Kumpulan 20 Cerpen Lucu Singkat dan Menarik Paling Baru

Jika kita membahas jenis karya sastra memang ada banyak sekali, salah satunya adalah cerpen. Cerpen atau cerita pendek adalah jenis karya sastra yang tertulis dalam bentuk tulisan cerita maupun kisah. Tulisannya dibuat pendek, ringkas, dan juga jelas. Secara umum, karena pendek, cerpen akan mengisahkan satu jenis konflik saja, sehingga pada sekali duduk akan selesai dibaca.

Cerpen bisa memiliki konflik yang berbeda-beda. Dapat berisi cerita kasih sayang, romansa, kekeluargaan, masalah sehari-hari, atau berupa kisah yang jenaka. Karena penulis cerpen bebas memberikan amanah dan tujuan apa pun kepada pembacanya. Salah satunya adalah cerpen yang lucu atau berisi humor. Tujuan penulis tentunya untuk menghibur para pembacanya.

Cerpen jenaka pun bisa mengangkat tema yang berbeda-beda. Inti dari cerpen humor adalah tetap memenuhi kaidah penulisannya, seperti adanya tokoh dan alur, tetapi bisa memberikan kesan lucu kepada pembacanya. Karena penulis cerpen lucu sendiri ingin memberikan suasana bahagia dan memperbaiki mood bagi siapa pun pihak yang membacanya.

Banyak aktivitas yang bisa digunakan untuk menghilangkan penat. Melakukan berbagai hobi setiap individu juga bisa menghilangkan penat. Apabila memiliki hobi membaca, kamu bisa coba baca berbagai kumpulan cerpen lucu dan singkat untuk menghilangkan penat. Apalagi bila kamu tidak memiliki banyak waktu luang, membaca cerpen yang singkat bisa menjadi pilihan.

Meskipun kadang cerpen lucu memiliki alur yang konyol dan tidak masuk akal, tetapi bagi yang hobi membaca tentunya tidak masalah. Apalagi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan karena aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Kamu bisa membaca sendiri atau bersama teman-temanmu dan keluarga juga untuk mencairkan suasana saat tengah berkumpul.

Cerpen lucu juga terkadang tetap mengandung nilai kehidupan. Tidak selalu berisi hal tidak masuk akal. Jadi kamu tetap bisa memutar otak dan mencari makna apa yang diberikan secara tersirat dari penulis. Berikut ini adalah kumpulan 20 cerpen lucu singkat dan menarik paling baru yang bisa kamu baca, untuk menghilangkan penat dan mencairkan suasana.

Cerpen Lucu Singkat

Mabuk Parah

Cerpen lucu singkat kini banyak ditemukan di internet. Tentu saja, tujuan dibuatnya adalah sebagai media hiburan bagi para warganet. Begitu juga dengan cerita di bawah ini mengenai seorang pemabuk.

Sore itu, di sebuah perumahan di tengah kota, suasana awalnya terasa begitu tentram dan menyenangkan. Anak-anak bermain bersama, diamati orang tua mereka. Namun itu tidak berlangsung lama. Tiba-tiba saja, lewat seorang pemuda yang kelihatannya sedang mabuk. Masalahnya, ia berjalan ke tengah lapangan dimana banyak anak sedang bermain.

Melihat tampilan pemuda mabuk yang tampak tidak bersahabat dan juga aneh itu membuat sebagian anak kontan menyingkir dari sana. Anehnya, pemuda itu tidak mengatakan apa-apa, tapi langsung membuka celananya. Membuat para orang tua berseru kaget dan menyeret anak mereka menjauh dari lapangan itu.

Tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya yang memandang dengan aneh dan menyingkir darinya, pemuda tersebut kencing dengan santai di tengah lapangan tersebut. Melihat hal itu, salah satu orang yang berada di sana langsung memanggil seorang petugas keamanan untuk menangani pemuda tidak waras ini.

Mendengar ada laporan mengenai orang aneh yang dilaporkan mengganggu ketenangan warga, petugas itu langsung datang dengan cepat dan menegur pemuda itu yang masih kencing dengan santai seolah tidak berbuat salah sama sekali.

“Jangan sembarangan kamu, ya!” tegur petugas keamanan itu kesal. “Kamu tidak lihat disini banyak orang, heh? Cepat pakai kembali celanamu!”

Pemuda itu menatapnya sekilas dan menjawab dengan ringan seolah dirinya tidak sedang ditegur. “Baik, baik Pak… Saya pakai kembali celana saya ini.”

Setelah itu pemuda tersebut memang mengenakan celananya kembali, tapi anehnya ia kemudian malah tertawa terpingkal-pingkal, yang mana membuat petugas itu heran.

“Kamu kenapa tertawa? Kamu mentertawakan saya, hah?” Petugas itu makin berang.

“Tidak kok Pak. Santai sajalah,” jawab pemuda itu. “Tapi saya ini sedang membohongi Bapak lhooo. Saya memang memakai celana saya kembali, tapi saya masih kencing!”

Pemuda yang benar-benar mabuk dalam cerita ini rupanya tidak sadar sama sekali kalau dia bukannya membohongi petugas, justru sedang mengencingi celananya sendiri.

Cerpen Lucu Singkat dan Menarik

Banyak Anak

Cerpen lucu singkat dan menarik memang sudah menyuguhkan berbagai macam tema yang tidak biasa. Contohnya seperti tema yang akan diangkat dalam cerita kali ini. Meskipun begitu, tetap saja cerita fiksi ini berhasil menghibur para pembacanya.

Bermacam-macam jenis lomba sudah ada di dunia ini. Tapi, pernahkah kamu mendengar lomba dimana orang yang mempunyai anak dengan jumlah paling banyak akan menang? Seperti itulah lomba yang tengah berlangsung saat ini di sebuah kota.

Lomba seperti itu sudah diadakan selama berpuluh-puluh tahun dan pesertanya bebas dari negara mana saja. Sudah sering negara seperti Amerika, Spanyol, Jepang dan lain-lain memenangkannya. Akan tetapi, kali ini ada peserta dari Indonesia dan Arab yang turut memeriahkan lomba tersebut.

Kali ini, lomba yang diadakan secara live dan ditonton oleh ratusan orang itu sedang berlangsung. Sang pembawa acara atau MC sangat bersemangat untuk mengumumkan siapa saja peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut.

“Perlombaan kita mulai sekarang!” serunya. “Untuk peserta yang pertama, berasal dari Texas, Amerika! Ya, Amerika hadir kembali dan diwakili oleh Mr. Jones!” Tepuk tangan membahana menyambut datangnya seorang pria dari Amerika itu.

“Hai, saya Mr Jones dari Amerika dan anak saya ada sebelas!”

“Waw, sebelas anak!” Ucap sang MC. “Sudah seperti tim sepak bola saja ya. Hebat sekali. Berikutnya, ada Mr Abdullah dari Arab!!”

Tepuk tangan kembali membahana menyambut Mr Abdullah yang berasal dari Arab tersebut. Ia segera memperkenalkan dirinya.

“Hai saya Mr Abdullah. Dan anak saya jumlahnya… Hmmm… Kemarin baru bertambah tiga, jadi sekarang jumlah anak saya ada dua puluh tiga!”

Decakan kagum terdengar dari para penonton dan tepuk tangan terdengar kembali.

“Wow itu fantastis sekali, ya.” MC kembali menanggapi. “Peserta terakhir kita adalah Mr Asep dari Indonesia!!”

