Beda Waktu Puasa

Lelucon Islami

Berbicara tentang lelucon Islami, erat kaitannya dengan ibadah, maksudnya disini bukan menyepelekan ibadah atau membuat ibadah menjadi lelucon. Disini lebih ke hal yang positif, berkaitan tentang seseorang yang ada diluar negeri tepatnya di Amerika Serikat dan ingin mengetahui perbedaan waktu buka antara dua negara ini, Indonesia dan Amerika Serikat.

Beda Waktu Puasa Indonesia Dan Amerika Serikat

Lelucon islami ini ada saat bulan puasa, Parno mengunjungi San Fransisco, sebab pekerjaan mendadak dari kantornya. Akhirnya dia yang baru pertama kali berkunjung ke San Fransisco bertanya-tanya dan kepo dengan waktu buka puasa disana. Seperti diketahui bahwa perbedaan puasa di San Fransisco, Amerika Serikat tergantung dari musimnya, sebab disana ada 4 musim, yaitu musim dingin, musim panas, musim semi, serta musim gugur. Waktu itu parno pergi saat musim panas, sehingga berpuasa yang dilakukan cukup panjang waktunya hingga rata-rata 15 jam sehari.

Parno yang menunggu buka puasa yang tidak buka-buka penasaran dengan waktu puasa yang ada di San Fransisco, akhirnya dia menelpon istrinya di Indonesia. .

“Hallo, disana sudah buka puasa atau belum” Tanya Parno dengan orang rumah.

“Kita dirumah sudah selesai sholat Maghrib yah”

“Wah, kayaknya tidak apa-apa deh kalau aku buka puasa, kan aku pernah denger bahwa majelis agama Islam membolehkan Muslim berpuasa sesuai dengan waktu yang ada di negara Muslim paling dekat, atau menurut waktu puasa yang berlaku di Mekah” Tanya Parno dengan percaya diri.

“Mending ayah tanya deh dengan orang yang disana, kan beda tempat beda waktu yah” kata istrinya, akhirnya Parno memberanikan diri menelpon operator Pusat Bantuan untuk menanyakan perbedaan waktu puasa.

“Hello, I wish ask you about time difference betweet San Fransisco and Indonesia, please”, Meski Parno kurang paham bahasa Inggris dia memberanikan diri bertanya.

“Okay, One Minute, Please….” Jawab operator bantuan.

“What, jadi cuma beda satu menit saja waktu antara sini dan Indonesia, wah tau begitu aku buka puasa dari tadi” Parno langsung menutup teleponnya.

Pesan moral lelucon Islami di atas adalah lebih baik mencari tahu terlebih dahulu waktu ibadah di negara yang akan di kunjungi, supaya tidak kebingungan dan ibadah yang dijalankan tidak ada keraguan.