Rempeyek dikerumuni Semut

Untuk membuat sebuah tebak tebakan lucu bahasa Jawa, tentu tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Apalagi jika kamu bukan orang Jawa asli. Akan sedikit sulit untuk membuatnya karena kamu tidak mengerti bahasanya. Karena, kuncinya adalah mengerti bahasa Jawa itu sendiri.

Jika membuat tebak-tebakan biasa dalam bahasa Indonesia sepertinya akan lebih mudah dilakukan karena bahasanya bisa lebih dimengerti oleh semua orang. Namun, apa jadinya jika dalam keadaan tertentu kamu dipaksa harus membuat guyonan tebak tebakan lucu bahasa Jawa?

Misalnya saja, kamu sedang dalam masa perantauan dan sering berkumpul dengan teman-teman Jawa. Tentu saja kamu tidak bisa ikut bermain tebak-tebakan dengan mereka dan akan terasa kurang asik. Untuk itu, kami akan berikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa membuat teka-teki Jawa yang lucu.

Membuat Tebak Tebakan Lucu dalam Bahasa Jawa

Untuk bisa membuat sebuah tebak-tebakan yang lucu dalam bahasa Jawa, sebenarnya memang gampang-gampang susah. Karena orang Jawa asli sekalipun, kadang tebak-tebakannya masih bisa garing dan kura kena. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa tebak tebakan lucu bahasa Jawa ini.

Panganan opo yen dicokot malah nyokot?
Jawabannya: Rempeyek seng dikerumuni semut.

Soto karo Siti opo bedane?
Jawabannya: Soto mie ne warnanya putih, nek siti mie ne kui ireng.

Manuk opo sing galak lan emosian?
Jawabannya: Bojo jalak.

Manuk opo sing iso nyanyi?
Jawabannya: Manuk’e manuk’e cucok rowo.

Tahukah kamu, bojo artinya istri atau sumi, tergantung konteks pembicaraannya. Tapi di sini konteksnya adalah istri. Memang di mana-mana istri terkenal galak, ya! Tebakan dari berbagai bahasa daerah memang biasanya jauh lebih lucu karena memiliki kosa kata yang lebih banyak dan beragam.

Termasuk dalam tebak-tebakkan berbahasa Jawa ini juga. Kamu bisa membuatnya jika kamu memahami betul penggunaan bahasa Jawa. Atau jika bukan, kamu bisa menggunakan contoh di atas untuk mengusili kawanmu.

Nah dari beberapa contoh di atas kamu bisa mulai berlatih dan mencoba membuat tebak-tebakan berbahasa Jawa dengan karyamu sendiri. Jika sulit menggunakan bahasa Jawa murni, cobalah untuk membuat tebak tebakan lucu bahasa Jawa dengan mencampurnya bersama bahasa Indonesia.