Tepuk tangan terdengar makin kencang begitu Mr Asep naik di atas panggung.

“Wah kalau Mr Asep ini pendatang baru ya. Langsung saja kita tanyakan berapa anaknya?”

Bukannya Mr Asep, justru ratusan penonton itu yang heboh sambil berseru-seru.

“Ayo Bapak! Ayo! Bapak pasti bisa menang!”

Dilihat dari jumlah anak, sudah pasti Mr Asep yang akan memenangkan lomba unik yang hanya ada dalam cerpen lucu singkat dan menarik ini. Karena, anak Mr Asep ternyata ratusan!

Cerpen Lucu Pendek

Anjing Kurus

Cerpen lucu pendek memang cocok bagi orang yang tidak terlalu suka membaca cerita yang panjang. Selain menghibur, cerpen lucu pendek kadang juga memiliki ide cerita yang menarik. Begitu pula dengan cerita di bawah ini, berikut ceritanya.

Akhir pekan di sebuah perumahan mewah A memang selalu ramai. Terutama di pagi atau sore hari. Orang-orang yang biasanya buru-buru berangkat kerja kini bisa bersantai menikmati pagi mereka. Terlihat beberapa orang sedang berolahraga, sebagian sedang duduk di teras rumah, menyapa tetangga. Ada juga yang menyiram tanaman.

Pagi hari yang menyenangkan ini juga berlaku bagi seorang juragan yang rumahnya paling mewah di perumahan ini. Juragan ini dikenal orang-orang karena sifatnya yang kocak. Karena itulah banyak orang yang tidak segan untuk menyapanya.

Saat itu sang juragan sedang mengajak anjing peliharaannya jalan-jalan. Berbeda dengan penampilan sang juragan yang terkesan mewah, anjing itu justru terlihat begitu kurus dan jelek seperti tidak terawat saja. Hal ini mengundang tanya dari beberapa orang yang melihatnya. Akhirnya salah satu tetangga juragan tersebut, Pak Budi, mencoba bertanya pada juragan tersebut.

“Hai juragan. Anjing yang kau bawa ini jenis apa, sih?” Tanya Pak Budi penasaran. Tidak biasanya tetangganya si juragan itu membawa anjing jelek berjalan-jalan di akhir pekan.

“Ah, anjing ini.” Si juragan menunjuk anjingnya. “Anjingku ini jenis anjing pelacak.”

Kontan Pak Budi terkejut bukan main. Anjing pelacak di bayangannya adalah jenis anjing yang terlihat ganas seperti anjing herder, bukannya anjing yang kurus kecil begini.

“Tidak mungkin. Masa anjing pelacak kurus dan tidak terawat seperti ini?” Pak Budi tidak percaya. Tanpa sadar ia berseru terlalu keras sampai beberapa orang sempat menoleh sekilas.

“Hei!” Juragan itu meletakkan jari telunjuk di depan bibirnya, tanda menyuruh Pak Budi untuk tidak keras-keras bicara. Apalagi karena orang lain sampai menoleh.

“Jangan keras-keras bicara, Pak Budi. Kau tahu tidak, anjingku ini sedang menyamar. Makanya tampilan luarnya seperti ini, terlihat jelek dan kurus.”

Itulah cerpen lucu pendek mengenai anjing sang juragan yang meskipun terlihat jelek tampilannya, namun ternyata seekor anjing pelacak!

Cerpen Lucu Panjang

Kapal Selam

Terkadang, tingkah laku seseorang yang dianggapnya biasa bisa saja menyebabkan kekacauan. Seperti tokoh utama dalam cerpen lucu panjang berikut. Seorang prajurit angkatan laut yang baru saja dipecat menjadi tokoh yang menyebabkan kekacauan dalam cerita.

Saat ini, berita yang sedang viral dan tayang hampir di seluruh stasiun televisi adalah mengenai anggota prajurit angkatan laut yang baru saja dipecat ini. Menurut berita yang beredar, prajurit itu menyebabkan kapal selam yang ditumpanginya saat bekerja tenggelam.

Tentu saja ini menjadi topik berita menarik yang diincar oleh para wartawan. Sebab, tenggelamnya kapal selam tersebut menewaskan banyak awak, termasuk kapten kapal. Hal itu membuat si tersangka prajurit langsung diberhentikan oleh kesatuannya. Namun, sebab kenapa kapal itu bisa sampai tenggelam, wartawan akan segera menanyakannya pada sang mantan prajurit.

Ketika dirinya mulai dikerumuni oleh wartawan, mantan prajurit tersebut tidak terlihat takut sama sekali. Sebaliknya, ia masih bersikap santai sehingga membuat orang-orang heran. Dia ini sudah menewaskan banyak orang tapi bisa-bisanya tenang seolah tidak terjadi apa-apa. Bahkan, setelah ditanyai satu-dua pertanyaan, mantan prajurit ini malah mengaku bahwa dirinya tidak bersalah!

Wartawan kemudian kembali menanyainya sejumlah pertanyaan. Termasuk pertanyaan mengenai kronologi bagaimana kejadian kapal tenggelam itu bisa terjadi. Apakah mantan prajurit itu melalaikan tugasnya atau bagaimana. Ternyata jawaban dari sang mantan prajurit sangat tidak disangka-sangka.

“Saat itu, ketika kapal tersebut tenggelam, saya sedang tidak sibuk. Malah, saya waktu itu sedang bebas tugas dan ingin tidur siang seperti biasanya.”

Semua semakin heran, lalu bagaimana bisa tidur siang membuat kapal itu tenggelam? Seorang wartawan kemudian bertanya lagi.

“Lantas, apa yang Anda lakukan sebelum tidur sehingga kapal itu tenggelam?”

“Begini,” jawab mantan prajurit. “Seperti kebiasaan saya di kampung itu, kalau mau tidur siang saya akan selalu membuka jendela. Ya begitu juga hal yang saya lakukan saat berada di kapal. Saat saya mau tidur siang, saya merasakan gerah luar biasa. Karena itulah akhirnya saya memutuskan untuk membuka jendela kapal…” demikianlah mantan prajurit tersebut bisa menjawab dengan amat santai.

Wah, mantan prajurit di cerpen lucu panjang itu memang ada-ada saja. Tentu dengan membuka jendela kapal, semua akan tenggelam.

Cerpen Lucu Terbaru

Orang Buta dan Anjing

Cerpen lucu terbaru akan selalu menjadi bagian yang menyelimuti kehidupan manusia. Perihal terbaru adalah sesuatu yang belum ada sebelumnya dan dengannya akan membuat manusia lebih tertawa. Biasanya, cerpen lucu tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, orang dewasa pun banyak yang suka cerita lucu.

Berikut contoh cerpen lucu terbaru yang tentu akan menimbulkan gelak tawa bagi setiap yang membacanya. Simak baik-baik cerita tentang “orang buta dan anjingnya” di bawah ini !

Suatu hari ada seorang yang buta. Dia memiliki anjing yang ia manfaatkan sebagai penunjuk jalannya. Suatu ketika, ia ingin pergi keluar dan tentu saja mengajak si anjing untuk menuntunnya agar tidak kesasar. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bahwa ke manapun si buta pergi, maka si anjing akan mengikutinya.

Hingga tiba pada jalan raya dan berada di persimpangan jalan dengan kondisi yang sangat ramai, anjing itu pun bergegas menyeberang melalui padatnya lalu lintas jalan raya bersama si orang buta tanpa peduli dengan deru dan hikuk pikuk yang terjadi di sekitarnya.

