Karena Saya Che Guevara

Gus Dur merupakan seorang yang mempunyai selera humor yang sangat tinggi. Ini terlihat ketika Gus Dur menjabat sebagai Presiden RI, beliau pernah memberikan guyonan ketika berkunjung ke negara Kuba. Di sana Gus Dur bertemu dengan Fidel Castro yang merupakan pimpinan dari negara Kuba tersebut. Ketika itu, hotel tempat menginap Gus Dur beserta rombongan didatangi oleh Fidel Castro. Seperti yang Kita tahu perbincangan hangat mulai terasa di antara keduanya sampai ke perbincangan yang serius.

Tentu pada momen perbincangan ini Gus Dur memanfaatkan keadaan dengan mengeluarkan jurus andalan yang dimilikinya agar perbincangan tidak terasa membosankan, apalagi kalau bukan guyonan khasnya. Ketika itu, Gus Dur menyampaikan kepada Fidel Castro bahwa dalam satu sel terdapat 3 orang tahanan. Dan mereka saling memberitahu satu sama lain mengenai bagaimana mereka bisa berada dalam sel tersebut.

Tahanan pertama kemudian menceritakan bagaimana kisahnya, yang mana Dia mengatakan bahwa Dia sangat anti dengan Che Guevara. Bagi yang belum mengetahui siapa Che Guevara itu adalah pimpinan perjuangan kaum sosialis yang ada di negara Kuba tersebut.

Baca Juga : Humor Gus Dur Santri Pesantren

Namun tahanan kedua mulai menjawab dengan nada yang cukup geram, yang mana tahanan kedua ini menceritakan bahwa alasan Dia dipenjara karena menjadi pengikut dari Che Guevara. Sehingga antara tahanan yang pertama dan kedua pun terlibat perdebatan satu sama lain. Namun di tengah perdebatan, mereka berdua ingat bahwa tahanan yang ketika belum memberikan penjelasan mengapa Dia bisa sampai di sel tersebut.

Kemudian kedua tahanan tersebut mulai bertanya kepada tahanan yang ketiga ini “lalu Kamu bagaimana bisa masuk ke dalam penjara ini?”, dan tidak disangka-sangka tahanan ketiga mulai menjawab dengan keraguan dalam hatinya, dan mengatakan, “Karena Saya Che Guevara”.

Mendengar guyonan dari Gus Dur itu, Fidel Castro pun tertawa dengan kencangnya setelah tahu isi cerita yang disampaikan oleh Gus Dur kepadanya. Dan itulah sedikit guyonan yang diberikan oleh Presiden RI saat itu, Gus Dur kepada Fidel Castro selaku pimpinan negara Kuba.