Menolak Dicontek

53

Berita Lucu Bikin NgakakMenolak dicontek oleh teman sekelasnya, seorang siswa nekat mengosongi lembar jawaban ulangannya.

Berita lucu bikin ngakak kali ini datang dari sebuah sekolahan. Contek mencontek menjadi hal yang sering ditemui di sekolahan. Setiap ujian tiba kebiasaan inipun menjamur. Nah, dikabarkan di sebuah sekolah karena masalah ini, seorang siswa (sebut saja Eko) nekat tidak mengisi lembar jawaban ulangannya. Hal ini tentunya menjadi masalah serius mengingat jika lembar jawab tidak diisi akan berpengaruh terhadap nilai ujian. Dengan kosongnya lembar jawab ini maka bisa dipastikan jika dirinya tidak mendapat nilai.

Mencontek memang bukan pekerjaan yang baik. Karena itulah hal ini wajib untuk dihindari. Namun dengan apa yang siswa tersebut lakukan malah menjadi pisau bermata dua bagi dirinya. Alih-alih bisa mendapatkan nilai meski hanya nilai rata-rata, namun karena ketakutan akan diconteki oleh teman sekelasnya, Eko memilih tidak mendapatkan nilai. Dan yang lebih menyedihkan, hal ini tidak hanya terjadi pada satu mata pelajaran saja, namun pada beberapa mata pelajaran.

Ketika diwawancarai, Eko sendiri mengaku jika sebelum ulangan dirinya kerap diancam untuk menconteki teman-temannya. Dan jika dia tidak melakukan ini maka Eko tidak boleh lagi bermain Mobile Legend bersama teman-temannya.

Dikabarkan jika apa yang dilakukan oleh Eko ini adalah wujud protesnya karena dirinya sering sekali dipaksa untuk memberikan contekan kepada teman-temannya. Pemaksaan kehendak inilah yang membuatnya tertekan hingga akhirnya dirinya nekat melakukan hal tersebut. Padahal jelas ini sangat merugikan dirinya.

Contek mencontek dalam dunia pendidikan ini memang harus diberangus sampai ke akar. Siswa harus mendapat doktrin dan pengawasan ketat terkait dengan bahaya dari contek mencontek. Tak hanya menimbulkan trauma pada si orang yang diconteki, namun dengan berkembangnya kebudayaan ini maka secara tidak langsung cara pengajaran guru juga dipertanyakan.

Kenapa dipertanyakan? Ya, ini karena biasanya orang yang mencontek lebih banyak dari yang diconteki. Dan hal ini mengindikasikan bahwa mereka sebagai siswa tidak bisa menerima pelajaran secara maksimal dari para guru. Masalah inipun bisa meluas. Apakah yang bermasalah sang guru yang tidak bisa menyampaikan isi materi pelajaran, ataukah memang penerimaan siswa yang rendah. Hal ini perlu untuk dikaji kembali agar nanti kedepannya tidak ada Eko yang lainnya.

Itulah sedikit sekelumit berita lucu bikin ngakak hari ini yang bisa dijadikan sebagai referensi kedepannya agar kelak tidak ada kejadian seperti ini di dunia nyata.