Betapa terkejut dan marahnya para pengguna jalan saat itu, terdengar deritan dengan keras bunyi ban mobil yang direm mendadak. Bunyi klakson pun saling bersahutan tiada henti tatkala anjing tersebut membawa tuannya menyeberang. Teriakan-teriakan para pengendara yang sangat panik terlontar dengan cetusnya agar keduanya segera minggir.

Setelah menyeberangi ramainya persimpangan tersebut, si anjing dan orang buta telah sampai pada trotoar dan bebas dari teriakan dan amukan para pengendara yang merasa dikejutkan. Dan akhirnya beristirahatlah mereka berdua.

Tak lama, seorang buta itu mengeluarkan sebungkus roti dari saku celananya. Bukannya roti tersebut ia makan, malah diberikannya pada anjing yang telah membawanya menyeberang dengan penuh kepanikan. Kebetulan terdapat seseorang di sekitarnya yang mengetahui kejadian mereka sebelumnya, dan langsung menyelutuk kepada si orang buta :

“Mengapa masih kamu berikan hadiah berupa roti juga kepada anjingmu yang baru saja hampir membuatmu celaka atau bahkan mati?”

Orang buta tersebut mendegarkan dengan penuh perhatian dan kemudian menjawab dengan tenang, “ Ya betul, biar setelah ini saya mengerti manakah kepala dari anjing kampung, mau kupukul kepalanya dengan tongkatku ini.” Nada kesal terdengar jelas dari suara orang buta yang malang itu.

Demikianlah, cerita lucu terbaru dan berkualitas yang bisa dijadikan bahan hiburan serta akan membuat ngakak para pembaca.

Cerpen Lucu Ngakak

Sepatu Buaya

Cerpen lucu ngakak memang diciptakan untuk menghibur warganet. Demikian juga dengan cerpen lucu ngakak berjudul Mencari Sepatu Kulit Buaya ini. Dijamin, para pembaca akan terhibur melihat aksi yang dilakukan oleh tokoh utama wanita di cerita ini.

Suatu hari, seorang wanita yang sedang mencari sepatu baru karena sepatu lamanya rusak berkunjung ke berbagai toko. Ia sedang mencari sepatu yang berbahan kulit buaya. Sayangnya, dia tidak menemukan sepatu yang ia cari. Berjam-jam ia berkeliling mal, sampai akhirnya ia mendatangi toko terakhir.

Disana, ia menjumpai berbagai jenis sepatu. Dari sekian banyak sepatu yang ada disana, perhatiannya hanya tertuju pada sebuah sepatu kulit buaya yang menurutnya sangat cantik. Bahkan hanya itulah satu-satunya sepatu kulit buaya yang ada di toko tersebut. Wanita yang tidak ingin kehabisan sepatu tersebut buru-buru melihat harganya yang ternyata sangat mahal.

“Mahal sekali sih sepatu ini,” keluhnya dan terdengar oleh pemilik toko tersebut.

“Kalau tidak mau mahal ya cari saja sendiri buayanya,” sindir sang pemilik toko. Bukannya kesal, wanita itu justru terinspirasi kata-kata dari pemilik toko itu.

Segera saja setelah meninggalkan toko, wanita itu pergi ke sungai besar yang masih berada di daerah itu sambil membawa senjata api yang berbahaya.

Tidak lama, sang pemilik toko itu juga berkunjung ke sungai tersebut. Dan alangkah terkejut sekaligus kagumnya ia ketika mendapati kira-kira tiga ekor buaya mati yang tertumpuk. Pastilah itu ulah wanita tadi. Di waktu yang sama, wanita itu dilihatnya sedang menembakkan senjata ke arah buaya yang lain.

“Aneh, masa satu buaya saja tidak cukup?” pikir pemilik toko. Begitu suara tembakan terdengar, wanita itu segera menyeret buaya keempat yang berhasil dibunuhnya ke tepi sungai bersama tiga buaya mati lainnya.

Melihat buaya-buaya yang berhasil dibunuhnya, wanita itu bukannya terlihat senang, ia justru menyumpah-nyumpah. Pemilik toko dibuatnya heran melihat pemandangan itu. Barulah setelah wanita itu mengatakan sesuatu, pemilik toko itu mengerti kenapa ia kesal. “Sial, kenapa buaya yang ini juga tidak memakai sepatu!”

Sepertinya, wanita dalam cerpen lucu ngakak ini salah paham. Sepatu kulit buaya yang dimaksud tentulah sepatu dari kulit buaya, bukannya sepatu yang dipakai buaya.

Cerpen Lucu dan Gokil

Menyeberang Jalan

Cerpen lucu dan gokil tidak boleh terlewatkan. Akan selalu membuat bahagia ketika mendengarkannya. Baik tua maupun muda tidak akan bosan mendengarkan cerita humor gokil dan lucu. Selera lelucon memang mampu menciptakan suasana kaku menjadi cair. Di samping itu, secara psikologis akan membuat tenang jiwa seseorang karena merasa bahagia.

Ada suatu contoh cerpen lucu dan gokil yang bisa kamu baca dan nikmati, serta dijamin kamu akan dibuat ngakak oleh cerita pendek tentang “Menunggu Mobil Lewat” di bawah ini :

Terdapat seorang anak bernama Antok. Ia tinggal di rumah bersama ibu yang sangat sayang kepadanya. Bapaknya tinggal terpisah dengan alasan bekerja di rantau. Jadi, sehari-hari Antok lebih terbiasa dengan ibu tercintanya, dan ibunya pun sangat menyayanginya serta berusaha memberikan yang terbaik untuknya.

Suatu hari saat libur sekolah, Antok izin kepada ibunya untuk bermain ke rumah Tono. Ibunya tahu bahwa rumah Tono berada di seberang jalan, dan pada saat itu bertepatan dengan hari libur. Ibunya melarang keras Antok untuk ke sana karena kondisi jalan pasti sangat ramai dan membahayakan buah hatinya.

Antok merengek minta diizinkan dan hampir saja air matanya tumpah. Ibunya tidak tega, selain itu juga kasihan kalau Antok berdiam diri di rumah tidak bisa bermain dengan kawan-kawan yang lain. Akhirnya ibu membolehkan dan memberi pesan “Ingat baik-baik ya Tok, kalau mau menyeberang tunggu mobilnya lewat dulu dan hati-hati !”

Antok segera berlari dan menyahut dengan suara lantang “ Siap Ibuu. . . Antok berangkat !”. Tidak lama setelahnya kurang lebih sekitar 20 menitan Antok pulang ke rumah dengan menangis tersedu-sedu. Ibu yang mendengar tangisnya segera mengahmpiri “ Antok kenapa menangis, nak? Kamu bertengkar lagi sama kawanmu ? sama Tono ?”.

Dengan polosnya si Antok menjawab “ Tidak Bu,”. Ibunya langsung menyahut “Terus kenapa kamu menangis begini ?” Antok dengan masih menangis berusaha menjawab “Antok kesal Bu, lama sekali Antok menunggu mobil, nggak ada yang lewat sama sekali, Bu. Antok gak jadi menyeberang”.

Cerita lucu dan gokil sangat cocok untuk bahan hiburan bagi kalian para orang tua untuk buah hati Anda, juga bagi siapa saja yang memiliki selera humor pasti akan terbahak-bahak.

