Balon Besar

Pantun Lucu Kemerdekaan

Lomba membaca pantun lucu kemerdekaan akan menjadi seru dan membuat Perlombaan 17 Agustus nanti lebih unik dari biasanya. Pasalnya selain sebagai upaya untuk melestarikan kebiasaan masyarakat khas Indonesia, berpantun menjadi jembatan untuk menyampaikan sebuah pesan bermakna kepada kalangan luas.

Terlebih kepada generasi muda yang kini mulai luntur jiwa nasionalismenya. Pantun yang notabene merupakan puisi lama memiliki jenis dan tema beragam. Tak pelak tema kemerdekaan menjadi salah satu yang sering diperdegungkan meski sekadar untuk memeriahkan suasana.

Gaya bahasa pantun yang khas dan sederhana tentu membuat siapapun mudah memahami isi yang terkandung di dalamnya. Dengan berbalas pantun kemerdekaan, tentu suasana dalam perlombaan akan semakin hidup, terutama jika banyak kata-kata lucu yang terlontar dari para peserta.

Pantun Lucu Kemerdekaan Penggugah Semangat ala Pahlawan

Pahlawan menjadi orang yang sangat berjasa khususnya pada negara. Pengorbanan mereka patut untuk diteladani terlebih oleh generasi millenial. Berbagai cara bisa dilakukan salah satunya dengan mempersembahkan pantun bertema kemerdekaan yang sarat akan makna mendalam.

Meski terkesan sederhana, namun pantun ini bisa menjadi media alternatif yang mudah dipahami banyak orang. Kamu pun bisa membuatnya dengan gaya unik ala pemuda masa kini, berikut beberapa contoh pantun kemerdekaan.

Balon besar dikira semangka
Warnanya hijau mengkilat layaknya daun basah
Indonesia telah lama menanti hari merdeka
Untuk lepas dari cengkeraman para penjajah

Adik Pardi namanya Makmun
Ketemu di jalan beboncengan
Untuk Indonesia kuucapkan selamat ulang tahun
Moga selalu jaya dan aman

Anak muda suka facebookan
Lucunya sering dijadikan bullyan
Ini hari diperingati sebagai kemerdekaan
Mari kita semua mempererat persatuan

Beli gula di toko sebelah
Bunga langka namanya Raflesia
Jangan kira Kamu bisa memecah belah
Ini negara namanya Indonesia

Beberapa pantun lucu kemerdekaan tersebut tidak hanya sekadar membuat pendengarnya tak tahan menawah tawa. Namun, rangkaian katanya yang unik mampu menghipnotis untuk selalu ingin mendengarnya tanpa henti. Tentunya tanpa mengesampingkan makna yang ada di dalam pantun.

Pantun lucu bertema apa pun memang sejatinya menarik untuk terus diperdengarkan. Apalagi seputar kemerdekaan yang mana semangat seakan meningkat drastis. Sehingga  kemeriahan sekaligus rasa hormat akan jasa pahlawan bisa terpupuk dengan subur dengan hadirnya pantun lucu kemerdekaan.