Dimulai dari tata bahasa yang mudah dipahami. Dalam puisi tersebut, pada saat setiap anak kelelahan bermain bola, mereka duduk bersama untuk melepas lelah. Namun, tidak lama setelah itu, tercium bau tak sedap. seketika setiap anak langsung menyalahkan. Namun, ternyata bau tak sedap berasal dari keringat sang tokoh.

Judul: Dagelan Siswa

Ada rasa lelah yang membingkai
Saat belajar dari pagi hingga siang
Kala itu … keadaan siang tak ada guru
Aku menjelma menjadi guru dan bernyanyi
Semua siswa bersorak meneriaki
Lalu … pundakku tersentuk tersentak
Ada guru mengamati di belakangku

Dalam puisi tersebut terdapat cerita dimana tokoh yaitu siswa sedang melakukan lawakan pada saat tidak ada guru. Pada saat bernyanyi, sang tokoh tidak menyadari kalau di belakangnya ada guru. Momen lucu ini pasti sering terjadi pada saat SD.

Setiap puisi lucu untuk anak SD pasti memiliki pesan yang ringan dan mudah dipahami. Hal tersebut sesuai dengan fungsi dari puisi yaitu menyampaikan suatu pesan melalui sastra. Pesan disampaikan semudah mungkin dengan tujuan setiap orang bisa merasakan peristiwa saat SD.

Penuangan beberapa momen yang paling umum dalam puisi lucu untuk anak SD memang berfungsi untuk nostalgia kenangan di masa lalu. Puisi tersebut dapat digunakan sebagai referensi bagi yang ingin membuat puisi lucu dengan tema anak SD.

Puisi Lucu Facebook

Facebook Lucu

Facebook menjadi media sosial yang berfungsi untuk menuangkan berbagai keluh kesah. Facebook dibuat sedemikian mungkin dan dirancang dengan epik sehingga mampu digunakan sebagai alat komunikasi secara online. Salah satu komponen yang paling penting dalam Facebook adalah status. Banyak yang mengisi status dengan puisi-puisi dan sebagainya. Berikut ini beberapa puisi lucu Facebook yang bisa dijadikan rekomendasi ketika ingin menulis status.

Judul: Asmara Sepihak

Kata orang sangat sulit melepaskan benang yang kusut
Namun bagiku sangat sulit untuk membaca perempuan
Kata orang sangat pahit rasanya kopi tanpa gula
Namun bagiku sangat pahit saat harus mengalami penolakan
Kata orang memiliki cinta sebelah tangan sangat menyakitkan
Namun bagiku memang benar
Cinta seharusnya ditunjukkan pada kekasih bukan pada sebelah tangan

Sebenarnya untuk puisi tersebut memiliki makna yang mendalam pada bait pertama hingga keempat. Namun pada bait kelima dan terakhir, puisi memiliki humor yang absurd. sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk puisi lucu Facebook.

Judul: Buta

Cinta mampu mengubah musik
Musik fales menjadi merdu
Cinta mampu mengubah perempuan
Perempuan tak baik menjadi baik
Cinta juga mampu merubah penglihatan menjadi buta
Namanya cinta buta

Sebenarnya yang dimaksud dari puisi lucu tersebut adalah penggunaan kata cinta itu buta diterapkan langsung secara tekstual. Sebenarnya makna dari cinta itu buta dikarenakan dunia teralihkan oleh cinta. Bahkan manusia sering diperbudak oleh cinta. Namun, dalam puisi tersebut, cinta diartikan buta atau kehilangan pandangan secara nyata.

Pada saat menuangkan perasaan berbau jenaka dalam sebuah puisi maka yang perlu dilakukan adalah mengerti arah yang ingin dituju. Setelah arah yang ingin dituju telah tentu maka puisi dapat disusun. Penggunaan tata bahasa disarankan memilih yang sedikit absurd, namun tetap memberikan pemahaman pada masyarakat luas.

Berbagai karya tersebut bisa digunakan untuk menulis puisi lucu Facebook. Dapat digunakan sebagai status atau story. Sudah dipastikan setiap orang yang melihatnya akan langsung tertawa. Hal tersebut dikarenakan makna jenaka yang terkandung dalam puisi.