Cerpen Lucu Bikin Ngakak

Kuntilanak

Cerita pendek adalah bentuk cerita singkat yang bisa dinikmati untuk teman duduk kamu dan akan habis dalam sekali baca. Jenisnya banyak, salah satunya adalah cerpen lucu bikin ngakak yang menjadi favorit banyak orang. Selain sebagai teman duduk, membaca cerpen lucu bikin ngakak bisa membuat mood lebih baik dan gembira.

Cerita pendek yang bersifat lucu tidak mudah dibuatnya, butuh sense of humor dalam menciptakan cerita yang mampu membuat ngakak banyak orang. Seperti contoh cerpen “Ada Kuntilanak” di bawah ini :

Di sebuah desa, terdapat seorang paruh baya yang berprofesi sebagai tukang becak. Dari becaknya itulah ia bisa menafkahi keluarga kecilnya. Malangnya, pada suatu hari dari kegiatan mangkalnya menunggu orang yang menunggu jasanya, tidak seorang pun yang mendekatinya sampai hari sore. Ia pun berputus asa dan memutuskan untuk pulang saja.

Namun, siapa sangka belum jauh ia mengontel becaknya untuk menuju rumah. Ia mendengar panggilan seorang wanita yang ingin mengojek becaknya. Dengan senang hati, tukang becak langsung menghentikan becak dan mempersilahkan wanita untuk duduk di depan. Spontan tukang becak bertanya :

“Tujuan mana Mbak ?”

“Sudah Pak, kayuh aja becaknya, nanti kalau sudah mendekati saya kasih tau tepatnya” jawab si wanita cantik.

Dan benar, si wanita akhirnya menghentikan si Bapak Tukang becak. Namun, yang terdekat di situ adalah kuburan. Tukang becak pun mulai heran saat menghentikan becaknya. Tiba-tiba secara sadar, tukang becak itu melihat bahwa kaki dari penumpangnya tidak menyentuk tanah alias melayang di udara.

Sontak kaget perasaan tukang becak, dengan keras ia berteriak “kun.. ti.. la.. nak….”, wanita itu mendengar dan juga menjawab dengan spontan “ biarin, hi hi hi, daripada lu Pak, tukang becak”.

Cerita kuntilanak di atas tersisipkan humor sehingga disebut cerpen lucu bikin ngakak. Tidak salah lagi, siapa yang membaca, ia akan senyum-senyum sendiri bahkan tertawa sendiri, lebih baiknya bacalah rame-rame dengan teman kamu.

Cerpen Lucu Anak Anak

Anak SD

Perilaku anak-anak terutama anak SD seringkali tidak bisa diprediksi. Akan tetapi, justru kekonyolan dan keluguan merekalah yang membuat suasana terasa lebih menyenangkan meskipun hanya lewat cerpen lucu anak-anak.

Begitu pula dengan cerpen lucu anak-anak berikut ini. Berkisah tentang seorang anak SD bernama Hacim, beginilah ceritanya.

Siapa bilang untuk menjadi seseorang yang memiliki banyak teman haruslah pintar? Hal itu tidak berlaku untuk Hacim, seorang anak SD yang bukan hanya tidak pintar, namun cenderung bodoh. Nilai-nilai yang diperolehnya di sekolah memang jelek, tapi Hacim tetap senang sekolah karena ia mempunyai banyak teman.

Alasan mengapa Hacim mempunyai begitu banyak teman adalah karena sifatnya. Hacim adalah anak yang lucu dan selalu berhasil membuat temannya tertawa karena tingkah lakunya yang terkadang ada-ada saja. Hacim tidak hanya melucu di depan teman-temannya, bahkan di depan guru sekalipun. Contohnya adalah suatu kejadian saat seorang guru bertanya pada seisi kelas.

“Anak-anak, apabila kalian misalnya saya beri 2 ekor bebek kemudian ditambah 1 bebek lagi yang diberikan oleh teman kalian, berapakah jumlah bebek yang kalian miliki saat ini?”

Pertanyaan itu harusnya mudah sekali untuk dijawab, bahkan anak TK pun bisa menjawabnya. Oleh karena itu, seisi kelas langsung serempak menjawab pertanyaan tersebut.

“3 bebek, Bu!” Begitu jawab mereka.

Namun ada yang aneh, di kelas itu seluruh murid menjawab pertanyaan tersebut kecuali seseorang. Ya, Hacim tidak ikut menjawab seperti teman-temannya. Entah karena dia tidak tahu jawabannya atau kenapa.

Bu Guru jadi penasaran juga kenapa Hacim tidak menjawab. Maka Bu Guru pun bertanya. “Hacim, mengapa kamu tidak ikut menjawab? Apakah kamu tidak tahu jawabannya?”

Hacim menggeleng, kemudian ia menjawab. “Bukannya begitu Bu. Tentu saja saya tahu jawabannya adalah 3 bebek, itu pertanyaan yang mudah sekali. Tapi saya tidak menjawabnya karena suatu hal.”

“Apa itu, Hacim?”

“Begini,  Bu. Saya ini tidak menyukai bebek, sekalipun ada yang memberikan saya bebek tentu saja saya akan menjualnya lagi.”

Hacim, Hacim. Entah apakah dia terlalu polos atau hanya sedang melucu, yang pasti tingkahnya lewat cerpen lucu anak-anak ini dapat menghibur para pembacanya.

Cerpen Lucu Anak Sekolah SMA

Pemulung

Kalau membahas kelakuan anak remaja memang tidak ada habisnya. Selalu ada hal-hal baru dan tak terduga yang mereka lakukan. Begitu pula yang akan diceritakan dalam cerpen lucu anak sekolah SMA ini.

Dalam cerpen lucu anak sekolah SMA kali ini menceritakan tentang seorang murid yang termasuk kritis bernama Bowo.

Sebagian anak sekolah terkenal akan kepintarannya, dan sebagian lagi justru terkenal karena kenakalannya. Namun, tidak demikian halnya dengan seorang murid bernama Bowo. Ia tidak pintar, namun juga tidak nakal. Singkatnya, ia adalah siswa yang biasa-biasa saja dan tidak begitu pandai.

Bowo memang tidak nakal, hanya saja ia selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan gurunya dengan agak nyeleneh sehingga membuat sebagian guru berusaha bersabar setiap kali mendengar jawaban-jawaban anehnya itu.

Kalau biasanya para guru berharap para murid menjawab pertanyaan mereka, guru malah bereaksi sebaliknya ketika Bowo yang menjawab. Mereka justru berharap, sebaiknya Bowo diam saja dan tidak usah menjawab apabila jawabannya memang tidak masuk akal atau tidak nyambung.

Beginilah salah satu contoh percakapan Bowo dengan gurunya yang membuat sang guru kesal. Gara-gara kejadian inilah, guru jadi malas bertanya pada Bowo.

Suatu hari saat pelajaran, Bowo tidak memerhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Bukannya mendengarkan, Bowo malah sibuk sendiri menggambar di buku tulisnya. Sang guru yang menyadari hal itu kemudian menegur Bowo.

“Bowo, kamu dengar tidak apa yang saya sampaikan barusan?” tegurnya.

Bowo kemudian berbohong agar urusan dengan guru itu tidak semakin rumit. “Saya dengar, Bu.”

“Baik kalau begitu,” guru itu masih tidak percaya. “Coba kamu jawab pertanyaan saya ini.”

“Iya Bu,”

“Siapakah penemu telepon pertama kali?” tanya gurunya, yakin Bowo tidak bisa menjawab.

