Rumah Atap Jerami

Pantun lucu Indonesia pasti bisa dengan mudah untuk Kamu buat mengingat pelajaran membuat pantun telah dipelajari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Pantun merupakan karya seni yang hampir serupa dengan puisi. Yang membedakan ialah sajaknya, dimana pantun memiliki sajak a-b-a-b.

Pantun terdiri dari beberapa jenis. Seperti pantun jenaka, pantun nasihat, dan lainnya. Bahkan di Indonesia sendiri, kebudayaan berbalas pantun telah melekat erat pada masyarakat, khususnya masyarakat betawi. Salah satunya digunakan pada acara pernikahan adat betawi yang menggunakan prosesi palang pintu. Pengawal mempelai pria biasanya akan berbalas pantun dengan palang pintu dari mempelai wanita.

Contoh Pantun Lucu Indoneisa

Untuk menulis pantun lucu Indonesia, memang harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sebagai referensinya maka Kamu bisa memperhatikan contoh berikut ini agar kemampuan menulis pantunmu makin berkembang.

Pantun 1

Nasi rames, dibungkus kotak
Batu dipahat, malah jadi retak
Tangan saya gemes, kepingin jitak
Melihat kepala Kamu yang botak

Pantun 2

Memasak ikan menggunakan panci
Paling enak bila di campur terasi
Gayanya aja kayak selebriti
Tapi dompetnya tidak berisi

Pantun 3

Di pinggir kolam sambil makan bubur
Jangan lupa tambahkan keripik
Dari semalem aku tidak tidur
Selalu ingat wajah mu yang cantik

Pantun 4

Rumahmu terbuat dari kayu
Atapnya dibikin dari jerami
Rupamu memang sungguh ayu
Tapi sayang kok jarang mandi

Pantun 5

Naik pesawat ke pulau Sumatera
Ada petir tidak jadi terbang
Kalau Kamu ingin tertawa
Tariklah bibir ke arah belakang

Pantun lucu Indonesia memang dapat dijadikan sebagai hiburan. Untuk menciptakan kesan lucu Kamu hanya perlu menggunakan kata-kata sederhana saja. Kamu juga bisa menggunakan kata-kata keren atau gaul sehingga pantun yang Kamu buat akan semakin menarik perhatian orang yang membacanya.

Sebagai kaum cerdik terpelajar, memang sudah menjadi kewajiban untuk kita menyelamatkan budaya berpantun yang menjadi warisan karya sastra Indonesia. Jangan sampai generasi di bawah Kamu tidak mengenal apa itu pantun. Dengan begitu generasi penerus selanjutnya bisa untuk tetap melestarikan dan membuat pantun lucu Indonesia.