Puisi Lucu Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan doa dan juga salah satu bulan yang paling mulia. Pada saat Ramadhan, setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa dalam jangka waktu satu bulan sebelum akhirnya meraih kemenangan pada saat lebaran atau idul fitri. Momen-momen bulan Ramadhan memang memiliki keindahan tersendiri. mulai dari sahur hingga berbuka. Oleh karena itu, berikut ini penuangan momen dalam puisi lucu Ramadhan.

Judul: Belum Sahur Udah Buka

Ku senyapkan handphone di balik bantal
Kupasang waktu hingga menjelang sahur
Dengan harap ku mampu terbangun
Sebelum memejam kulihat melalui tengah malam
Dan aku lupa
Aku lupa tidak sahur
Karena tidur terlalu singkat dengan kantuk yang panjang

Dalam puisi tersebut memiliki kesan lucu pada bagian sang tokoh yang lupa untuk sahur karena terlalu lama bermain handphone. Karena terlalu asyik, dia tidur setelah lewat tengah malam. Karena rasa kantuk yang sangat berat, meskipun telah dipasang alarm pengingat waktu, namun si tokoh tetap tidak bangun. Akhirnya terlupa makan sahur.

Judul: Es Manis

Setiap siang
Selalu terbayang es manis dengan campuran susu tarik
Membayangi pikiran hingga terpikat menu buka
Hanya menelan ludah menutup rapat mulut
Ku tahu saatnya berpuasa menahan haus
Namun, es manis tetap menghantui
Ku tinggal tidur agar terlupa
Lagi-lagi dalam tidur ku mimpi es manis
Sungguh es manis ujian berat saat menahan diri

Makna lucu yang diberikan oleh puisi tersebut terdapat pada saat dimana sang tokoh selalu terbayangi dengan es manis. Bahkan meksipun telah berupaya memejamkan mata dan tertidur, lagi-lagi es manis ternyata muncul di dalam mimpi. Hal tersebut kerap menjadi momen lucu dalam Ramadhan. Sehingga sangat menarik apabila dituangkan dalam puisi lucu Ramadahan.

Sebenarnya setiap momen yang dituangkan dalam puisi lucu Ramadhan merupakan bentuk nostalgia masa-masa puasa. Masa-masa kebersamaan bersama keluarga yang hanya bisa dilakukan satu kali dalam setahun. Pembuatan puisi ini bertujuan agar setiap orang kembali mengingat setiap momen Ramadhan yang terjadi dalam hidupnya.

Puisi Lucu Idul Adha

Idul Adha sebuah momen yang bersejarah untuk umat Islam dan salah satu hari raya Islam. Pada saat Idul Adha setiap orang selalu diminta keridhoan hati untuk saling memaafkan dan selalu berkerabat sesama muslim. Banyak kisah dalam Idul Adha yang bisa membangkitkan selera humor. Oleh karena itu, beberapa kisah dibuat sejenaka mungkin dalam puisi lucu Idul Adha.

Berikut ini merupakan puisi dengan kesan lucu yang berisi momen-momen idul Adha.

Judul: Lupakan Dulu Sejenak

Aku tahu kamu memikirkanku
Kamu tahu aku juga memikirkanmu
Kau takut aku mengunjungimu
Begitu pula aku yang sangat ingin bertandang ke rumahmu
Biarlah utangmu saat ini menjadi semu
Lupakan sejenak dan mari berkumpul menikmati hari raya

Sebenarnya dalam puisi tersebut apabila dibaca pada bagian judul dan bait awal akan memiliki kesan seperti puisi romantis. Namun, pada saat berada pada bait ke-5 dan ke-6, akan tergambar jelas inti dan makna dari puisi bait 1 hingga 4. Puisi tersebut memiliki makna untuk saling berkumpul dan berbaikan serta melupakan sejenak perihal utang.

