Toko Mas

Pantun lucu Islami sebenarnya sama dengan jenis pantun lainnya, hanya saja pantun ini lebih bernuansa keagamaan. Biasanya di dalamnya akan terkandung nasihat-nasihat keagamaan yang dikemas dalam bentuk pantun yang lucu. Umumnya, pantun-pantun ini ada di buku SMA atau SMP.

Dalam membuat sebuah pantun tentu ada aturan tersendiri yang harus diikuti. Salah satu aturan pantun yang paling khas ialah bunyi rima yang dihasilkan. Biasanya bunyi ini memiliki pola rumus a-b-a-b atau a-a-a-a, yang tersusun atas sampiran dan isi.

Selain itu, biasanya dalam sebuah pantun normalnya terdiri atas 4 baris. Ini merupakan ketentuan yang berlaku untuk semua jenis pantun. Dan jika pantun yang dibuat tidak sesuai, maka rasanya akan kurang enak ketika di baca.

Contoh Pantun Keagamaan

Pantun lucu Islami berisi kata jenaka, tetapi tetap memiliki nilai yang terkandung di dalamnya bernuansa keagamaan. Kamu bisa membuat pantun seperti ini dengan gayamu sendiri, berikut beberapa contoh pantun Islami yang lucu.

Pergi ke pasar bareng pak Majid
Pulangnya beli pupuk urea
Yuk kita semua pergi ke Masjid
Jangan terus nonton korea

Buka puasa makan duku
Dukunya manis dari pak Maman
Jangan lupa sholat lima waktu
Biar jadi istri idaman

Pergi ke pasar beli tomat
Mampir ke warung beli sandal
Hidup lama tak rajin sholat
Sudah dikubur baru menyesal

Beberapa contoh pantun lucu Islami di atas berisi nasihat-nasihat agar kita semua rajin melaksanakan sholat. Nasihat ini tertulis dengan jelas pada bagian isi dari pantun tersebut. Selain contoh pantun tentang sholat di atas, ada contoh pantun Islami lainnya.

Beli gelang ke toko emas
Beli tempe ke tukang tahu
Menuntut ilmu jangan pemalas
Allah murka baru tahu

Itu apel warnanya merah
Ada juga yang berwarna hijau
Jangan suka marah-marah
Nanti puasanya jadi kacau

Belok ke kanan sen ke kiri
Kerjaannya ibu-ibu
Kekayaan bisa dicari
Tapi iman tetap nomor satu

Ini karpet bukan sembarang karpet
Karpetnya berbulu berwarna putih
Itu dompet isinya hasil nyopet
Hidup tak berkah tak salah lagi

Beberapa contoh pantun di atas, semuanya berisi nasihat islami yang dikemas dalam bentuk pantun jenaka. Jika Kamu ingin membacakan pantun di atas agar terlihat lebih lucu, pastikan dibaca dengan intonasi yang bagus, agar pantun lucu islami di atas bisa terdengar lucu.