Namun Bowo malah menjawab seperti ini. “Bapak saya, Bu.”

Guru itu masih sabar. “Sekali lagi, siapa penemu TV, Bowo?”

“Bapak saya juga, Bu.” Bowo mengulang.

Mendengar jawaban itu, guru mulai kesal. “Siapa penemu radio?”

“Bapak saya juga, Bu.”

Guru itu akhirnya marah mendengar jawaban Bowo. “Kamu ini, ditanya menjawabnya tidak pernah benar. Selalu menjawab bapak saya, memangnya bapak kamu ilmuwan?”

“Bukan, Bu. Tapi Bapak saya pemulung.”

Yah, jawaban Bowo sebetulnya ada benarnya sih. Namun, bukan itu maksud pertanyaan gurunya. Memang ada-ada saja cerpen lucu anak sekolah SMA ini.

Cerpen Lucu Anak Sekolah

Paman dan Bibi

Patah hati bisa dialami semua orang dengan berbagai kalangan usia, termasuk juga anak yang masih menginjak bangku SD. Kisah patah hati seorang bocah ini akan diulas melalui cerpen lucu anak sekolah.

Cerpen lucu anak sekolah ini bermula ketika seorang bocah SD yang bernama Gareng mulai jatuh hati.

Di sebuah sekolah dasar, ada seorang murid bernama Gareng. Gareng ini adalah anak yang pintar, ia selalu menjadi juara 1 dan disukai para guru. Tidak hanya itu, Gareng juga memiliki paras yang rupawan. Singkatnya, dia paket komplit. Sudah tampan, pintar juga.

Di kelasnya, Gareng mempunyai banyak teman. Salah satu temannya itu bernama Oneng. Oneng adalah teman perempuan Gareng yang menurutnya cantik dan juga manis. Karena itu Gareng mulai tertarik pada Oneng, teman sekelasnya tersebut.

Suatu hari, Gareng yang memang menyukai Oneng ini senangnya bukan main ketika ia mengetahui bahwa Oneng ternyata juga menyukainya. Mendengar hal tersebut, Gareng yang sudah tidak tahan lagi memendam perasaannya sekian lama akhirnya dengan berani berkata kepada Oneng.

“Oneng, kamu tahu aku ini suka padamu. Begitu juga aku tahu kalau kau suka kepadaku. Sayangnya, saat ini kita masih kecil, masih anak SD. Nanti, kalau kita sudah dewasa, kita menikah ya! Bagaimana menurutmu?” tanya Gareng dengan polosnya.

Sungguh Gareng tidak menyangka, bahwa Oneng yang katanya juga menyukai dirinya itu malah merespon seperti ini.

“Gareng, aku bukannya menolak kamu. Sebenarnya aku mau-mau saja. Tapi di dalam keluarga aku, kami hanya menikah dengan sesama kerabat. Misalnya saja paman menikah dengan bibi, kemudian kakek dengan nenek, dan papa dengan mama. Nah, sayangnya kamu kan bukan kerabat aku, Gareng. Jadinya kita tidak bisa menikah, maaf ya.” Begitulah jawaban Oneng yang sama polosnya.

Setelah kejadian itu, Gareng lama tidak terlihat di sekolah. Kemudian begitu ditelusuri, ketahuanlah bahwa Gareng ternyata bolos sekolah selama seminggu penuh gara-gara dirinya mengalami patah hati sebab Oneng telah menolaknya.

Melihat polosnya anak SD dalam menyikapi patah hati di cerpen lucu anak sekolah ini, memang menghibur. Disamping itu, peran orang tua dalam menghadapi tingkah tak terduga anak SD juga diperlukan. Jangan sampai anak membolos hanya karena patah hati.

Cerpen Lucu Untuk Mading

Mengajar Anak SD

Cerpen lucu untuk mading bisa terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, misalnya kehidupan di sekolah. Banyaknya aktivitas dan tingkah laku dari orang di sekitar yang lucu juga bisa menjadi tema dari cerpen lucu untuk mading. Inilah salah satu ceritanya.

Di pagi hari yang cerah, aktivitas di sekolah tampak berjalan dengan normal. Sebelum bel masuk kelas dibunyikan, siswa-siswi masih berkeliaran di area sekolah. Saling mengobrol satu sama lain dan bermain. Ada juga yang sibuk sendirian dan tidak peduli sekitar. Semua berjalan seperti biasanya.

Namun itu tidak berlangsung lama sampai akhirnya bel masuk kelas berbunyi. Seluruh siswa langsung beranjak menuju kelas mereka masing-masing, siap memulai pelajaran.

Sama halnya dengan kelas 5A. Hari ini, pelajaran pertama mereka adalah Matematika yang diajar oleh Pak Joko. Pak Joko ini terkenal akan ketegasan sekaligus termasuk guru yang galak di sekolah. Tidak ada murid yang berani macam-macam atau berbuat ulah. Tidak mengerjakan PR, misalnya. Kalau tidak, siap-siap saja disemprot dengan omelan Pak Joko yang menyeramkan.

Sebagian murid merasa tegang ketika guru mereka yang sudah sepuh itu memasuki ruangan kelas. Apalagi, ketika sedang berada di ambang pintu, beliau sempat mengernyitkan dahi sejenak dan wajahnya semakin tertekuk. Ketika sudah memasuki kelas, wajahnya semakin masam, membuat para murid makin tegang.

Rupanya, Pak Joko mencium bau badan yang menyengat. Bau badan itu memenuhi indra penciumannya. Beliau langsung bertanya pada seisi kelas.

“Hei, siapa di sini yang belum mandi?”

Tentu saja, pertanyaan itu tidak ada yang menjawab. Semua murid takut padanya. Melihat tidak ada satu pun murid yang menjawab, Pak Joko bertanya lagi.

“Ayo mengaku saja, siapa di antara kalian yang belum mandi?” ulangnya. Masih tidak ada yang berani mengaku.

“Ayo anak-anak mengakulah, soalnya ini bau sekali. Berdiri saja…” Pak Joko mengulang untuk ketiga kalinya. Akhirnya seorang murid bernama Budi berdiri.

“Kenapa kamu tidak mandi, Budi?” tanya Pak Joko.

“Siapa bilang? Saya mandi kok, Pak.”

“Lalu kenapa kamu berdiri?”

“Ya karena saya kasihan saja sama Bapak. Berdiri sendiri. Makanya saya ikut menemani,” jawab Budi enteng.

Memang, tidak ada yang lebih menghibur dibandingkan tingkah laku anak sekolah yang begitu naif dan polos seperti pada cerpen lucu untuk mading ini.

Cerpen Lucu Romantis

Siswi SMP Cantik

Kamu bosan membaca berita yang berat-berat? Sudah saatnya istirahat sejenak sembari membaca cerpen lucu romantis. Kisah tentang anak-anak remaja yang baru mengenal cinta juga tidak kalah seru dengan kisah orang dewasa. Misalnya cerpen lucu kali ini, yuk disimak.

Namaku Febby. Hari ini adalah hari pertamaku masuk SMP. Setelah mencari tahu, ternyata aku masuk kelas 7E. Kemudian aku diantar seorang guru untuk masuk ke kelasku itu. Aku masih bingung ketika melihat isi kelasku, dan ternyata ada seseorang yang mentertawakanku.

Begitu melihat wajahnya, terasa begitu familiar. Ah tapi biarlah, takutnya salah orang. Ketika aku sedang mengisi buku absen, anak laki-laki itu menghampiriku dan berkata bahwa dia adalah Rendy, tetanggaku. Oh, pantas saja.