Judul: Menari Sombong

Bukan maksudku sombong
Ku punya tanah ber hektar yang siap panen
Bukan maksudku sombong
Ku punya banyak hewan yang siap jual
Bukannya sombong
Tapi ku nikmati segala pemberian dan bersedekah
Tapi aku tak kekurangan dan malah ku merasa berlebih

Pada puisi tersebut memang memiliki permainan kata. Pada setiap baitnya, mengandung kata yang unik. Dimana si tokoh mengatakan bahwa dirinya tidak sombong, namun kata-katanya selalu menuju pada kesombongan. Dengan dalih menikmati pemberian.

Setiap puisi lucu Idul Adha memang dibuat dengan tujuan agar yang membacanya merasakan keindahan momen hari raya. Mulai dari bermaafan dan sebagainya. Setiap puisi yang dituangkan memang sebagian besar adalah momen yang sering terjadi pada saat idul Adha.

Penulisan puisi lucu Idul Adha memang berfungsi sebagai bahan referensi bagi setiap orang yang ingin menulis puisi lucu. Sebenarnya penentuan peristiwa terlebih dahulu kemudian dibentuk dalam untaian puisi merupakan langkah yang tepat.

Puisi Lucu Idul Fitri

Lebaran Idul Fitri

Setelah lama menahan diri dari berbagai nafsu amarah dan juga nafsu makan, Idul Fitri merupakan hari raya yang penuh kemenangan bagi umat Islam. Terdapat berbagai peristiwa penting dan terkadang lucu yang ikut serta dalam perayaan tersebut. Penuangan suatu peristiwa dalam bentuk puisi memang lebih mudah dipahami dan lebih menarik untuk dibaca. Berikut ini peristiwa yang dituangkan dalam bentuk puisi lucu idul fitri.

Judul: Bulan Sebelah

Malam itu menanti harap memandang langit
Aku masuk aku keluar aku masuk aku keluar
Kulihat bulan tak nampak pula
Apakah besok puasa
Apakah besok lebaran
Karena putus asa, kupalingkan badan masuk rumah
Ku pencet tombol ku lihat televisi
Dan iya …
Besok hari raya

Kelucuan yang terkandung dalam puisi tersebut adalah terdapat pada kegelisahan yang dialami oleh sang tokoh. Tokoh menunggu hari raya. Namun, tetap ragu karena pada saat melihat bulan tetap saja tak muncul. Namun saat melihat televisi, sang tokoh menjadi senang Karena ternyata besok lebaran.

Judul: Malu Memaafkan

Aku memalingkan pandangan menaruh tunduk
Ku ingat dulu kau pernah meminjam uang padaku
Berat jika ingat kau berhutang tak membayar
Namun ku besarkan hati untuk memaafkan
Karena hari ini hari yang kemenangan
Namun, ku harap kau tak pernah lupa membayar

Pada puisi lucu Idul Fitri tersebut memang memiliki makna lucu jika diamati dari beberapa bait pertama. Maknanya yaitu, berkaitan dengan hutang yang belum dibayar. Sehingga saat dipertemukan prosesi bermaafan sedikit terganggu.

Puisi lucu idul fitri merupakan bentuk dalam penuangan segala bentuk peristiwa lucu yang sering terjadi pada hari tersebut. Setiap peristiwa di dokumentasikan dengan epic dalam bentuk karya sastra. Hal tersebut merupakan bentuk peralihan dari cerita menjadi bait puisi.

Karena tata bahasa yang dimasukkan pilihan, maka puisi memiliki kesan bahasa yang tinggi dan sangat menarik untuk dibaca berulang. Penulisan puisi tersebut tentu saja memiliki tujuan untuk turut memeriahkan hari raya idul fitri. Sehingga menambah berbagai humor agar kehidupan tidak terlalu tegang.

Puisi Lucu Kemerdekaan

Pada saat hari raya kemerdekaan tiba, banyak sekali kampung dan juga anak muda yang turut merayakannya. Salah satu cara yang digunakan untuk merayakan adalah dengan mengusung berbagai kegiatan lomba kemerdekaan. Mulai dari lomba anak-anak hingga dewasa. Namun sangat sering terjadi peristiwa lucu pada saat kemerdekaan yang membuat banyak orang tertarik untuk menuangkannya dalam puisi lucu kemerdekaan. Berikut contohnya.

