Bungaku

Puisi Lucu Untuk Anak SD

Puisi lucu untuk anak SD biasanya sangat sederhana dengan menggunakan kata-kata yang simpel. Tema yang diangkat juga tidak jauh dari seputar kehidupan sehari-hari anak SD. Sehingga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama untuk belajar membuat puisi, anak SD bisa menulis dengan kata-kata sesuka hati mereka.

Asalkan setiap rangkaian kata pada baris puisi memiliki kesinambungan sehingga dapat membentuk arti atau makna yang bisa ditangkap oleh pembaca. Dalam mengajarkan menulis puisi untuk anak SD, guru perlu mengajarkan beberapa hal, seperti ejaan dan juga kesesuaian kalimat. Meskipun bisa membuat secara bebas, namun kalimatnya harus diperhatikan agar tetap padu.

Puisi yang ditulis oleh anak SD juga bisa menampilkan perasaan yang tengah mereka rasakan. Misalnya, pada saat akan ulang tahun maka anak SD akan lebih cenderung menuliskan tulisan perasaan bahagia. Begitu pula jika dia memiliki hewan peliharaan yang sangat disayangi maka besar kemungkinan akan menuliskan puisi tentang hewan peliharaannya tersebut.

Baca Juga:  Kosong

Contoh Puisi Lucu untuk Anak SD

Sebagai contoh ataupun referensi penulisan puisi untuk anak SD maka kamu bisa memperhatikan contoh puisi di bawah ini. Perhatikan dengan baik puisi ini, lalu mulailah berlatih membuat puisi sendiri.

Judul: Bungaku

Oh bungaku yang indah
Kau begitu mempesona
Warna yang kuning dan merah
Merekah sepanjang hari
Bungaku, jangan pernah kau layu
Karena aku sangat menyayangimu
Setiap hari aku akan menyirammu
Dengan air yang dingin
Atau dengan jus jeruk yang menyegarkan
Ah tapi sayang
Lebih baik jus nya aku minum saja

Puisi karya anak SD memang cenderung lebih singkat dan sederhana. Tema yang diangkat juga sangat ringan dan masih berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Meskipun begitu, jika anak SD sudah dapat menulis puisi maka dirinya bisa mengembangkan kemampuan sastra yang dimilikinya.

Baca Juga:  Judulnya Aku

Sehingga semakin besar nanti dan naik ke tingkat sekolah yang lebih tinggi, kemampuan tersebut dapat terus digali dan dikembangkan. Untuk orang tua, wajib memberi dukungan ataupun apresiasi atas prestasi atau karya-karya yang dibuat oleh anak-anak. Sehingga mereka akan termotivasi untuk membuat puisi lucu untuk anak SD.