Kegiatan di sekolah berlangsung singkat, hanya perkenalan lalu pulang. Celakanya, aku lupa membawa ponsel sehingga tidak bisa mengabari Ibu untuk menjemputku.

“Pulang bareng, yuk,” ajak Rendy. Langsung saja aku menolak tawarannya itu. Aku lebih baik pulang sendiri. Aku takut kalau pulang bersama Rendy ia melakukan hal-hal yang buruk. Tanpa menunggu jawaban Rendy, aku langsung berlari pulang meskipun ngos-ngosan.

Sesampainya di rumah, aku buru-buru mencari ponselku untuk menemui beberapa misscall. Beberapa menit kemudian, nomor itu meneleponku lagi. Langsung kuangkat saja. “Hei, Feb, ini Rendy. Kenapa tadi lari? Kan kita bisa pulang bareng?” tanyanya.

“Gapapa,” jawabku singkat kemudian menutup telepon itu.

Keesokannya, di hari kedua masuk SMP, aku hampir saja telat. Buru-buru aku memasuki ruangan kelasku hanya untuk menjumpai Rendy yang berkata. “Hei, kenapa gak berangkat bareng aja? Kan kamu jadi telat?” haduh, ucapan Rendy berhasil membuatku senyum-senyum sendiri.

Tapi aku pura-pura jual mahal. “Enggak usah, nanti merepotkan.”

Pelajaran berlangsung dengan lancar hari itu, aku merasa senang menjadi anak SMP. Tapi, saat istirahat lagi-lagi Rendy menghampiriku. “Hari ini ayahku ulang tahun dan menyuruhku mengundang teman, ikut yuk?”

“Baiklah.” Aku menjawab sambil senyum-senyum sendiri.

Sesampainya di rumah Rendy malam itu, aku justru bingung. Dekorasinya tidak seperti orang ulang tahun. Malah ada balon bertuliskan I Love You dan Rendy yang menghampiriku dan memberi mawar merah.

“Aku gak lagi mimpi kan?” tanyaku.

“Nggak kok, aku sayang kamu.” Dan setelah itu kami resmi berpacaran.

Itulah cerpen lucu romantis mengenai Febby dan Rendy, bocah SMP yang baru mengenal jatuh hati.

Cerpen Lucu Malam Pertama

Mabuk di Closet

Malam pertama adalah malam yang selalu dinantikan oleh para pasangan pengantin baru. Kenikmatan yang ada di dalamnya menjadikan setiap pasangan menginginkan malam tersebut berjalan lama. Namun, pada realisasinya banyak cerita lucu malam pertama yang terjadi. Banyak pengantin baru yang kurang faham akan edukasi seks.

Cerita yang satu ini dialami oleh muda-mudi yang masih belum mengenal bagaimana cara seks yang seharusnya. Muda-mudi itu menikah pada suatu hari dan acaranya berjalan dengan lancar dan meriah. Keduanya sangat bahagia tak terkira. Hingga tiba saatnya, hari berganti malam dan keduanya gugup saat akan menjalaninya.

Di sinilah cerita lucu malam pertama-nya dimulai. Masing-masing pengantin baru itu bingung tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Namun, keduanya tidak mau mengaku kepada lawan pasangannya. Semakin malam semakin dilanda kebingungan, akhirnya si pengantin pria bertanya kepada ayahnya apa yang harus dilakukannya.

Sang ayah memberitahunya “bertelanjanglah kemudian engkau naik ke atas ranjang”. Pengantin wanita pun tersentak kaget melihat apa yang dilakukan prianya kala itu, ia langsung bertanya kepada ibunya apa yang harus dilakukannya. Sanga ibu menjawab “ikutilah suami telanjang dan apa yang dilakukan olehnya”.

Setelah keduanya melakukan hal yang sama persis, dan sudah terbaring lama di ranjang, tetap saja kebingungan masih melanda mereka. Dan lagi pengantin pria bertanya kepada ayahnya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ayahnya begitu gereget dengan anak laki-lakinya dan berkata

“Perhatikan tubuh telanjang bulatnya istrimu, dan masukkan bagian badanmu yang paling keras ke dalam tempat istrimu buah air kecil”.

Beberapa waktu kemudian, pengantin wanita turut tampak kebingungan dan akhirnya kembali bertanya kepada ibunya, ia harus ngapain lagi. Kemudian ibunya menimpalinya dengan pertanyaan “sekarang, suamimu sedang melakukan apa ?”. dengan mengeluh pasrah si pengantin wanita menjawab, “Suamiku sedang membenamkan kepalanya ke dalam closet.”

“@#$%^&*()” pikir Ibu.

Itulah cerita lucu malam pertama yang pendek namun tetap menghibur. Ternyata tidak semua malam pertama itu dirasakan indah oleh pasangan suami istri.

Cerpen Lucu Tentang Cinta

Kembang Api Kecil

Cerpen cinta umumnya bercerita tentang sepasang kekasih. Sama seperti cerpen lucu tentang cinta yang akan menceritakan usaha seorang suami untuk bersikap romantis terhadap istrinya namun gagal.

Suatu hari, ada seorang pria yang sedang berkunjung ke rumah adiknya untuk bersilaturahmi. Maklum, sejak mempunyai anak, ia begitu repot bekerja sekaligus terkadang mengurus anak sehingga jarang sekali memiliki waktu bebas. Namun kali ini, di waktu senggangnya, ia bisa jalan-jalan sejenak dan berkunjung ke rumah keluarganya.

Tentu saja ia disambut begitu baik oleh adiknya yang tinggal berdua dengan ibu mereka. Sang adik memang belum menikah dan hanya bekerja sambil merawat ibunya di masa tua. Adiknya itu langsung menjamu sang kakak dengan sangat baik.

“Ah, tidak perlulah kau repot-repot begini,” kata si kakak.

“Aku sudah lama sekali tidak bertemu denganmu. Bagaimana kabar istri dan anakmu?” tanya sang adik begitu semangat. Diiringi oleh anggukan ibu mereka yang sedari tadi hanya mendengarkan percakapan kedua anaknya.

“Mereka baik-baik saja.”

Waktu terasa berlalu begitu cepat. Ketiganya saling bercerita pengalaman masing-masing, tertawa bersama. Pria itu merasa sangat senang bisa mempunyai waktu bersama keluarganya lagi setelah sekian lama. Tapi, ia tidak boleh lupa waktu. Ada istri dan anak yang kini tengah menunggunya di rumah. Menunggu sang ayah datang.

“Wah, rupanya sudah mulai sore. Mungkin aku tidak akan lama lagi berada di sini,” kata pria itu.

“Ah, santai sajalah. Istri dan anakmu lebih membutuhkanmu,” kata adiknya itu. “Oh ya, ngomong-ngomong kenapa pipimu merah? Bertengkar?” pertanyaan itu membuat kakaknya terlihat murung. Padahal dari dulu, pasangan ini sangatlah romantis sampai sampai sang adik dibuat iri melihatnya.

“Kemarin aku berusaha untuk bersikap romantis, tapi istriku malah marah.” Kakaknya menjawab dengan sedih.

“Oh ya? Memangnya apa yang kamu lakukan?”

“Aku hanya menyelipkan sebuah kembang di telinganya, bukankah itu romantis?”

“Lalu mengapa dia marah? Kembang apa yang kau selipkan di telinganya?” sang adik penasaran.