Judul: Makan Angin

Tanganku di ikat dengan gerak yang sedikit
Mataku tertutup dengan mulut terbuka
Aku merasa di dorong dan berputar ke depan
Ku jinjitkan kaki menggapai kerupuk
Tak kunjung dapat
Mulutku berliur dingin angin masuk
Ku sadari kerupuk terlalu tinggi
Jadi, ku hanya makan angin

Pada puisi tersebut terdapat suatu kelucuan dimana sang tokoh tak bisa menggapai kerupuk pada saat lomba makan kerupuk. Ternyata setelah matanya terbuka, dia menyadari jika kerupuk yang berusaha dimakan terlalu tinggi. Jadi, selama perlombaan hanya makan angin saja. Puisi lucu kemerdekaan tersebut merupakan peristiwa yang sering terjadi.

Judul: Menarik Berat Badan

Aku bingung mengapa dikatakan tarik tambang
Padahal yang bersaing berat badan dan kekuatan
Aku bingung mengapa menggunakan tambang
Padahal banyak tali yang lebih kuat
Namun, akan ku rubah
Nama yang telah melekat sejak pertama dimulai
Tarik tambang menjadi tarik berat badan

Puisi tersebut menyebutkan bahwa penamaan tarik tambang sebenarnya keliru. Karena dalam perlombaan tersebut, tambang hanya menjadi media perantara suatu lomba. Namun yang lebih berperan dalam lomba ini adalah berat badan dan kekuatan masing-masing pemain yang berperan dalam perlombaan. Kesan lucu ketika sang tokoh ingin mengubak kata tarik tambang menjadi tarik berat badan.

Setiap puisi lucu kemerdekaan pasti berkaitan dengan keadaan atau peristiwa yang terjadi pada saat kemerdekaan. Salah satu cara untuk melestarikannya adalah dengan menuangkan dalam bentuk karya sastra, yaitu berupa puisi. Selain mampu mengocok perut, nyatanya penuangan dalam bentuk puisi mampu meningkatkan semangat dalam kemerdekaan. Mulai dari uraian momen hingga uraian semangat kemerdekaan dalam puisi tersebut.

Puisi Lucu Perpisahan

Perpisahan

Puisi lucu perpisahan merupakan puisi yang menceritakan tentang kisah perpisahan dengan kandungan inti puisi berupa kalimat lucu. Kalimat lucu ini biasanya muncul di akhir-akhir puisi karena memang bagian akhir merupakan bagian terpenting dari puisi. Puisi dengan tema lucu saat ini lebih disukai oleh banyak orang, dibandingkan dengan puisi yang terlalu monoton.

Perpisahan memang dikenal sebagai peristiwa yang sangat menyedihkan, namun tidak semua perpisahan memiliki akhir yang sedih. Jika perpisahan membuat hati kamu menjadi sedih, maka lebih baik kamu membaca puisi lucu dengan tema perpisahan. Karena dengan kandungan puisi yang lucu, dapat membuat kamu merasa lebih nyaman.

Contoh Puisi Lucu Tentang Perpisahan

Banyak puisi lucu perpisahan yang dapat digunakan sebagai penghibur ketika mengalami pahitnya perpisahan. Berikut beberapa contoh mengenai puisi lucu dengan tema perpisahan.

Judul: Sihir Perpisahan

Perjalanan yang sudah kita lalui bersama
Sekarang telah sirna menjadi luka
Pandangan ku yang dulu penuh cahaya
Saat ini telah sirna menjadi bara
Rasa cinta yang dulunya ada
Sekarang sirna menjadi lara
Hadirmu telah mengubah sebagian hidupku
Layaknya sihir seorang Harry Potter
Boleh ku tebak satu hal tentangmu
Sepertinya kamu seorang pesulap ya?

Judul: Wartawan Cinta

Jarak telah menjauhkan kita
Perpisahan ini hanya sementara
Namun akibatnya sungguh nyata
Ragamu jauh
Perhatianmu dekat
Dengan menatap layar
Ku dapatkan dirimu sedang bertanya
Bertanya banyak tentang diriku
Sampai dirimu tidak berhenti berbicara
Sungguh dirimu telah mengagetkanku
Apakah dirimu bekerja di wartawan berita?

