Dunia Politik Anti Korupsi

Materi Stand Up Comedy Tentang Politik

Membuat materi stand up comedy tentang politik pastinya harus kita pikirkan dengan baik. Kita harus berusaha bagaimana agar pesan yang ingin kita sampaikan tersampaikan, tanpa ada pihak yang merasa tersakiti. Berikut contohnya.

Ngomongin politik itu memang bukan ranah yang familiar. Politik itu mainan orang tinggi, kayaknya nggak pantas buat orang-orang seperti aku yang tingginya cuma setengahnya mbak Luna Maya. Lika-likunya tidak terjangkau. Sana-sini butuh uang untuk melancarkan urusan. Padahal kalau cuma urusan melancarkan, obat pencahar harusnya cukup ya.

Setiap harinya kita disuguhi oleh berita-berita politik. Kebijakan ini lah, calon kepala daerah yang kena kasus lah, artis yang menjadi anggota legislatif lah, Sule yang mau kawin lagi lah.

Maksudnya… Apa gitu. Bukannya bermaksud masa bodoh tapi politik itu dunia yang baru. Seperti kita memasuki era dimana pintar saja tidak lumrah. Kita harus jeli melihat peluang dan mulai menyerang saat lawan lengah. Lalu bersiap mengulum senyum seandainya kita diputus bersalah, agar simpati masyarakat semakin mengalir melebihi sumpah serapah.

Mereka yang berkedudukan tinggi seakan tak peduli, banyak tangan-tangan yang menengadah meminta bantuan. Pemangku aspirasi tak lagi menjadi penyambung lidah ketika diskusi. Mereka seakan masih terbuai mimpi habis nonton pertandingan sepakbola semalam.

Mohonlah… Bapak ibu yang terhormat. Tugas Anda semua pasti berat. Tapi bukan berarti Anda semua tidak bisa berupaya untuk meringankan beban kami. Jangan lagi ada korupsi karena selain merugikan bangsa, itu juga akan merugikan keluarga bapak dan ibu sendiri. Lagipula, apa enaknya korupsi selain bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan bebas? Bisa punya mobil keluaran terbaru? Bisa beli rumah super mewah di kota besar? Ternyata kok enak banget ya… Makanya yang tergoda juga banyak. Tapi azabnya itu berat pak, bu, Anda sekalian tidak akan kuat. Biar Dilan saja.

Materi stand up comedy tentang politik memang agak sulit. Banyak referensi yang harus dicari karena ranahnya yang cukup luas. Teruslah berlatih membuat materi baru dan coba selalu materi di open mic untuk mengasah percaya diri dan juga sense of comedy kalian.