“Kembang api,” jawab kakaknya tanpa rasa bersalah.

Bersikap romantis pada pasangan memang harus, tapi bukan berarti melakukan tindakan konyol seperti yang dilakukan pria pada cerpen lucu tentang cinta barusan.

Cerpen Lucu Cinta

Berobat Ke Dokter

Dalam kehidupan berumah tangga, ada-ada saja hal lucu yang bisa terjadi sehingga terbitlah cerpen lucu cinta dengan tema suami istri. Pada kesempatan kali ini, cerpen lucu bercerita mengenai seorang istri yang sedang sakit.

Sudah beberapa hari berlalu, namun seorang istri yang sedang sakit pusing, demam dan flu tidak kunjung sembuh. Padahal suaminya yakin betul ia sudah memberikan obat-obat yang ia beli di apotiknya. Pikirnya, sang istri pastilah bisa sembuh dalam waktu cepat apabila ia hanya menderita sakit ringan seperti itu.

Sayangnya, tidak ada tanda-tanda istrinya akan sembuh. Sang suami jadi khawatir istrinya menderita penyakit serius atau sesuatu yang berbahaya. Maka akhirnya suami itu memutuskan untuk membawa istrinya ke dokter langganannya saja.

Sesampainya di dokter tersebut, sang istri masuk sendirian ke ruang pemeriksaan sedangkan suaminya itu menunggu di luar. Tidak lama, istrinya keluar dari ruang pemeriksaan meskipun dengan wajah yang masih sedikit pucat.

“Kau tidak apa-apa, bukan?”

“Tentu saja aku tidak apa-apa,” jawab si istri, masih sambil tersenyum-senyum. Suaminya jadi bingung, sakit apa sebenarnya istrinya ini. Mengapa dia bisa keluar dari ruang pemeriksaan sambil tersenyum, pastilah bukan penyakit serius seperti yang ia khawatirkan sebelumnya.

“Aku bisa sembuh dengan cepat, sebenarnya.” Sang istri berkata lagi.

“Oh, ya?” tanya suaminya bingung. “Bukannya selama seminggu terakhir aku memberimu berbagai obat namun kau tidak kunjung sembuh?”

“Memang betul.”

“Lalu, kata dokter, sakit apa yang kau derita sebenarnya?” tanya suaminya masih bingung.

“Kata dokter, sebenarnya aku ini tidak apa-apa. Hanya saja, sedikit mengalami stress. Nah, untuk solusinya, dokter menyarankan kita untuk mengambil liburan. Bisa ke Amerika, Hongkong, Singapur, Inggris, Spanyol atau Prancis. Bagaimana menurutmu, Pa? Kemanakah kita seharusnya pergi mengambil liburan? Kurasa Amerika adalah saran yang tepat,” celoteh sang istri panjang lebar, membuat suaminya hanya melongo saja mendengar semua jawaban yang tidak masuk akal itu.

Langsung saja suami itu berseru. “Mah, lebih baik kita pergi ke dokter lain saja, ya??!”

Rupanya penyakit sang istri dalam cerpen lucu cinta ini hanyalah stres karena butuh liburan. Dan dokternya benar-benar mengerti sang istri.

Cerpen Lucu Tentang Persahabatan

Sahabat Karib

Sejatinya manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, di manapun, kapanpun, situasi apapun. Manusia akan selalu membutuhkan yang lainnya untuk bertahan hidup, dalam berteman maupun berkawan. Berkawan pun juga tidak hanya dalam dunia nyatanya akan tetapi juga di dalam cerpen lucu tentang persahabatan.

Setiap individu pasti memiliki seseorang yang bisa dipercaya, orang yang bisa mendengarkan keluh kesah kita semuanya. Tentunya hal inilah yang membuat warna dalam kehidupan kita. Teman akan sangat mempengaruhi kehidupan kita dalam kondisi apapun. Tentunya lingkaran pertemanan tersebut akan memberi dampak entah negatif atau pun positif bagi kehidupan kita.

Seperti kisah cerpen lucu persahabatan ini:

Setiap pertemanan mempunyai ciri khasnya masing – masing, ada tipikal teman yang konyol, ada yang pendiem, ada yang mulutnya sedikit pedas. Ya seperti itulah dunia pertemanan akan ada selalu warnanya tersendiri. Bisakah kamu membayangkan ketika memiliki sekelompok teman dengan gaya bicaranya yang nyentrik, pedas, tidak sungkanan, bicara dengan apa adanya tanpa disaring terlebih dahulu. Sungguh kehidupan kamu akan penuh warna.

Sepertinya memiliki sahabat yang bermulut pedas akan lebih menantang, layaknya mulut-mulut netizen. Berbagai bentuk obrolan antar teman yang unik dan menarik dari netizen yang menggambarkan orang – orang bermulut pedas:

“Eh lu bro, gimana kabarnya lo?”

“Eh… baik bro, gimana gimana mau ngomong apa lo?.”

“Gimana lo? Utangnya di bayar kapan?.”

“Eh apa bro chat lo burem”…

“Dasar loo ga tau diri lo”

***

Ada lagi obralan yang lucu namun sedikit bermulut pedas…

“Hai Bro, mau ke mana lo?

“Mau ke mesjid gue,”

“Lah, tumben amat lu bro, cieee udah tobat ciyeeee. Yakin nii?.

“Awas loo.”

Serunya lagi ni

“Woi bro,  lu mau ngapain kesini.”

“Suka – suka gue dong, apaaan si lo.”

“Oh lu mau bergaya ya? Tapi sok gaya, mau pinjem baju ya lo?. Hahahaha biar dikira kaya.

“ Awas lo ya, gue gibeng lu.”

Itulah tadi sedikit cerpen lucu tentang persahabatan yang bisa kita jadikan hiburan.

Cerpen Lucu Abu Nawas

Alat Penyiram Makanan

Tingkah lucu dan kecerdikan Abu Nawas sering kali membuat geger kota baghdad. Kali ini cerpen lucu Abu Nawas bekisah tentang jual belinya dengan Raja Harun.

Suatu pagi di kota Bagdad, Raja Harun Ar-rasyid tengah duduk santai menikmati pagi, sampai seorang pengawal kerajaan datang kepada raja.

“ Wahai sultan yang agung, hamba kesini menyampaikan berita yang menarik tentang Abu Nawas.” Lapor pengawal tersebut dengan menundukan kepala.

“ Apalagi yang sekarang dilakukan oleh Pria cerdik itu ??” Tanya Raja harun yang langsung tertarik jika mendengar berita tentang Abu Nawas.

“ Hamba mendengar bahwa Abu Nawas telah mendapatkan seekor burung yang langka dari dunia barat “ Jelas Pengawal tersebut.

“ Dunia Barat ?? sepertinya Abu Nawas mendapatkan barang yang menarik, Cepat panggil dia dan bawa kehadapanku.” Perintah Raja Harun.

Tak lama berselang Abu Nawas telah tiba di istana dan menghadap Raja Harun.

“ Wahai raja Harun yang mulia, ada apa gerangan anda memanggil Abu Nawas ini ke istana, ??? Padahal hamba sedang menyirami pohon anggur yang baru di tanam, lihatlah bahkan alat penyiramnya masih hamba bawa kesana kemari.” Keluh Abu Nawas

“ Berhenti mengeluh Abu Nawas. Kudengar kau baru saja mendapatkan seekor burung yang langka dari dunia barat, apakah itu benar ? “ Tanya Raja Harun penasaran

“ Benar apa yang anda dengar yang mulia” Jawab Abu Nawas

“ Aku berniat untuk membeli burung yang engkau miliki, sebutkan berapa harga yang kau tawarkan “ Ujar Raja yang berniat membeli burung tersebut.