Judul: Kurus Dengan Mudah

Perpisahan itu berat
Berat seperti barbel
Perpisahan itu berat
Berat seperti angkat beban
Perpisahan itu berat
Berat seperti lari maraton
Perpisahan itu berat
Berat seperti treadmil
Jika ku tau maknanya semakin berat
Ya sudah pasti
Akan aku gunakan moment perpisahan
Untuk menguruskan berat badanku

Contoh puisi lucu perpisahan yang ditampilkan, dapat dijadikan sebagai patokan untuk kamu yang tertarik dalam membuat puisi dengan tema perpisahan. Apalagi jika kamu sedang mengalami perpisahan dengan orang yang tercinta, maka hal ini bisa menghibur untuk move on dari kejadian tersebut.

Puisi Lucu Persahabatan

Persahabatan Beda Suku

Puisi lucu persahabatan merupakan puisi yang mengandung unsur lucu tetapi bertemakan tentang persahabatan. Sudah banyak puisi yang bertemakan persahabatan yang dapat dicari melalui portal apapun. Namun untuk puisi persahabatan yang memiliki cara pengemasan sedikit berbeda, seperti dipadukan dengan kelucuan saat ini masih jarang.

Sahabat merupakan sosok yang selalu ada disaat kita merasa sedih ataupun merasa bahagia. Meskipun wujud dari sahabat tidak selalu ada di samping kita, namun perhatian yang diberikan sahabat pastinya akan selalu ada. Jadi tidak heran, jika sosok sahabat menjadi sosok yang penting dalam hidup kita.

Contoh Puisi Lucu Tentang Persahabatan

Puisi lucu persahabatan dapat digunakan sebagai hadiah untuk sahabat yang selalu menemani kita dalam keadaan apapun. Beberapa contoh puisi yang bisa diberikan untuk para sahabat sebagai berikut.

Judul: Tumbuhan Bergerak

Sahabat selalu ada dikala susah
Sahabat selalu ada dikala resah
Sahabat selalu ada dikala sedih
Kau sempatkan waktu berhargamu
Hanya untuk menemani diriku
Tak ada balasan yang kau dapatkan
Hanya ucapan terima kasih yang mengesankan
Adanya sahabat menumbuhkan rasa mudah
Adanya sahabat menumbuhkan rasa senang
Adanya sahabat menumbuhkan rasa bahagia
Kekuatanmu adalah menumbuhkan
Untuk menghargai itu
Akan ku tanam kau di pekarangan

Judul: Tempat Makan Spesial

Aku memberimu sebuah duka
Duka yang hanya aku rasakan
Tajamnya kesedihan yang menusukku
Membuat diriku sangat membutuhkanmu
Aku memberimu masalah
Masalah yang terus membelengguku
Ketidaknyamananku adalah ketidaknyamananmu
Kau rela menjadi wadah untuk sedihku
Kau rela menjadi wadah untuk masalahku
Jadi akan ku jadikan kau
Sebagai wadah untuk tempat makanku

Judul: Tisu Berkualitas

Kesedihan telah menutupi seluruh wajahku
Kau datang untuk menghilangkannya
Air mata terus bercucuran dipipiku
Kau datang untuk mengusapnya
Masalahku telah mendatangkan flu
Kau datang untuk menyingkirkannya
Jika kau terus menjadi seperti itu
Kenapa kau tidak menjadi tisu saja?

Hadiah sebuah puisi lucu persahabatan dapat menjadi pemberian terindah untuk sahabat kita. Karena kita tahu bahwa puisi merupakan sebuah ungkapan indah yang memiliki arti cukup dalam. Sehingga memberikan hadiah puisi ini kepada sahabat merupakan salah satu hal yang tepat untuk dilakukan.

Puisi Lucu Untuk Orang Tua

Keluarga Ceria

Puisi lucu untuk orang tua bisa dijadikan sebagai bentuk rasa terima kasih atas semua jasa orang tua yang telah merawat kita. Bahkan sebuah puisi saja sebenarnya belum cukup menjadi bagian dari ucapan terima kasih. Namun tidak ada salahnya kita memberikan puisi ini untuk orang tua supaya mereka bisa bahagia hanya dengan mendengarnya saja.

Orang tua memiliki peran penting dalam kehidupan anak-anaknya. Mulai dari kelahiran anaknya, pertumbuhan anaknya bahkan sampai biaya sekolah untuk anak-anaknya. Perilaku orang tua kepada kita merupakan perilaku yang normal diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Begitu banyak pengorbanan yang dilakukan oleh orang tua, sehingga kita tidak pernah bisa membalasnya kecuali dengan membahagiakan mereka.

Sebuah untaian puisi lucu untuk orang tua, memiliki makna yang cukup dalam meskipun disampaikan dalam bentuk kelucuan. Hal ini dikarenakan apapun yang berhubungan dengan orang tua, pastinya akan sangat berharga. Berikut contoh puisi untuk orang tua.

Judul: Penjahit Pakaian Kristal

Dunia ini merupakan dunia baru bagiku
Kemunculanku selalu ditunggu-tunggu
Bahkan kau rela melindungiku
Dengan memberikan sebuah kehangatan
Kau selalu mengurungku
Datang sebuah ancaman yang cukup tajam
Kau siaga menjadi benteng terdepan
Kasih sayangmu selalu menempel padaku
Layaknya pakaian dari bahan kristal
Kenapa kau tidak menjadi penjahit pribadiku?

Judul: Tongkat Ajaib

Kakiku masih kaku
Masih baru dengan dunia ini
Kekuatanku ada pada dirimu
Dengan tenang
Kau datang menolongku
Menjaga kakiku dari ratusan duri
Aku jatuh dengan tertatih-tatih
Tapi kau siap menuntunku
Menjadi tongkat peganganku
Jika aku tau akan tongkat itu
Maka kau akan ku jaga
Di museum pribadiku yaitu kamarku

Judul: Emas yang Menguntungkan

Ku tau kau berharga
Ku tau kau istimewa
Apapun perbuatanmu
Itulah panutanku
Perilakumu menjadi semakin berharga
Layaknya emas limited edition
Jika dijual bukannya lebih menguntungkan ya?

Berbagai perpaduan kalimat sudah digunakan dalam membuat puisi lucu untuk orang tua. Sekarang tinggal bagaimana kita bisa menggunakan puisi ini sebagai salah satu hal yang bermakna. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat puisi seperti ini maka kamu bisa membuatnya dengan gaya bahasa yang lebih mengagumkan.

Puisi Lucu Untuk Mantan

Mantan Kekasih

Ingatkah kapan kamu terakhir membuat puisi? Bagi sebagian orang puisi sering dikaitkan dengan suasana hati yang sedang sendu. Padahal bisa jadi puisi merupakan media untuk mengeluarkan uneg-uneg. Apalagi yang merasa masih punya luka batin yang bikin kesal. Kenapa bikin kesal? Soalnya luka batin sebab mantan terasa lebih humor jika dirasa lebih dalam.

Pernahkah kamu menyadari ada saat seketika kamu bertanya pada diri? Kenapa aku dulu begitu terpuruk saat ditinggalkan? Padahal saat ini pun aku baik-baik saja. Ayolah, tidak perlu galau seperti itu, kami punya sesuatu nih untuk menghibur keadaan hati kamu yang ditinggal saat sedang sayang-sayangnya. Jika kamu tidak tertawa saat membaca puisi lucu untuk mantan berikut ini, coba tanya pada diri sendiri mungkin selera humor kamu kurang terasah.

Judul: Mantan Oh Mantan

Mantan oh mantan
Sejak kapan kau jadi kenangan
Sesaat ada lalu tidak terlihat
Bereinkarnasi menjadi bau yang menyumbat
Disimpan akan jadi sakit
Dikoleksi itu namanya dahsyat
Tidak punya itu kurang berbakat
Mantan oh mantan
Makhluk apakah engkau
Sesaat ku tahu kau merugikan
Ku buang kau ke tempat penampungan
Lalu aku mulai berpikir
Kamu itu kentut atau orang?