“ Jika yang mulia mengingankannya, berikan hamba 100 keping emas dan hamba akan memberikan ini kepada anda yang mulia. “ Jelas Abu Nawas.

“ Baiklah aku akan membelinya dengan emas, besok datanglah lagi keistana untuk akad jual beli” Ujar Raja Harun.

Keesokan harinya Abu Nawas datang lagi keistana namun tanpa membawa burung yang akan dijualbelikan dengan raja.

“ Hei Abu Nawas, dimana burung yang engkau janjikan kemarin ??” Tanya Raja dengan sedikit curiga.

“ Yang mulia, kemarin aku tidak mengakatan burungku, melainkan aku menjanjikan barang ini yang akan di tukarkan dengan 100 keping emas . “ Ungkap Abu Nawas sambil menyodorkan alat penyiram tanaman yang kemarin dia bawa.

“ Baiklah, perjanjian tetaplah perjanjian, Pengawal berikan kepadanya koin emas tersebut,“ Raja menyuruh pengawal memberikan sebuah kotak berisi koin emas.

“ Maafkan aku yang mulia, bukankah kemarin engkau menjanjikan 100 keping emas ? “ tanya Abu Nawas setelah membuka kotak dan ternyata hanya terdapat 1 keping koin emas.

“ Mungkin sebaiknya engkau mengingatnya lagi Abu Nawas, aku kemarin hanya mengatakan akan membelinya dengan emas dan bukan 100 keping koin emas, dan sepertinya engkau juga menipuku soal burung tersebut, jadi sepertinya kita seri kali ini. “ Ungkap raja dengan tawa menggema yang juga disusul oleh tawa seluruh orang yang ada di ruangan tersebut termasuk Abu Nawas.

Kecerdikan Abu Nawas sering kali membuat pembaca cerpen lucu Abu Nawas terpingkal-pingkal dalam membacanya.

Cerpen Lucu Islami

Babi dan Buaya

Siapa bilang hewan tidak bisa melucu layaknya manusia? Cerpen lucu islami ini bercerita tentang kisah lucu yang dilihat dari sudut pandang hewan atau fabel. Tokoh utama dalam cerpen lucu islami kali ini tentunya adalah para hewan.

Alkisah, hiduplah seekor Sapi, seekor Ayam dan seekor Babi yang bersahabat. Ketiganya sudah bersahabat sejak lama dan selalu berpetualang bersama-sama. Semua hewan di sekitar pun tahu dimana ada Ayam, pastilah ada Sapi dan Babi. Begitu juga sebaliknya.

Ayam, Sapi, dan Babi itu sudah menjelajahi seluruh hutan dan tidak pernah menghadapi bahaya yang terlalu mengancam. Paling-paling, mereka bertemu hewan buas seperti harimau dan bisa melarikan diri dengan sukses.

Hari ini, mereka memutuskan untuk pergi ke hutan seberang. Namun untuk mencapai hutan tersebut, mereka haruslah menyeberang sebuah sungai yang konon dijaga oleh seekor buaya yang buas. Begitulah cerita yang beredar, akan tetapi ketiga hewan itu tidak percaya. Bagi mereka, cerita itu hanyalah sebuah mitos.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk tetap melewati sungai itu tanpa rasa takut sedikitpun. Sayangnya, begitu hampir mencapai tengah sungai, seekor buaya menghalangi jalan mereka. Ternyata cerita itu benar, ada buaya yang menjaga sungai ini.

Si Ayam yang tidak kenal takut berkata. “Lewati saja, buaya ini tidak berbahaya.”

Namun naas, begitu ayam berusaha melewati buaya itu, langsung saja buaya itu melahapnya bulat-bulat. Hal itu membuat Sapi dan Babi takut dan terkejut, tapi mereka tidak bisa kembali karena Buaya itu sudah menutup jalan.

Sapi dan Babi yang terkepung sudah pasrah. Tanpa banyak bicara, Buaya itu langsung melahap Sapi sama seperti ia melahap Ayam sebelumnya. Tersisalah Babi sendirian berdiri disana, ikut menunggu ajalnya tiba.

Lama Babi menunggu, mengira dirinya akan ikut dilahap. Tapi ternyata Buaya itu tidak menunjukkan tanda akan melahapnya, malah mempersilahkan lewat. Babi jadi bingung.

“Kau tidak memakanku juga?” Babi bertanya karena heran.

“Maaf, Bro. Saya Muslim, saya tidak makan Babi. Silahkan lewat,” kata Buaya Muslim itu mempersilahkan si Babi untuk terus jalan.

Tidak hanya manusia, ternyata hewan dalam cerpen lucu islami ini juga mempunyai agama.

Cerpen Lucu Kisah Nyata

Siswa Mengantuk

Kegiatan pembelajaran merupakan interaksi yang dilakukan antara pendidik dengan peserta didik di dalam ruang yang disebut kelas. Di sini terdapat cerpen lucu kisah nyata pada kegiatan pembelajaran. Yakni dalam kegiatan pembelajaran IPA khususnya biologi.

Suatu pagi yang cerah, kelas 6 Sekolah Dasar Maju Mundur diajar pelajaran Biologi. Sang Guru yang bernama Bapak Mono menjelaskan mengenai makhluk hidup dan caranya berkembang biak. Setiap makhluk hidup berbeda cara dalam menghasilkan keturunan. Dijelaskannya panjang kali lebar di depan kelas dengan nada keras dan jelas.

Tiba-tiba pandangannya tak terlepas dari seorang murid yang duduk di bangku pojok paling depan. Seorang murid bernama Gareng mengangguk-angguk ketika dijelaskan oleh Bapak Mono. Namun, siapa sangka anggukannya itu bukanlah tanda kepahaman, melainkan tanda kantuk yang teramat padahal waktu masih pagi dan seharusnya kondisi masih fresh.

Dengan sengaja Bapak Mono melontarkan pertanyaan kepada sang murid tersebut dan meminta murid yang lain agar diam tak membantu. Katanya dengan nada keras  “Gareng, dengar! Bapak ingin tanya ke kamu. Sontak kaget nampak diri Gareng dan akhirnya menjawab sambil menahan rasa kantuknya “iya Pak, eh Iya siap deh Bapak”.

Pak Mono bertanya “sebutkan contoh dari binatang mamalia, 2 saja !”. Dengan wajah kebingungan karena memang sebelumnya sama sekali tidak konsentrasi mendengarkan penjelasan Pak Mono, Ia menjawab “Hmmm, hemm . . .”. Pak Mono langsung menyentaknya “ segera, cepat Reng !”.

Gareng menjawab dengan keras dan asal “ Monyet, eh iya monyet Pak”. Pak Mono menimpalinya “Wah hebat kamu, yah benar. Coba kurang 1 lagi ayo apa ?”. Gareng lantas langsung menjawab untuk yang kedua dengan rasa percaya diri yang semakin tambahh “anaknya monyet berarti Pak Guru !”.

Pak Mono kebingungan “@#$%^&^*<>?”

Cerpen lucu kisah nyata di atas selain sebagai bahan bacaan dan hiburan, bisa dijadikan pelajaran bagi setiap murid agar ketika mengikuti pembelajaran tetap memperhatikan dengan fokus.