Wow sangat menyentuh sekali ya puisi lucu untuk mantan di atas? Sudahkah menghibur hati? Kita pun kurang mengerti bagaimana bisa mantan diibaratkan sama kentut, bukankah terlalu baik. Ah, kita santai saja sekarang karena ada puisi satu lagi yang judulnya “senyum setan”.

Judul: Senyum Setan

Ada senyum yang selalu terngiang
Saat ku tidur ada bayang yang membayang
Saat mata tertutup senyum itu terngiang
Tawanya selalu terdengar
Tak pernah luput dari pikiran
Saat ku putar kenangan
Akhirnya aku tersadar
Eh ternyata senyum setan dari mantan

Bagaimana dengan puisi tersebut? Apakah kita sepemikiran tentang definisi senyum setan? Tidak perlu memikirkan yang sudah menjadi kenangan. Yang pahit biarkan terbuang, masak iya mau disimpan. Buat apa galauin mantan kalau masih ada cadangan. Puisi lucu untuk mantan di atas akan menumbuhkah rasa humor kamu. Bersakit-sakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, buang mantan ke penampungan.

Puisi Lucu Untuk Guru

Setiap orang pasti memiliki guru yang dikagumi, tidak jarang pula guru menjadi sosok yang ditakuti. Untuk kamu yang sedang dalam masa pendidikan, kira-kira apa arti guru? Apakah orang yang selalu memberikan tugas berlebihan? Ataukah sosok yang menginspirasi untuk mengerjakan tugas lewat Google?

Sering kali kita dipusingkan dengan hal yang berbau tugas ataupun PR. Jenuh akan mampir secara tiba-tiba saat pikiran sedang tidak pada tempatnya. Apalagi ketika ada pelajaran membua puisi, bagi mereka yang tidak puitis tentu akan berpikir keras. Puisi adalah salah satu bentuk pelajaran sastra yang diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Maka jangan terlalu berpikir keras tentang itu, cobalah buat gurumu tertawa agar tidak keriput wajahnya. Beberapa puisi lucu untuk guru berikut ini mungkin bisa membantu mengembalikan rasa humor kamu.

Puisi dengan judul buat apa berikut ini juga membuat kita bingung, kira-kira buat apa ya?

Judul: Buat Apa?

Buat apa buat puisi
Guruku mengutus membuat puisi
Sebenarnya buat apa
Aku tetap bingung buat apa puisi
Oh guru
Bagaimana bisa aku membuat puisi
Saat aku tidak tahu harus berbuat apa
Lagi-lagi aku bingung dengan tugas ini
Bingung buat puisi yang seperti apa
Bingung sekali rasanya aku
Dengan tugas yang tak kutahu ini buat apa
Akhirnya ku kumpulkan puisi dengan judul buat apa
Tidak tahunya dapat nilai A

Judul: Pelita

Bagi mereka kau adalah sang pelita
Yang bisa menerangi bagai cahaya
Tanpamu bumi gelap gulita
Guru bagaikan pencerah jiwa
Yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa
Baru ku tahu fakta ini
Jika saja aku sadar sejak dulu
Harusnya aku bawa ke rumah saja
Agar tidak bayar listrik Negara

Judul: Tugas

Aku terdiam di dalam rumah
Tanpa bisa keluar untuk sekedar berjabat tangan
Hanya ada kertas di atas meja
Serta pena di tangan kanan
Tak tahu apalagi yang harus aku tuliskan
Terlalu banyak tumpukan menakutkan
Bahkan layar pipihku menjadi barang mengerikan
Saat tiba-tiba muncul tulisan
“Tugas wajib Dikumpulkan hari ini!”
Apalagi yang lebih mengerikan
Saat guru memberi instruksi dadakan

Contoh puisi lucu untuk guru di atas dibuat agar pembaca terhibur tanpa mengurangi rasa hormat terhadap guru yang berjuang di luar sana. Bagi kamu yang sedang ada dalam masa karantina pasti membutuhkan hiburan. Dengan membaca puisi yang penuh humor kamu bisa sedikit merefresh pikiran dari luapan tugas.